Saya melakukan investasi apartemen 3 buah di Kalibatacity, Jakarta Selatan (2 Rusunami, 1 Anami). Saat ini ketiganya saya sewakan. Info yang saya dapatkan, pemda Jakarta akan membangun Rusunami di daerah Pasar Minggu, yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Nilai yang akan dialokasikan adalah sebesar 2T. Pak Ciputra menyatakan, siklus property akan mencapai puncaknya thn 2015. Dengan gencarnya pengembang ditambah pemda Jakarta membangun property sejenis, tentu akan mempengaruhi kondisi supply-demand. Apakah akan membuat harga dan nilai sewa akan ditarik turun? Selain mungkin turun, juga bisa jadi akan stagnan, berapa lama kemungkinan pasar akan stagnan? Jika ada niat untuk menjual, kapan saat yang tepat? Terimakasih untuk sharing pengalaman dan analisanya... Salam Hormat...

Bapak efendi sibarani

29 Jul 2013 | 2880 kunjungan

Jawaban terkini oleh Agen Profesional (13 Jawaban)
Ga ada yang salah seseorang menginvestasikan di instrumen properti, emang properti itu tidak akan pernah turun dikarenakan penduduk kita setiap tahunnya meningkat dan pertumbuhan properti kita sangat kecil dibandingkan di negara2 lain. oleh karena pak Efendi tidak salah menginvestasikan propertinya di kawasan Kalibata city,perlu diketahui bahwa untuk menginvestasikan suatu instumen jangan semua dimasukkan. ibarat telor didalam satu ranjang, bila ranjang tersebut hancur maka telornya akan pecah semua. Maka untuk itu perlu dibagi ke beberapa tempat/lokasi ( tetapi jika harga itu dibawah pasar,boleh dipertimbangkan untuk membeli ). Semua investasi tergantung dari keuangan masing2, bila bapak membeli pro[erti tersebut sudah diperhitungkan secara matang mengenai keuangannya, sah-sah aja. Emang kita tidak akan tahu kapan properti akan turun, stgnan atau bisa naik lagi, semua itu tergantung demand dan supply. Selama pendapatan dan pertumbuhan ekonomi serta taraf hidup kita baik,jangan harap properti akan turun, mungkin stagnan. Yang dikwatirkan oleh kita semua bila pertumbuhan dan pendapatan kita tidak baik dan banyaknya Kreditur yang macet dan gagal bayar,sehingga perbankan kita akan mandeg dan macet. Jika perbankan mandeg dan macer jangan harap bank2 akan memberikan KPR yang leluasa.Mungkin suatu saat siklus akan mencapai puncaknya tapi tidak akan tahu, seseorang sah2 aja untuk memprediksi serta berapa lama akan terjadi pasar lesu dan stagnan,kitapun tidak tahu. Bila bapak ingin menjual properti selama masih ada untung, saya rasa tidak ada maslah. Yang bapak pikirkan setelah menjual,apakah dapat membeli yang baru dengan harga murah. Kesimpulan dari saya kita tidak mengetahui yang mana lebih dulu telur atau ayam. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga berguna. Salam sukses dari Chip 021 - 7071 5858, 0818 889 558, pin bb 2228e0ea. web: chip.agent.co.id
Jawaban dikirimkan pada 30 Jul 2013
Perkembangan ekonomi pesat begitu juga dengan manusianya jadi kebutuhan papan meningkat,kalau minat investasi lagi silakan ,info didepan kalibatacity sedang di bangun Woodland park residence,kebetulan saya agennya .
Hermannus - 0818845529 , 02192898951
Jawaban dikirimkan pada 30 Jul 2013
@koh A Chip Sullivan, thanks sharing pandangannya...
@pak Hermannus Suhendar, thanks tawarannya...

Salam hangat...
Jawaban dikirimkan pada 31 Jul 2013
guru_icon
busy
  • 100%
  • 0%
saya sedikit share saja ya pak. dari hal yang bapak tanyakan, sy dapat menarik kesimpulan, bapak menginvestasikan sebagian uang bapak untuk membeli apartemen sekelas rusunami di kalibata city, sedangkan pemerintah sedang membangun proyek rusunami di sekitar lokasi tersebut. disini sudah sangat mudah di prediksi, walaupun prediksi saya belum tentu 100% benar. harga jual dan nilai sewa unit rusunami yang bapak miliki, sekarang dan kedepan sudah mulai memasuki masa stagnan dan penurunan harga jual maupun sewa. mengapa ? simpel saja jawabannya.. dikarenakan sudah mulai akan adanya unit rusunami2 lainnya yang tentunya sudah mulai siap bersaing dengan unit rusunami yang bapak miliki. JIKA BERSAING, APA YANG AKAN TIMBUL ? masing2 developer + pemilik unit sudah pasti gencar2nya membuat promo semenarik mungkin untuk mendapatkan calon pembeli. PROMO APA YANG KEBANYAKAN DITERAPKAN ? menurunkan harga jual dan sewa perlahan lahan. jika diibaratkan persaingan properti itu seperti persaingan smartphone. dulu brand smartphone seperti Ap#ple begitu mudahnya mematok harga jual dr unit smartphonenya. sekarang ketika muncul sebuah brand baru dan ternama seperti s#msung yang sebagai pesaingnya. strategi apa yang dipakai oleh ap#le untuk menang dlm persaingan ?
1. Masih Menjual dengan harga tinggi dengan mengandalkan brandnya ?

2. Atau menurunkan perlahan Harga jualnya untuk menarik peminat ?

jawabannya adalah, jika dia memakai strategi 1, maka konsumel akan lari kepada rivalnya, dikarenakan harga lebih bersahabat.

jika dia memakai strategi 2, maka keuntungan yg ia dapat tidak sebesar dlu ketika sebelum ada pesaing.

properti bapak itu dapat diibaratkan seperti persaingan smartphone diatas. jadi kedua pilihan diatas hampir sama2 tidak memberikan keuntungan yang sangat maksimal. dikarenakan persaingan.
Jawaban dikirimkan pada 31 Jul 2013
Kami coba ikut sharing mengenai efect ketakutan sebagian investor Property...selalu ada jalan di setiap permasalahan..jangan taruh semua telur dalam satu keranjang.
20 thn yg lalu byk orang top bisa melakukan bisnis tanpa handphone n iPad . Sekarang coba berbisnis tdk ada HP n iPad ..gak ke bayang kan??? Happy Investment./YD PROperty
Jawaban dikirimkan pada 05 Ags 2013
Sedikit share aja,
Investasi apartment utamanya pada harga sewanya, dikatakan baik jika sewa 7-12% / tahun dari harga beli. Sedangkan gainnya, sbb:
o masa berlaku IMB (expired 50 tahun tidak bisa diperpanjang), nilai Nihil pada tahun ke 50
o mengikuti umur bangunan ( biasanya s/d 15 atau 25 tahun pertama naik, selebihnya nyusut)
o Kenaikan harga tahap awal, juga tergantung developer mempromosikannya, unit terjual habis, jadi urusan pengelola.
o Kualifikasi pengelola menyebabkan perbedaan harga, harga sewa dan gain: (1) kualifikasi kondotel, (2)kualifikasi profesional, (3) aji mumpung jadi pengelola
o Tingkat persaingan, nah dari program yg satu ini (1000 tower) akan membuat harga rusunami betul2 dekat ke harga pokok. Sedangkan apartment kelas mewah tetap jadi primadona investor selama tetap berhayal tidak ada krisis. Kondisi krisis selalu bersiklus, saat krisis akan menjadi barang mati, tidak terurus, sementara gain tetap tetap mengikuti umur bangunan dan masa berlaku IMB.

Salam,
Arev – CPA - 0812 8108 9111
Jawaban dikirimkan pada 11 Ags 2013
Yth. Bapak Effendi,

Salam sejahtera untuk Bapak beserta keluarga.

Peminat unit di Apartemen Kalibata City sanpai sekarang masih tinggi, karena faktor-faktor nilai jual yang menarik calon konsumen, tentunya ini menjadi ' trigger ' untuk developer2 lainnya untuk membangun paket yang sama dengan harga yang lebih murah, namun demikian perlu dcermati untuk membandingkan ' apple to apple ' sebelum berinvestasi dilokasi yang baru.
Jawaban dikirimkan pada 13 Ags 2013
Terimakasih banyak buat sharing pengalamannya buat para pakar property... :) , thanks again...
Jawaban dikirimkan pada 19 Ags 2013
guru_icon
busy
  • 0%
  • 0%
saya sedikit share saja ya pak. dari hal yang bapak tanyakan, seperti ysng kita ketahui bahwa setiap orang menginginkan sesuatu yang baru, begitu juga aprt di kalibata. tergantung bagaimana kita merawat aprt tersebut dan developernya memaintain aprt tersebut? apabila semua masih bagus maka bisa dibilang harga masih ok,klu tdk dengan baik maka org akan mencari yang lebih baik dan lebih baru. seperti apart TA, apakah masih banyak peminatnya? bagaimana maintaine dr developernya? bukankah itu aprt udah tua? demikianlah penjelasan dari saya pak.Apabila bpk membutuhkan konsultasi maka kita siap membantu hub Meili 081283889890
Jawaban dikirimkan pada 19 Ags 2013
Jika butuh agent property untuk dijual apartemen kalibata, hubungi saya karena saya top agent di apartemen kalibata. Kantor saya di tower palem. Bisa hubungi saya ke anggirozamanany@yahoo.com
Jawaban dikirimkan pada 09 Des 2013
Salam kenal pak efendi sibarani !!! investasi diproperti itu sdh tepat, yg perlu bpk ktahui bahwa investasi properti itu tdk pernah turun bahkan naik ,,, naik dan naik trs .... jadi kalo bpk mau investasi properti lg dpt hub 081311398229/ Pin BB 23A8B67E/ Email dumamagdalena@yahoo.com. Terimakasih

salam

Magdalena
Jawaban dikirimkan pada 03 Jan 2014
Saya ada investasi bagus berupa perumahan dan pergudangan:

Sangat menarik bagi para investor di segala penjuru kota..
Tidak perlu bingung lokasi, karena :
- Sudah diantri penyewa langsung saat rumah jadi selama 2 tahun sewa, saat gudang jadi selama 10 tahun sewa dengan harga sewa 7% per tahun.
(Jadi tidak perlu repot cari penyewa dan antri titip carikan penyewa).
- Jaminan Kenaikan Harga dengan Profit Tinggi dan Buy Back Guarantee. (Sangan mudah untuk dijualkan kembali).
- Cash Back hampir seharga 1 gudang (untuk pergudangan).

Lokasi Perumahan di Surabaya dekat Juanda dan akses langsung rencana lingkar luar timur Oerr, dekat Merr.

Lokasi Pergudangan di Cerme Gresik, Akses Tol hanya 5 menit, dekat pom bensin 100 m, dekat terminal.

Harga 300jtan Perumahan Eksklusif dengan Fasilitas Lengkap (ada clubhouse dengan kolam renang, lapangan basket dan tenis, taman bermain, minimarket, freshmarket, dll).

Harga 1,8Man Pergudangan dengan Fasilitas Lengkap
(ada Cafetaria Hemat, Minimarket, Tempat Inap Sopir, Bebas Tukang Angkut Liar)

Kemudahan Sistem Pembayaran :
- DP 0%, Bunga 0%
- Cicilan lebih ringan dari KPR

PERDANA...
Harga NAIK 8% saat GrandLaunching

Hubungi Saya Langsung:
081320241487
Jawaban dikirimkan pada 22 Feb 2014
guru_icon
busy
  • 0%
  • 0%
Selamat pagi bapak/ibu.
Saya cuma numpang promo lokasi aja.
Bagi para investor yang ingin membeli lahan tanah di pinggiran pantai, di atas bukit dengan view yang indah, atau villa pribadi yang anda impikan.
Silahkan Hubungi saya di : 081907514250 atau bisa kirim email ke khaerulmizan9@gmail.com saya sudah menyiapkan semuanya untuk anda yang ingin berinvestasi di wilayah NTB-NTT.
Terimakasih.
Jawaban dikirimkan pada 10 Apr 2014

Tidak Menemukan Pertanyaan Anda?

Jika anda ingin membuat pertanyaan baru, klik tombol 'Kirim'. Pertanyaan Anda akan langsung dipublikasikan setelah sebelumnya diperiksa oleh staff kami. Anda akan mendapatkan notifikasi email ketika pertanyaan Anda telah dijawab.


Halaman ini digunakan untuk bertanya dan mencari pertanyaan mengenai properti. Jika anda mencari properti, anda dapat menggunakan
Properti Dicari