Oct 25, 2012
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Hidup di hunian vertikal tentu berbeda dengan di hunian tapak, baik secara budaya, sosial, maupun hukum. Banyak pula istilah yang lazim digunakan di apartemen atau kondominium, tetapi tidak dipakai pada rumah tapak (landed-houses). Berikut ini di antaranya:

Rumah Susun
Rumah susun adalah gedung bertingkat yang dibangun dalam sebuah lingkungan yang terbagi dalam struktur fungsional, baik horisontal maupun vertikal, dan merupakan satuan-satuan yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah. Rumah susun memiliki tempat hunian dan dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama yang terletak pada lokasi dengan alamat tertentu.

Bagian Bersama
Bagian bersama adalah semua bagian yang melekat pada rumah susun, termasuk lift, koridor, peralatan mekanikal dan elektrikal, atap, dinding luar, kolom struktur, fondasi, dan lain-lain.

Benda Bersama
Benda bersama adalah benda-benda yang berdiri sendiri dan terletak di atas tanah bersama, seperti pos satpam, lanskap taman, tanda lalu lintas, lapangan olahraga, kolam renang, dan lain-lain.

Tanah Bersama
Tanah bersama adalah tempat berdirinya rumah susun hingga dinding atau pagar pembatas.

Hak Bersama
Hak bersama dimiliki secara bersama-sama oleh para pemilik rumah susun, yang terdiri dari bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Pertelaan
Pertelaan adalah gambar dan uraian yang disahkan oleh Pemerintah Provinsi yang merinci pemisahan satuan rumah susun, bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama. Pertelaan adalah dasar diterbitkannya Sertifikat Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun (SHM Sarusun) maupun perhitungan Nilai Perbandingan Proporsional (NPP).

Service Charge
Service charge
adalah biaya yang dibebankan kepada pemilik/penghuni rumah susun guna pemeliharaan bangunan rumah susun secara keseluruhan. Service charge merupakan tanggung jawab pemilik, kecuali bila pemilik mengalihkan tanggung jawabnya kepada penghuni.

Biaya-biaya pemakaian, perawatan, dan perbaikan hak bersama (common property), pajak-pajak, asuransi, fee konsultan dan auditor, termasuk biaya karyawan dan biaya administratif badan pengelola termasuk ke dalam service charge.

Sinking Fund
Sinking fund
atau utility charge adalah dana cadangan untuk penggantian/perbaikan berbagai komponen utilitas yang telah aus atau rusak. Besarnya service charge maupun utility charge ditetapkan dalam AD/ART Perhimpunan Penghuni.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Komentar Pembaca: (3 komentar)

rumah kita - Feb 1, 2013
tambah wawasan.. thank's
Bandi LatiefPro - Feb 1, 2013
wawasan, oi wawasan baru....
Yuli Pertamawati - Oct 8, 2012
lumayan, nambah lagi perbendaharaan kata kita..

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com