Aug 2, 2013
    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

RumahCom – Direktur Utama PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) menilai, pemerintah sebaiknya mengutamakan para pembeli rumah pertama dengan mempermudah akses mereka membeli rumah. Salah satunya adalah dengan mengembalikan aturan uang muka menjadi hanya 20%.

Nanda Widya, Direktur Utama Metland mengatakan, kebijakan loan to value (LTV) rumah pertama saat ini berakibat pada terjadinya penundaan pembelian rumah oleh para pembeli rumah pertama. Penundaan tersebut berdampak pada semakin tidak terjangkaunya harga rumah.

“Sekarang banyak yang menunda, kebanyakan menunda pembelian selama enam bulan. Sementara itu harga tanah dan harga rumah naik terus, jadi semakin tidak terjangkau,” kata Nanda di Bekasi, Kamis (1/8).

Menurut Nanda, kenaikan harga tanah tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan masyarakat per tahunnya. Nanda berasumsi harga tanah mengalami kenaikan 20% sampai 30% per tahun, sedangkan kenaikan penghasilan pekerja rata-rata hanya 10% saja.

“Sebaiknya (minimal uang muka) dikembalikan ke 20%, itu sudah ideal. Kalau tidak, akan semakin banyak orang-orang yang tidak bisa membeli rumah,” tegasnya.

Im Suryani
imsuryani@rumah.com

Foto: Anto Erawan

    table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Cari Berita Properti

Kata Kunci:

Jelajahi Berita berdasarkan Tahun

Redaksi Rumah.com

Alamat: PT. Allproperty Media
Gd. Ratu Prabu 1, lt. 6. Jl. TB. Simatupang Kav. 20
Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia 12560
Tel: +6221 2935 5255
Fax: +6221 7884 7465
Email: editorial_id@rumah.com
surplus