Jan 18, 2013
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Jika Anda berminat melakukan investasi dengan menyewakan rumah atau apartemen, ada baiknya Anda mengetahui cara menentukan harga sewa yang tepat. Pasalnya, properti tidak akan laku jika dipatok dengan harga sewa terlalu tinggi. Di sisi lain, Anda sebagai investor akan rugi jika mematok harga sewa terlalu rendah.  

Baca: Plus Minus Investasi Apartemen dan Plus Minus Investasi Rumah Sewa

Tingkat kapitalisasi (capitalization rate atau cap rate) merupakan indikator paling umum bagi penjualan dan pembelian properti. Tingkat kapitalisasi bervariasi, berdasarkan wilayah dan tipe properti.

Investor menggunakan tingkat kapitalisasi untuk menetapkan harga pembelian, sedangkan pihak penilai (appraisal) menggunakannya untuk menentukan nilai pasar. Oleh karena itu, penilai adalah orang terbaik untuk memperoleh informasi seputar tingkat kapitalisasi di sebuah wilayah.

Rumus menghitung harga sewa properti adalah:

Harga sewa (Rp)/Tahun = Harga Properti x Cap Rate (%)

 

Sebagai informasi, nilai capitalization rate rumah rata-rata berkisar 3% – 5%, sementara untuk apartemen berkisar 7% – 12%, tergantung kondisi properti, lokasi, dan lain-lain.

Contoh:
Sebuah apartemen seharga Rp300 juta dengan capitalization rate 7% – 12%, maka harga sewanya adalah: 12% x Rp300 Juta = Rp36 juta/tahun atau Rp3 juta/bulan.

Rumah seharga Rp500 juta dengan capitalization rate 3% – 5%, maka harga sewanya adalah: 5% x Rp500 Juta = Rp25 juta/tahun atau sekitar Rp2 juta/bulan.

Semoga bermanfaat.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

foto: Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Komentar Pembaca: (2 komentar)

Merry Amartha - Feb 6, 2013
bagus nih info dan berguna sekali bagi teman 2 dan investor yang baru belajar.
Hilmanida - Jan 30, 2013
simple dan bermanfaat, kami jadi tahu cara hitung sewain rumah dan apartemen.. Mungkin harga properti + pajak2 + biaya sertifikat x cap%...biar sewanya makin menguntungkan Salam

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com