Aug 31, 2012
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahCom – Dalam feng shui, ada empat langkah untuk  mendekorasi ruang: (1) tentukan tujuan dekorasi; (2) memilih warna yang cocok; (3)  memilih benda dekoratif yang sesuai; dan (4) menempatkan pada sudut yang tepat.

Tujuan dekorasi yang spesifik adalah menghindari kemalangan, karena adanya bintang-5 kuning (wu huang) yang pada tahun 2012 ini berada di sektor Tenggara. Jenis kemalangan kedua adalah adanya gangguan pada kesehatan, yang diakibatkan datangnya bintang-2 hitam, yang pada tahun 2012 ini mampir (berada) di Utara. Untuk mengatasinya, kedua sektor Tenggara dan Utara perlu dipasangi fung ling (lonceng angin).

Kemalangan lain yang penting diperhatikan adalah menghindari konflik dan pertikaian yang bisa berlanjut pada ranah hukum (pengadilan), yaitu datangnya  bintang-3 kumala, yang pada tahun 2012 ini berada di Barat Daya. Beberapa pakar feng shui mengatakan bahwa meskipun bintang-3 kumala menimbulkan kesialan, tetapi sebenarnya jika terkelola dengan baik, bintang ini juga akan memberikan kemakmuran tambahan yang signifikan.

Cara mengatasi datangnya bintang-3 kumala ini adalah dengan menempatkan jambangan air (airnya tenang, dan biasanya di atas jambangan itu disebar bunga yang harum), Hal ini untuk meredakan keinginan bertikai dengan pihak lain.

Tujuan dekorasi dengan feng shui kedua tidak kalah penting dari yang pertama, yaitu meningkatkan Keberuntungan penghuni rumah. Hal ini dilakukan dengan menempatkan elemen dekoratif pada sektor yang kedatangan energi positif. Pada tahun 2012 ini, bintang-8 putih akan menempati sektor Barat. Sejalan dengan itu, sektor Selatan juga mendapatkan bintang-1 putih yang bisa memicu peningkatan kemakmuran.

Unsur dekoratif yang paling tepat ditempatkan di sektor Barat dan Selatan adalah water feature, yaitu benda dekoratif yang mensirkulasikan air, sehingga menimbulkan efek getaran dan suara yang memicu energi positif yang menyebar ke ruangan-ruangan lainnya.

Memasang dekorasi pada sektor yang memberikan keberuntungan biasanya akan meningkatkan kesempatan yang muncul. Artinya, jika yang bersangkutan tidak memanfaatkan kesempatan atau peluang yang datang, sama saja dengan menolak rejeki.

Keberuntungan yang penting pada tahun 2012 datang di sektor tengah rumah, yaitu bintang-6 putih. Bintang ini akan memberikan penghuni rumah suatu kekuatan, otoritas, kekuasaan, dan kemajuan yang sangat berarti, termasuk perkembangan karir dan mendapat status yang lebih tinggi (seperti kenaikan pangkat).

Sementara itu, keberuntungan yang merupakan suatu kegembiraan karena datangnya berita baik, termasuk perayaan mendapat keturunan, atau melaksanakan suatu pernikahan akan terpicu oleh bintang-9 ungu, yang pada tahun 2012 ini akan datang di sektor Timur Laut. Mengaktifkan energi positif di sini bisa dengan cara menempatkan tanaman hijau pada pot yang digantungkan di dinding atau didirikan di atas lantai. Selain kegembiraan, bintang-9 ungu ini juga akan meningkatkan networking, dan menambah konsumen dan klien pada toko atau kantor Anda.
(Habis)

Elemen water feature di dalam ruangan bisa meningkatkan aura positif di dalam ruangan tersebut.
Tanaman di kamar tidur, menanti kabar baik/jodoh atau keturunan.  

Elemen dekoratif water feature berupa jambangan air dengan bunga untuk meredakan pertikaian. Tempatkan di sektor Barat Daya.
 

foto-foto: Anto Erawan/dok. Mauro Rahardjo

Artikel Terkait:

Feng Shui dan Dekorasi Ruang (1)

Feng Shui dan Dekorasi Ruang (2)

 

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com