Feb 18, 2013
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Pertumbuhan tarif sewa pusat perbelanjaan di Jakarta diprediksi akan paling tinggi diantara kenaikan yang terjadi di kota-kota lain di Asia. Survei yang dilakukan oleh lembaga riset properti Colliers International memprediksi, penyebab kenaikan itu terutama lantaran terbatasnya pasokan lahan di pusat kota.

Simon Lo, Executive Director of Research & Advisory Colliers International mengatakan, pertumbuhan tarif sewa mal di Asia dipimpin oleh negara-negara berkembang. “Indonesia, Pakistan, dan Kazakhstan merupakan tiga besar negara yang diprediksi mengalami pertumbuhan tarif sewa mal paling kuat di Asia tahun ini,” kata Simon dalam keterangan pers yang diterima Rumah.com.

Arus urbanisasi yang berpengaruh pada tren pertumbuhan penduduk dan terbatasnya pasokan lahan di pusat perkotaan, ditengarai menjadi penyebab kuatnya kenaikan tarif sewa mal di tiga negara tersebut. Tercatat kenaikan tarif sewa mal di Jakarta tahun ini akan mencapai 20%. Sedangkan di Karachi (Pakistan) dan Almaty (Kazakhstan) adalah kota-kota yang baru berkenalan dengan konsep mal sejak lima tahun lalu. “Tarif sewa mal di Karachi bahkan tiga kali lebih mahal dibanding tarif sewa gerai stand alone,” imbuh Simon.

Lain lagi dengan yang terjadi di Singapura, India, dan Vietnam. Ketiga negara tersebut justru mengalami penurunan tarif sewa. Singapura diprediksi mengalami penurunan sebesar 5%, kota-kota di India sebesar 8%, dan Hanoi sebesar 10%. Di Singapura, penurunan didorong oleh kelangkaan pekerja yang diiringi oleh turunnya belanja domestik. Sedangkan penurunan tarif sewa yang terjadi di Hanoi lebih disebabkan oleh banyaknya pasokan ruang ritel yang akan masuk tahun ini. (*)

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

Foto: Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com