Pedoman untuk Penyewa: Tips Melihat Properti Sewa

Bawalah buku catatan dan pena.
 Anda akan memerlukannya untuk mencatat detil-detil ketika anda melakukan kunjungan. Dengan mencatat, anda dapat mengingat lebih banyak detil tentang properti-properti yang telah anda lihat. Ini sangat berguna, terutama jika anda melihat banyak properti pada hari yang sama. Untuk setiap properti, catatlah detilnya di halaman baru dan pastikan alamatnya tertera di kanan atas kertas agar mudah dilihat.

Tuliskan keterangan properti selengkap-lengkapnya, terutama tentang luas dan bentuk setiap apartemen atau rumah yang anda kunjungi – misalnya, dengan mencatat jumlah kamar tidur dan tulis hal-hal yang anda sukai atau tidak sukai.

Selain itu, perhatikan area-area yang telah diberitahu ‘bermasalah’ oleh pemilik properti. Jika anda tetap memutuskan untuk menyewa unit tersebut, anda dapat menggunakan ini sebagai alat negosiasi untuk menurunkan harganya.

Bawalah kamera. Ini untuk membantu anda dalam proses pencatatan. Mulailah setiap seri foto dengan foto pintu depan, atau dengan eksterior unit, sehingga anda mengetahui pembagian seri foto-foto yang ada.

Akan lebih baik jika anda dapat membuat daftar kriteria. Ini akan berguna jika anda berencana untuk tinggal dengan orang lain, yang keinginan dan seleranya mungkin tidak sama dengan anda, dan orang tersebut tidak datang untuk melihat properti ini bersama anda. Daftar ini juga akan membantu anda mencegah anda untuk menyewa properti yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda,

Upayakan untuk menyortir kriteria-kriteria anda ke dua kategori: fitur apa yang menurut anda seharusnya ada di properti, dan fitur apa yang anda inginkan di properti tersebut. Walaupun kategori kedua tidak sepenting yang pertama, mereka dapat menjadi alat negosiasi anda.

Periksa bahwa unit yang anda liat strukturnya kuat. Anda mungkin tidak perlu khawatir dengan aspek ini jika anda menyewa apartemen, namun anda tetap boleh melakukannya. Jika anda menemukan adanya masalah, misalnya retakan di dinding, beritahukan kepada pemilik.

Jika anda tetap memutuskan untuk menyewa properti tersebut, pastikan ‘masalah’nya sudah diurus dan diperbaiki sebelum anda pindah ke sana.

Pastikan semua berfungsi dengan baik. Ini termasuk sistem pemanas air, unit pendingin ruangan, lampu, kenop pintu, showerheads dan kunci jendela serta pintu. Jika ada yang perlu diganti atau diperbaiki, periksa dengan pemilik properti terlebih dahulu, bisa saja dia sudah menjadwalkan reparasi tanpa anda ketahui.

Bawalah meteran pengukur, terutama jika anda sedang melihat properti sewaan untuk jangka pendek. Anda perlu memastikan bahwa sebagian besar furnitur anda dapat dipindahkan ke sana. Ini artinya anda juga perlu mengukur dimensi furnitur anda di rumah terlebih dahulu.

Jangan hanya melihat propertinya, namun juga lihat daerah sekitarnya. Anda perlu mengetahui siapa yang menjadi tetangga anda, jarak dari tempat tinggal ke fasilitas seperti klinik, pasar, swalayan, dan daerah sekitar. Jika anda kira anda dapat tinggal dengan nyaman di sana, maka pastikan anda mengingat properti tersebut.

©RUMAH.COM Agustus 2011

Related Menyewa Rumah