Dec 22, 2011
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Bisnis properti di Tanah Air tidak terlepas dari jasa para pakar properti yang menganalisis perkembangan pasar properti. Peran analis sangat penting, karena bisa mengarahkan pasar properti lewat analisisnya, sehingga memengaruhi konsumen atau investor properti ketika hendak membeli atau menjual propertinya. Demikian penjelasan Benyamin Ginting, Presiden IKAPRI (Ikatan Analis Properti Indonesia).
 
Akan tetapi, imbuh Benyamin, para analis properti memiliki metode, tujuan, serta kepentingan yang berbeda dalam menganalisis. “Dengan demikian, hasil analisis pun akan berbeda,” katanya. “Pengembang misalnya, melakukan analisis dengan metode tertentu dengan tujuan untuk mengangkat nilai jual properti yang mereka pasarkan.”
 
Lantas, siapa pihak yang paling bisa dijadikan dasar atau acuan? Tentu saja analis properti yang independen, dalam hal ini adalah konsultan, ujar Benyamin.
 
Di sisi lain, perkembangan properti Indonesia yang bertumbuh dengan cepat, terutama di kota-kota besar, menjadikan sektor riil ini menjadi primadona di mata investor dalam dan luar negeri. “Kunci penting yang dapat mewujudkan bisnis properti yang sehat, aman, dan profitable adalah dengan membuat pasar berimbang. Dalam hal ini, analis properti bisa berperan dengan memberi informasi terbuka dan berimbang tentang kondisi pasar properti yang ada, tanpa ada kepentingan apa pun,” jelas Benyamin.
 
Untuk tujuan itu, Benyamin bersama rekan-rekannya membentuk IKAPRI pada 29 januari 2010, sebagai wadah komunikasi bagi para analis properti di Indonesia yang berkontribusi bagi dunia properti Tanah Air.   “Kami memiliki misi untuk memberikan edukasi dan konsultasi bagi semua stakeholder properti, seperti pemerintah, pengembang, dan masyarakat umum,”  papar Presiden Direktur Laras Cipta Property ini. Benyamin memperkirakan, saat ini ada sekitar 300-500 analis properti yang ada di Indonesia, tetapi yang punya lisensi (profesional) tidak lebih dari 50 orang.

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Bulan

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com