Kota Denpasar bukan hanya memiliki panorama yang indah dan pantai yang menghiasi alamnya. Namun juga prospek yang menggoda di sektor properti dengan nilai investasi cukup menggiurkan. Tingginya tingkat kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara menjadi salah satu faktor utama yang mendorong laju properti di kota Denpasar.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 1 miliar di Bali? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Bagaimana tidak sebagai ibu kota provinsi Bali yang sudah dikenal di mata internasional, pastinya Denpasar memiliki daya tarik tersendiri. Sebagai salah satu kota dengan aktivitas pariwisata yang cukup tinggi, kebutuhan akan unit properti pastinya juga meningkat setiap tahunnya.

Mulai dari hotel, villa, apartemen, maupun rumah tapak menjadi surga bagi para investor, pengembang, atau para pencari hunian yang ingin memiliki tempat tinggal di kawasan ini. Jadi tidak perlu heran apabila perkembangan nilai properti di Denpasar merupakan salah satu yang paling signifikan.

Berdasarkan data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat harga properti residensial primer di kota Denpasar pada triwulan I – 2020 menunjukkan peningkatan. Peningkatan terjadi pada harga rumah dengan tipe kecil, dengan kenaikan sebesar 0,6%  dan rumah tipe menengah sebesar 0,1%.

Pembangunan Properti yang Semakin Gencar di Denpasar

Vasaka Bali merupakan salah satu proyek perumahan kluster yang mengusung tema modern tropical living. (waskitarealty.co.id)

Vasaka Bali merupakan salah satu proyek perumahan kluster yang mengusung tema modern tropical living. (waskitarealty.co.id)

Walau dihantam pandemi Covid-19, prospek investasi properti kota Denpasar masih saja berjalan. Salah satu pengembang yang menggarap bisnis perumahan kluster, Waskita Realty mencoba peruntungan dengan menggarap proyek Vasaka Bali yang berlokasi di Denpasar.

Dengan mengusung tema “Modern Tropical Living”, Vasaka Bali didukung fasilitas commercial center yang memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para penghuninya. Berlokasi di area Jalan WR. Supratman, perumahan ini didesain dengan sentuhan arsitektur khas Bali yang berbeda di setiap klusternya.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Selain Vasaka Bali, juga terdapat beberapa perumahan kluster yang sedang dalam proses pembangunan. Hal tersebut juga menjadi salah satu prioritas yang menjanjikan bagi para pengembang. Properti yang dihadirkan membidik segmen menengah dengan nilai tambah dan jaminan investasi berkelanjutan.

Jika merujuk dari pencarian daring, properti di Denpasar menunjukkan tingkat yang cukup tinggi. Mulai dari properti yang disewakan hingga yang dijual, dari rumah tinggal hingga villa yang menunjukkan bahwa Denpasar paling diminati oleh para pemburu investasi properti maupun pengembang.

Pembangunan Infrastruktur Denpasar Dengan Menjaga Etika Lingkungan

Denpasar menjadi salah satu kota berbasis budaya yang dicanangkan sejak tahun 2000-an (denpasarkota.go.id)

Denpasar menjadi salah satu kota berbasis budaya yang dicanangkan sejak tahun 2000-an (denpasarkota.go.id)

Sejak pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati pada 2018 pasangan ini langsung tancap gas untuk menyiapkan sejumlah program. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur di kota ini yang berbasis budaya.

Pemerintah Provinsi Bali melakukan pembangunan yang tetap menjaga keseimbangan alam dan kebudayaan, dengan menerapkan manajemen risiko untuk menghindari dampak negatif terhadap alam di Bali. Sehingga pembangunan tersebut tetap menjaga keaslian alam dan budaya Bali.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Salah satu pembangunan infrastruktur tersebut adalah penyelesaian pembangunan shortcut titik 3-4 dan titik 5-6 di jalur utama Denpasar – Singaraja via Bedugul. Setelah empat titik shortcut tersebut rampung per Desember 2019, akan dilanjutkan dengan pembangunan shortcut titik 7-8 dan titik 9-10 di jalur utama Denpasar – Singaraja.

Pembangunan infrastruktur jalan ini menjadi pemecah masalah di jalur Denpasar – Singaraja. Pasalnya di jalur ini rawan terjadi kecelakaan dan membuat para pengendara tidak nyaman. Pemerintah Provinsi Bali juga berencana membangun jalur kereta api dari Bandara Internasional Ngurah Rai Tuban – Sanur – Mengwitani.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Selain pembangunan jalan dan jalur kereta api bandara, Pemerintah Provinsi Bali juga sedang dalam tahapan pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas (Denpasar Selatan – Klungkung – Nusa Ceningan). Rencananya proyek ini akan selesai pada 2021 dan pelabuhan ini akan menjadi Bali Maritime Tourism Hub.

Semua pembangunan infrastruktur ini dilakukan dalam rangka meningkatkan daya tarik kota Denpasar di mata para investor maupun para pencari hunian, serta wisatawan domestik dan internasional. Selain itu, pemerintah juga mendukung kehadiran pembangunan properti yang ramah lingkungan dengan berbasis budaya yang tetap menjaga akar nenek moyang Bali.

Salah satu upaya dalam menjaga alam dan kelestariannya adalah dengan kebijakan pembatasan sampah plastik sekali pakai, hingga pengelolaan sampah berbasis sumber dengan kehadiran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Suwung, Denpasar Selatan.

Dari hal tersebut di atas dapat dirangkum bahwa perkembangan kota Denpasar sebagai kawasan properti cukup signifikan. Dari pembangunan berbagai infrastruktur yang mumpuni hingga kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor maupun pengembang properti.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah