Mar 1, 2012
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Setelah sebelumnya berhasil merangkul empat bank BUMN, Kementerian Perumahan Rakyat dalam waktu dekat akan menggandeng Bank Rakyat Indonesia Syariah untuk menyalurkan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Dengan demikian, diharapkan masyarakat akan lebih mudah mengakses kredit perumahan bersubsidi.

“BRI Syariah akan jadi bank kelima penyalur FLPP, setelah sebelumnya ada BNI, BRI, Mandiri, dan BTN yang telah menjalin kerjasama dengan Kemenpera,” ungkap Menpera, Djan Faridz, usai membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan DAK Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Tahun 2012 di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu (29/2).

Kemenpera, imbuhnya, akan terus berupaya menjalin kerjasama dengan pihak  perbankan untuk penyaluran FLPP. Makin banyak bank penyalur yang ikut serta dalam program ini, tentunya akan semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses kredit perumahan khususnya di daerah-daerah.

Penyaluran FLPP tahun ini diperkirakan bertambah dari angka 160.000 unit menjadi  200.000 unit. Penambahan target tersebut dapat dilakukan karena porsi dana FLPP Kemenpera diturunkan dari 65% menjadi 50%. Selisih proporsi dana tersebut digunakan untuk menambah jumlah rumah yang disubsidi.

“Secara otomatis kami akan terus menambah bank penyalur FLPP ini. Makin banyak penyalur makin bagus, karena rakyat makin mudah mengakses kredit perumahan,” jelasnya.

Dana FLPP, kata Djan Faridz, akan disimpan di bank dan didepositokan. Apabila ada klaim dari bank terkait penandatanganan KPR, mereka bisa klaim ke Kemenpera dan deposito tersebut akan dicairkan untuk membayar tagihan ke bank.

Menpera menambahkan, dengan berjalannya FLPP, diharapkan dapat membantu para pengembang untuk meningkatkan pembangunan perumahan di daerah-daerah. “FLPP sudah jalan dan semua pengembang tidak ada masalah. Mereka juga sudah mendaftar ke bank penyalur,” pungkasnya.

Anto Erawan
(antoerawan@rumah.com)

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com