Kota-kota Tertinggi di Dunia

RumahCom – Tinggal di kota dengan ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut (dpl) memang memiliki sensasi tersendiri. Oksigen yang tipis terkadang membuat pernafasan terganggu. Namun di sisi lain, pemandangan nan indah dan sumber daya alam yang kaya selalu menjadi daya tarik bagi orang-orang untuk datang.

Berikut ini daftar 11 kota tertinggi di dunia yang dikutip dari laman pinterest.com.

 

 

11. Quito
Quito, Ibu Kota Ekuador, Amerika Latin, dengan ketinggian 2.850 meter dpl, dijuluki sebagai Ibu Kota tertinggi kedua setelah La Paz. Quito berada di sisi selatan gunung api aktif di Pegunungan Andes, Pichincha. Meski tidak setinggi kota-kota tertinggi lain di dunia, Quito mempunyai keunikan tersendiri. Antara lain kota tertinggi dengan penduduk terbanyak (mendekati dua juta jiwa), selain itu itu Quito juga terletak kurang lebih 25 kilometer saja dari garis khatulistiwa.

 

 

10. Hushe Village
Hushe Village, yang terletak di Pakistan berada di 3.050 meter dpl. Meski demikian, kota ini berada di balik bayangan Gunung Himalaya, yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Kota ini terkenal di mata para pendaki gunung sebagai lokasi transit kala melakukan pendakian Himalaya.

 

9. Leadville
Kota tertinggi di Amerika Serikat ini berada di Colorado dengan ketinggian mencapai 3.094 meter dpl. Kota ini terletak di Pegunungan Rocky Mountain dan merupakan tempat hulu Sungai Arkansas. Kota pertambangan ini pernah dijuluki sebagai kota terbesar kedua di Colorado setelah Denver.

 

 

8. Villa Mills
Kota di Costa Rica yang memiliki ketinggian 3.100 meter dpl ini adalah kota kecil yang berada dekat Cerro de le Muerte (Mountain of Death) dan perbatasan Panama. Uniknya, meski dekat dengan gunung api dan garis khatulistiwa, tetapi suhu di kota tersebut bisa mencapai nol derajat celcius. Bahkan, Villa Mills dulunya terbentuk dari letusan Gunung Talamanca.

 

 

7. Cuzco
Kota di Peru dengan ketinggian 3.310 meter dpl ini, dulunya merupakan pusat kota Inca. Itu sebabnya, UNESCO menganugerahkan gelar World Heritage Site untuk Cuzco. Para wisatawan yang akan mengunjungi Machu Picchu pasti akan melewati Cuzco, yang saat ini memiliki populasi sebesar 350 ribu jiwa.

 

 

6. Namache Bazaar
Namache Bazaar, berada di di Nepal pada ketinggian 3.500 meter dpl. Awalnya, kota ini hanya dijadikan tempat perdagangan, dimana penggembala lembu gunung dapat menukarkan keju dan mentega. Saat ini Namache Bazzar dijadikan tempat transit para pendaki yang menuju base camp Everest.

 

 

5. Apartaderos
Apartaderos yang berada di ketinggian 3.505 meter di atas permukaan laut terletak di Venezuela. Dinobatkan sebagai kota tertinggi di Venezuela, Apartaderos juga merupakan tempat bertemunya tiga aliran sungai besar di lembah sungai Andes. Kota ini mengandalkan sektor pariwisata untuk menopang perekonomian, dengan aneka restoran, hotel, dan toko suvenir, yang ditunjang oleh jalan raya Trans-Andean.

 

 

4. Lhasa
Kota asal Dalai Lama ini terletak di ketinggian 3.650 meter dpl. Ibu kota Tibet ini juga didiami oleh kurang  lebih 250 ribu jiwa. Sebelum diberi gelar situs peninggalan dunia oleh UNESCO, kota ini telah mengundang banyak pelancong yang ingin melihat kuil Buddha terindah berlatar belakang Gunung Himalaya.

 

 

3. Potosi
Berada di Bolivia, Potosi terletak di ketinggian 4.090 meter dpl. Meski letaknya lebih rendah sekitar 61 meter dari La Paz, tetapi Potosi kerap disebut sebagai kota tertinggi di dunia. Potosi terkenal karena pertambangannya, dan sektor ini masih menjadi penopang perekonomian hingga sekarang. Potosi juga dianugerahi gelar World Heritage Site oleh UNESCO karena panjangnya sejarah pertambangan yang dimiliki.

 

 

2. El Alto
Masih di Bolivia, El Alto yang berada di ketinggian 4.150 meter dpl. Kota ini merupakan daerah pinggiran kota La Paz, yang sering dijuluki sebagai Ibu Kota tertinggi di dunia, dan berada lebih tinggi dari La Paz sendiri. El Alto yang berarti yang tertinggi dalam Bahasa Spanyol, terbentuk dalam pembangunan jalur rel kereta api antara La Paz dan Lake Titicaca. Kota ini memiliki populasi sebesar 650 ribu jiwa.

 

 

1. La Rinococonada
Dan inilah kota tertinggi di dunia: La Rinococonada yang berada di ketinggian 5.100 meter dpl. Hampir satu dekade lalu, National Geographic menjuluki kota di Peru ini sebagai kota tertinggi yang dihuni manusia—mengingat batas ketinggian yang dapat ditoleransi oleh manusia adalah 6.000 meter dpl. Sebanyak 30 ribu jiwa bertahan hidup dengan terbatasnya pasokan oksigen demi bekerja di tambang emas yang ada di kota ini. (*)

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

foto: wikipedia/pinterest.com

 

Anto Erawan
Jan 03, 2013
walhamdulillah.. :)
farida hasny
Jan 02, 2013
Subhanallah
KIRIM KOMENTAR