Sep 3, 2012
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Guna meningkatkan kesejahteraan nelayan, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) bersama Dinas Penataan Ruang dan Perumahan Kota Palu, Sulawesi Tengah, merampungkan pembangun rumah khusus nelayan di Palu.

Effendy Osman, Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Penataan Ruang dan Perumahan Kota Palu mengatakan, setidaknya ada 40 rumah khusus nelayan dengan tipe 36 yang akan dibangun di daerah Lere. Pada 2011 lalu di daerah Kelurahan Lere, Kemenpera telah membangun sebanyak 30 unit rumah khusus nelayan, sedangkan Pemkot Palu membangun 10 unit.

“Kami berharap, awal 2013 mendatang rumah tersebut sudah dapat dihuni para nelayan," kata Effendy saat melakukan kunjungan di Kabupaten Lere, Sulteng, hari ini.

Rumah khusus nelayan tersebut nantinya akan ditempati para nelayan yang saat ini tinggal di kampung nelayan yang tidak jauh dari lokasi pembangunan. Jarak antara kampung nelayan yang lama dan rumah khusus yang dibangun saat ini tidak terlalu jauh hanya sekitar satu kilometer. "Para nelayan dapat menempati rumah tersebut secara gratis tapi tidak memiliki sertifikat tanah," kata Effendy.

Dia menjelaskan, pihaknya telah menyediakan lahan serta menganggarkan dana APBD untuk pembangunan rumah khusus nelayan. Dana tersebut diperuntukkan bagi pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU), penyediaan listrik dan air, serta tempat penjemuran ikan hasil tangkapan nelayan.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

foto: ilustrasi

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com