Jan 18, 2012
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengharapkan Pemerintah Daerah melakukan program pembangunan perumahan melalui kegiatan bedah rumah bagi masyarakat miskin di daerah. Hal tersebut diungkapkan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Selasa (17/1).

“Pemerintah daerah yang sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Kemenpera hendaknya dapat segera melaksanakan program perumahan di daerahnya melalui kegiatan bedah rumah bagi masyarakat miskin di daerahnya,” imbau Djan. “Selain itu, Pemda juga perlu meningkatkan pembangunan rumah murah bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di daerah.”

Kawasan yang menjadi percontohan bagi program bedah rumah adalah OKU Timur. Pemda setempat melakukan bedah rumah bagi 303 unit rumah yang tersebar di 298 desa. Selain itu, di atas lahan seluas 23 hektar tersebut, Pemkab OKU Timur juga melaksanakan pembangunan seribu rumah bagi PNS.

Dengan lokasi di dekat kantor pemerintah OKU Timur yang sedang dibangun, diharapkan kinerja PNS dapat meningkat. Pada tahap pertama, akan dibangun 300 unit rumah dengan nilai KPR tertinggi Rp70 juta. “Kalau program bedah rumah di Kabupaten OKU Timur bisa dilaksanakan, tentu program serupa bisa dilaksanakan juga di kabupaten lain,” ungkap Djan Faridz berharap.

Kemenpera akan memberikan fasilitas Prasarana dan Sarana Utilitas (PSU) sebesar Rp6,5 juta per rumah di kompleks perumahan ini. “Selain itu, kami akan memberikan kemudahan uang muka melalui fasilitas Uang Muka Bapertarum PNS. Sedangkan untuk cicilan KPR dapat menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP),” paparnya.

Program bedah rumah di daerah, selain dapat membantu masyarakat miskin untuk memperbaiki rumahnya, juga akan membuat lingkungan perumahan di daerah menjadi tertata dengan baik, disamping sebagai langkah antisipasi munculnya kawasan kumuh, imbuh Djan Faridz. “Selain menggunakan dana APBD, Pemda juga dapat mengajak partisipasi aktif masyarakat dengan memanfaatkan dana  zakat yang terkumpul untuk melaksanakan program tersebut. Dengan demikian, dana zakat yang ada dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih produktif dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com