Feb 5, 2013
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Sebelum mengucurkan kredit, pihak bank akan melakukan seleksi, baik konsumen yang mengajukan KPR, pengembang, maupun pihak-pihak lain yang terkait dengan pemberian KPR tersebut, misalnya sub kontraktor dan lahan yang dipakai.

Umumnya, bank akan menyeleksi konsumen berdasarkan track record atau kemampuan konsumen tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan informasi tentang penghasilan konsumen, dan biasanya sepertiga dari pendapatan harus bisa digunakan untuk membayar cicilan KPR.

Pihak bank juga membuat batasan umur maksimal bagi calon nasabah pengambil KPR (untuk karyawan biasanya 55 tahun).

Di sisi lain, developer juga akan diseleksi dan dilihat bagaimana mereka memegang janji menyelesaikan pembangunan, melengkapi fasilitas, dan mengurus surat-surat yang diperlukan bagi calon nasabah. Jika pengembang kurang kredibel, jangan heran jika pihak bank enggan mengucurkan kredit.

Berikut ini langkah-langkah pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang dikutip dari buku “Menjadi Kaya Melalui Properti”:

1. Bila Anda sudah yakin akan pilihan rumah dan bank pemberi KPR, kunjungi bank tersebut dan mintalah informasi pengajuan KPR. Biasanya bank akan memberikan persyaratan (seperti tertulis di depan) beserta blangko isian KPR.>>Baca: Syarat Pengajuan KPR

2. Setelah persyaratan Anda bawa ke bank, biasanya akan diadakan wawancara menyangkut latar belakang Anda memilih KPR dan kemampuan Anda dalam memenuhi tenggat waktu pembayaran.

3. Bila wawancara disetujui, Anda bisa membayarkan uang muka pembelian rumah kepada developer dan menunggu keluarnya SPPK (Surat Persetujuan Perjanjian Kredit) yang dilanjutkan dengan pencairan dana.>>Berapa Biayanya?

4. Langkah selanjutnya adalah menemui notaris untuk menandatangani akta kredit dan mengurus sertifikat. Dalam tahap ini, yang harus diperhatikan ialah ketelitian terhadap isi perjanjian agar di lain waktu Anda tidak mengalami kesulitan atau salah paham terhadap perlakuan bank dalam masalah pembayaran.

5. Tahap selanjutnya adalah penyerahan kunci. Sertifikat Anda masih ditahan bank sampai Anda melunasi semua cicilan kredit.

Anto Erawan
antoerawan@rumah.com

Foto: Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Komentar Pembaca: (1 komentar)

kidi taman - Feb 25, 2013
tunjukkan saya kalau mencari di Kota mataram jenis-jenis KPR yang ada.Trims

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com