Jan 4, 2013
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) anggarkan dana sebesar Rp1,538 triliun untuk pembangunan sedikitnya 172 menara rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) tahun ini. Jumlah ini lebih kecil dari realisasi tahun lalu sebanyak  217 menara.
 
Pangihutan Marpaung, Deputi Perumahan Formal Kemenpera mengatakan, rusunawa ini ditujukan bagi Kepolisian, pekerja, mahasiswa, dan para santri. Rusunawa yang akan dibangun untuk Kepolisian sebanyak 24 menara, untuk mahasiswa sebanyak 54 menara, sementara untuk pekerja dan para santri masing-masing sebanyak 36 dan 58 menara.
 
"Mengapa kami bangun untuk para santri juga? Sebenarnya itu tidak terbatas untuk pondok pesantren muslim, tapi juga untuk lembaga keagamaan lain yang membutuhkan, seperti seminari misalnya," kata Pangihutan dalam acara Refleksi Kinerja Kemenpera Tahun Anggaran 2012 dan Rencana Kerja Tahun Anggaran 2013 di Jakarta, hari ini (4/1).
 
Pangihutan melanjutkan, masing-masing menara Rusunawa akan memiliki tiga dan empat lantai. Tetapi tidak menutup kemungkinan pemerintah akan membangun rusunawa dengan ketinggian enam lantai, yang dikhususkan dibangun di kota-kota besar atau daerah padat.
 
"Lokasi tepatnya masih kami pertimbangkan lagi, tetapi kami harap secepatnya akan kami tetapkan," imbuh dia.
 
Pangihutan mengakui rencana pembangunan rusunawa tahun ini lebih rendah ketimbang realisasi tahun lalu. "Makanya nanti kami akan minta tambahan anggaran lagi di APBNP (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara  Perubahan)," pungkasnya. (*)
 
Im Suryani
imsuryani@rumah.com

foto: Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com