Dec 14, 2012
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Hingga tiga tahun ke depan, sebanyak 4.000 kamar hotel dijadwalkan mulai beroperasi di Jakarta. Sebanyak 48% diantaranya merupakan kamar hotel berlevel ekonomi atau bertaraf bintang tiga.
 
Hasil riset yang dilakukan Cushman & Wakefield Indonesia mengungkapkan, jumlah kamar hotel yang dijadwalkan selesai pembangunannya di tahun depan sebanyak 2.000 kamar.

“Sebelumnya, dalam 10 tahun terakhir pasokan baru rata-rata per tahun kurang lebih hanya 550 kamar. Permintaan akomodasi hotel budget merupakan salah satu faktor pendorong berbagai operator dan pengembang untuk membangun dan mengoperasikan hotel dengan level ekonomi atau budget,” kata Arief Rahardjo, Head of Research and Advisory Cushman and Wakefield Indonesia di Jakarta, kemarin (13/12).

Arief menambahkan, tingkat pasokan baru hingga 2013 menyamai jumlah hotel yang telah selesai dibangun pada 1998. Meski demikian, banyaknya pasokan tidak akan menurunkan tingkat hunian pada tahun depan, yang akan stabil di angka 70%.

Strategi nasional industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) yang diterapkan pemerintah dinilai turut mendorong industri perhotelan. Mengutip data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ada 10 kota yang dipromosikan untuk menjadi daerah tujuan MICE.

Kesepuluh kota tersebut yaitu, Bandung, Batam, Denpasar, Medan, Makassar, Manado, Mataram, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. “Tingkat kedatangan penumpang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang pertumbuhannya di atas 15% per tahun juga berpengaruh positif terhadap tingkat hunian,” ujar Arief. (*)

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

foto: istimewa

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com