May 16, 2013
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Pewarnaan yang tepat pada dinding sebuah ruangan, terbukti mampu memengaruhi suasana hati orang-orang yang ada di dalamnya. Demikian besar pengaruh yang dibawanya, maka para orang tua dianjurkan memberikan warna yang tepat pada ruangan-ruangan di dalam rumah. Fungsinya tidak lain untuk memberikan pelajaran pengenalan emosi pada anak.

Dirangkum dari situs homedit.com, berikut panduan pewarnaan masing-masing ruangan di dalam rumah.

Kamar Tidur
Kamar tidur adalah area pribadi yang paling sering ditempati. Sebuah kamar diharapkan dapat  memberikan perasaan tenang dan sejuk. Oleh karenanya, nuansa warna hijau dan biru sering dipilih untuk memberikan efek tenang dan sejuk yang diharapkan. Warna merah pekat tanpa kombinasi dan sejenisnya sangat tidak dianjurkan, karena warna tersebut tidak memberikan efek yang diharapkan dari sebuah kamar tidur.

Ruang Tamu
Tidak ada aturan yang tegas dalam pemilihan warna untuk ruangan yang satu ini. Tetapi, mengingat budaya untuk selalu menghormati tamu, dianjurkan untuk memilih warna-warna alam yang bersifat cenderung tidak provokatif.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran ruang tamu Anda. Warna gelap cocok untuk ruang tamu berukuran besar. Sedangkan untuk ruang tamu berukuran kecil dapat dimanipulasi dengan pemberian warna-warna terang.

Ruang Makan
Bayangkan Anda sedang berada di restoran cepat saji. Warna apa yang sering Anda temukan di sana? Ya, warna merah. Berdasarkan sebuah penelitian, warna yang satu ini memang dipercaya dapat merangsang nafsu makan, sehingga sering digunakan di restoran-restoran. Dianjurkan untuk tidak menggunakan warna biru di ruang makan, karena justru dapat menghilangkan nafsu makan.

Dapur
Dapur adalah ruangan tempat berkreasi, sehingga warna yang cocok untuk ruangan ini adalah warna-warna segar seperti kuning jeruk atau hijau lemon. Kedua warna tersebut bersifat menyenangkan, sehingga dapat merangsang kreativitas.

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

Foto: Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Komentar Pembaca: (1 komentar)

Nyoman Subawa - Jun 2, 2013
Sangat bagus

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com