Dibandingkan 34 provinsi lainnya di Indonesia, Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu sekitar 43.053.732 jiwa dari hasil sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2017.

Walaupun memiliki jumlah penduduk terbanyak, namun Jawa Barat merupakan provinsi yang cukup sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan, serta memiliki sangat banyak daerah wisata karena juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan Samudera Hindia.

Pesona Jawa Barat banyak dilirik dan menjadi area berkembangnya berbagai sektor usaha, baik industri maupun sebagai kawasan hunian. Jarak yang termasuk dekat dengan ibukota Indonesia, yaitu DKI Jakarta pun menjadi salah satu alasan banyaknya perumahan baru dibangun di Jawa Barat .  

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Keunggulan Jawa Barat Dalam Pembangunan Infrastruktur

Potensi Jawa Barat tak hanya dilirik oleh para pencari kerja, namun juga oleh para investor asing. (republika.co.id)

Potensi Jawa Barat tak hanya dilirik oleh para pencari kerja, namun juga oleh para investor asing. (republika.co.id)

Pesatnya perkembangan di provinsi Jawa Barat sejalan dengan tingkat perekonomian yang semakin baik serta infrastruktur di kawasan Jawa Barat yang terus ditingkatkan. Banyaknya mega proyek serta kawasan industri yang menjamur menjadi daya tarik bagi para pencari kerja dari luar Jawa Barat.

Melihat potensi Jawa Barat, pemerintah pun terus merencanakan program serta membangun berbagai sarana dan pra sarana terkait dengan ‘hidupnya’ kawasan ini. Tentunya berbagai kemudahan dan fasilitas membuat perantau pun terus berdatangan.

Potensi Jawa Barat tak hanya dilirik oleh para pencari kerja, namun juga oleh para investor asing. Ketertarikan para investor asing akan Jawa Barat dikarenakan infrastrukturnya sangat baik, dekat dengan Jakarta, dan juga konsumennya dinilai atraktif.

Berbagai pembangunan Tol dan Jalan Lintas Cepat dilakukan sebagai penghubung antar kota sehingga mobilitas yang dilakukan di Jawa Barat menjadi mudah. Dan padatnya transportasi di Kota Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat akan segera terpecahkan dengan adanya pembangunan Monorel Metropolitan Bandung Raya sejak 2014 hingga 2025 nanti.     

Kami yakin semua bisa punya rumah. Simak panduan beli rumah untuk pekerja dengan gaji di bawah 4 juta.

Destinasi Wisata Di Jawa Barat

Danau Kawah Putih di Ciwidey, Bandung sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat. (alampriangan.com)

Danau Kawah Putih di Ciwidey, Bandung sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat. (alampriangan.com)

Keunggulan Jawa Barat tak hanya sekadar dalam sektor perekonomiannya saja. Dengan letak geografis yang strategis, ternyata banyak sekali tempat wisata yang indah. Hal ini menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu destinasi wisata Dunia yang memikat.

Berbagai atraksi alam seakan disuguhkan tanpa batas di Jawa Barat. Ingin melihat keajaiban di depan mata, Anda bisa menyaksikan Danau Kawah Putih di Ciwidey, Jawa Barat. Di mana pasir berwarna putih serta warna air danau yang putih, yang terkadang bisa berubah warna sesuai perubahan kandungan belerang karena unsur suhu dan cuaca.

Jawa Barat juga menjadi surga bagi para surfer. Pantai Pangandaran menjadi salah satu obyek wisata populer, dengan Green Canyon yang sangat terkenal. Masih banyak lagi tempat wisata yang indah di Jawa Barat, yang menjadi destinasi wisata lokal bagi penduduk Jawa Barat dan sekitarnya.

Mau punya hunian baru di Jawa Barat? Berikut kami sajikan tips memilih lokasi tempat tinggal yang tepat.

Berkembangnya berbagai sektor turut menjadikan Kabupaten Majalengka sebagai tempat di mana Bandara Internasional Kertajati dan Aerocity dibangun. Hal ini tentunya akan memudahkan fasilitas transportasi di Jawa Barat yang kian melaju.

Bandung Sebagai Ibukota Jawa Barat

 Kesejukan Kota Bandung, Jawa Barat hingga kini masih memikat. (nasional.tempo.co)

Kesejukan Kota Bandung, Jawa Barat hingga kini masih memikat. (nasional.tempo.co)

Dengan tata kota yang indah, Jawa Barat memberikan banyak pilihan sebagai tempat hunian yang potensial dengan harga yang masih terjangkau. Mau rumah di pinggiran kota hingga unit apartemen mewah di kota-kota utama di Jawa Barat bisa dijadikan pilihan.

Mari kita mulai dengan ibukota Jawa Barat yaitu Bandung. Kota romantis yang disebut juga sebagai Paris van Java ini dahulu pernah dinobatkan sebagai kota paling aman di dunia versi majalah Time pada tahun 1990.

Mau punya hunian sekaligus investasi di Bandung? Cek review properti pilihan huniannya di sini! 

Kesejukan Kota Bandung, Jawa Barat hingga kini masih memikat. Keramahan masyarakat Bandung membuat siapa pun merasa betah, apalagi dengan menjamurnya berbagai jenis kuliner yang selalu membawa tren, digemari, dan menjadi oleh-oleh kuliner Jawa Barat terkini.

Bandung juga menjadi kota paling kreatif, hal ini dilihat dari banyaknya sektor industri mulai dari kecil hingga besar bermula di ibukota Jawa Barat ini. Di Bandung pun memiliki banyak universitas terkemuka, di antaranya ITB, UNPAD, UNPAR, TELKOM, UPI Bandung, dan sebagainya.

Kota Bandung yang juga terkenal akan hasil tekstil serta produksi pakaian yang massal dengan harga relatif murah bahkan sudah terkenal hingga seantero Asia. Menjamurnya Factory Outlet (FO) terbanyak di Jawa Barat ini hingga kini menjadi destinasi belanja sudah tak diragukan lagi kualitasnya.

Cimahi, Kota Di Jawa Barat Yang Dekat Dengan Bandung

Berkembangnya Cimahi membuat kebutuhan akan hunian di kota ini semakin meningkat. (jabarnews.com)

Berkembangnya Cimahi membuat kebutuhan akan hunian di kota ini semakin meningkat. (jabarnews.com)

Bergeser sedikit keluar area Kota Bandung, ada Kota Cimahi, yang terletak di tengah-tengah antara Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Kota Cimahi, Jawa Barat ini tergolong unik, karena penduduknya sangat majemuk.

Berkembangnya kota ini membuat kebutuhan akan hunian semakin meningkat. Hal ini yang membuat Cimahi banyak dibangun perumahan baru. Apalagi jaraknya dari Kota Bandung pun relatif dekat, hanya menempuh waktu sekitar 22 menit melalui jalan tol Pasteur.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 400 jutaan di Cimahi? Cek aneka pilihan huniannya di sini! 

Kota Cimahi mendapat julukan Kota Tentara, dan menjadi destinasi wisata sejarah militer dikarenakan banyaknya pusat pendidikan dan pelatihan untuk tentara. Salah satu kota di Jawa Barat ini dapat dijadikan tujuan hunian bagi anda yang ingin dekat dengan Kota Bandung.

Bogor, Jawa Barat Diminati Karena Dekat Dengan Jakarta

Bogor juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak lokasi wisata. (bisniswisata.co.id)

Bogor juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak lokasi wisata. (bisniswisata.co.id)

Salah satu kota selain Bandung yang juga sangat terkenal di Jawa Barat adalah Bogor. Banyak sekali perumahan baru yang dibangun di Kota Hujan tersebut. Apa saja sih yang membuat kota ini begitu menarik?

Ternyata letaknya yang dekat dengan Kota Jakarta membuat banyak orang mencari alternatif hunian di kawasan yang sejuk ini. Jarak JakartaBogor 54 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 1-2 jam saja melalui akses Tol Jagorawi.

Bagi yang belum memiliki kendaran tidak perlu khawatir, karena Bogor memiliki akses transportasi yang sangat lengkap. Mungkin satu-satunya kota di Jawa Barat yang terlengkap. Tak hanya angkot di dalam kota, juga ada bus antar kota, dan KRL (Kereta Rel Listrik).

Selain itu, saat ini sedang dibangun jalur Light Rail Train (LRT) yang akan melewati BogorBogor, Bekasi, ke area Jakarta dari arah Cibubur yang kemudian menuju Cawang serta pusat Kota Jakarta. LRT memiliki kecepatan lebih cepat dibanding KRL.

Sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang terletak di ketinggian sekitar 190 meter di atas permukaan laut, udara di Kota Bogor sangat sejuk. Nyaris tidak ada polusi karena banyak tanaman hijau dan rindang. Jangan lupa, Bogor memiliki Kebon Raya yang dipenuhi berbagai varietas pepohonan yang sangat lengkap dan unik.

Karena berada di pegunungan, tentu saja itu menjadikan air di Bogor sangat bersih. Sumber air untuk area Jawa Barat banyak berasal dari pegunungan di daerah ini. Dan karena letaknya di permukaan tinggi pulalah yang membuat Kota Bogor bebas banjir.

Untuk kawasan huniannya pun terbilang lebih murah dibandingkan dengan hunian di Jakarta. Masih banyak perumahan baru di Bogor yang kisaran harganya Rp 300.000.000, dengan luas tanah sekitar 100 m2.

Ingin punya rumah di Bogor? Kami hadirkan 10 Perumahan dengan harga terjangkau di Bogor melalui informasi berita panduan properti hanya di Rumah.com

Bogor juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak lokasi wisata. Selain Kebon Raya Bogor, ada pula Taman Wisata Alam Gunung Pancar,  Taman Bunga Nusantara, Taman Safari Indonesia, Jungle Land Adventure Theme Park, hingga banyaknya air terjun atau curug yang indah.

Ketika Depok Menjadi Salah Satu Kota Di Jawa Barat

Dahulu Depok adalah kecamatan, namun mendapat status sebagai kota pada tahun 1999. (histori.id)

Dahulu Depok adalah kecamatan, namun mendapat status sebagai kota pada tahun 1999. (histori.id)

Kota lain di Provinsi Jawa Barat yang juga banyak diminati sebagai tempat tinggal yang nyaman adalah Kota Depok. Dahulu Depok adalah kecamatan, namun mendapat status sebagai kota pada tahun 1999.

Kota ini terletak di selatan Jakarta, yaitu di antara Jakarta dan Bogor. Nama Depok sendiri asli pemberian orang pribumi. Pada masa Kerajaan Pajajaran, masyarakat menyebut wilayah Depok dengan deprok atau duduk santai.

Penamaan tersebut tidak terlepas dari perjalanan Prabu Siliwangi yang singgah di kawasan Beji. Keindahan dan keasrian Depok pada saat itu membuat Prabu Siliwangi mendeprok di kawasan yang tak jauh dari Sungai Ciliwung.

Ingin punya rumah sendiri? Depok bisa menjadi pilihan hunian yang tepat. Intip pilihan perumahan yang dijual di Depok, bahkan ada yang di bawah 200 juta!

Kota Depok yang memiliki luas wilayah 200,29 km2 ini terdiri dari 11 kecamatan dan 63 kelurahan. Dari hasil sensus pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 1.8089.120 jiwa. Sehingga kota di Jawa Barat ini memiliki berbagai fasilitas yang baik di antaranya untuk sektor pendidikan dan kesehatan.

Bayangkan saja, Depok memiliki sekitar 1.793 sekolah dengan 41.577 tenaga pengajar. Terdapat beberapa Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Islam Internasional Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, dan masih banyak lagi.

Hingga kini Kota Depok yang dijuluki Kota Petir, karena satu-satunya kota di dunia yang sering terdapat petir, bahkan petir paling berbahaya di dunia, ini menurut data dari Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok tahun 2020 memiliki sekitar 520 perumahan yang tersebar.

Tak heran pembangunan fasilitas kesehatan di Kota Depok ini sejalan dengan pertumbuhan kawasan pemukimannya. Rumah sakit besar tersebar di area Depok, sebut saja RSUD Depok, RSUD Depok Timur, RS Hermina Depok, RS Bhayangkara Brimob,  RS Puri Cinere, RS Mitra keluarga, RS Jantung Diagram Cinere, RSIA Tumbuh Kembang, RSIA Brawijaya Sawangan, RSIA Graha Permata Ibu, dan masih banyak lainnya.

Karawang Sebagai Kawasan Industri Di Jawa Barat

Letak Karawang cukup strategis, dilewati berbagai akses yang menghubungkan beberapa wilayah di Jawa Barat. (wisatapro.com)

Letak Karawang cukup strategis, dilewati berbagai akses yang menghubungkan beberapa wilayah di Jawa Barat. (wisatapro.com)

Menengok kawasan industri yang dibanjiri proyek-proyek besar, salah satu kabupaten di Jawa Barat yang satu ini juga banyak dilirik oleh pengumpul pundi-pundi uang. Adalah Kabupaten Karawang, yang berada di jalur pantura. Kabupaten Karawang dilintasi ruas Jalan Tol JakartaCikampek, Jalan Tol Cipularang, dan Jalan Tol Cipali.

Letaknya cukup strategis, dilewati berbagai akses yang menghubungkan beberapa wilayah di Jawa Barat. Hal ini membuat maraknya pembangunan perumahan di kawasan ini. Salah satu kecamatan yang berada di Karawang, yaitu Cikampek bahkan memiliki stasiun kereta api yang merupakan pertemuan dua jalur utama dari Bandung dan dari Cirebon menuju Jakarta.  

Pada tahun 2012-an Karawang sedang dibanjiri proyek-proyek besar yaitu Summarecon, Agung Podomoro, Agung Sedayu, Metland dan lain-lain. Rencananya Karawang akan memiliki bandara internasional, kereta cepat yang berada di selatan Karawang, dan Pelabuhan Cilamaya yang akan dibangun dan menjadi pusat perekonomian yang baru.

Kabupaten Karawang merupakan lokasi dari beberapa kawasan industri, antara lain Karawang International Industry City (KIIC), Kawasan Surya Cipta, Kawasan Bukit Indah City (BIC) di jalur Cikampek (Karawang).

Salah satu industri strategis milik negara juga memiliki fasilitasnya di deretan kawasan industri tersebut, yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Yang mencetak uang kertas, uang logam, maupun dokumen-dokumen berharga seperti paspor, pita cukai, meterai dan lain sebagainya.

Kota yang terkenal sebagai lumbung padi Jawa Barat ini memiliki beberapa obyek wisata yang tak kalah menarik. Sebut saja Bendungan Walahar, Pantai tanjung Pakis, Curug Bandung, Curug igeuntis, Pantai Samudra Baru, Pantai Tanjung Baru, Danau Cipule, Candi Jiwa, Rumah Rengasdengklok, Monumen Rawa Gede, dan petilasan Jaka Tingkir.

Cirebon, Kota Di Jawa Barat Yang Berada Di Pantura 

Lokasinya yang strategis ini membuat Cirebon menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.  (traveloka.com)

Lokasinya yang strategis ini membuat Cirebon menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.  (traveloka.com)

Salah satu kota di Jawa Barat yang juga berkembang adalah Kota Cirebon. Letaknya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa, yang dikenal dengan jalur pantura menghubungkan JakartaCirebonSemarangSurabaya. Kota Cirebon dapat ditempuh melalui jalan darat sejauh 130 km dari arah Kota Bandung dan 258 km dari arah Kota Jakarta.

Lokasinya yang strategis ini membuat Cirebon menjadi simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Semua jenis transportasi itu baik transportasi darat, laut, dan udara saling berintegrasi mendukung pembangunan di Kota Cirebon.

Akses untuk bepergian ke berbagai daerah di Jawa Barat juga Jawa Tengah cukup mudah, karena Cirebon memiliki dua stasiun kereta api, yaitu Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Prujakan. Cirebon juga memiliki terminal angkutan darat, salah satunya Terminal Besar Harjamukti di jalan By Pass Kota Cirebon.  

Perekonomian dan industri di Cirebon cukup menjanjikan. Selain akses mudah dengan kereta dan angkutan darat, untuk mendukung distribusi hasil bumi, terdapat Pelabuhan Cirebon yang hanya digunakan untuk mengangkut batu bara dan kebutuhan pokok dari dan ke pulau-pulau lain di Indonesia.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Keindahan Cirebon sebagai hunian tak hanya terlepas dari letaknya yang berada di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah saja. Unsur budaya yang kuat menjadikan kota ini kaya akan destinasi wisata, juga kuliner yang nikmat.

Tak akan pernah bosan rasanya tinggal di Kota Cirebon. Di Kota Udang ini, terdapat Keraton Kasepuhan dan keraton Kanoman dengan arsitektur yang indah, yang memiliki gabungan dari elemen Kebudayaan Islam, Tiongkok, dan Belanda.

Ciri khas bangunan keraton selalu menghadap ke utara, serta ada sebuah masjid di dekatnya. Setiap keraton memiliki alun-alun sebagai tempat berkumpul, pasar, serta ditandai dengan patung macan yang berada di taman atau halaman depan sebagai pelambang dari Prabu Siliwangi, tokoh sentral dari terbentuknya kerajaan Cirebon.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat, di Kota Cirebon Anda bisa mengetahui tentang sejarah dan kejayaan kerajaan Islam Nusantara, juga kisah para wali. Komplek Makam Sunan Gunung Jati di Gunung Sembung terletak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Cirebon.

Salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di Jawa Barat juga terletak di Kota Cirebon. Taman Air Sunyaragi, dengan teknologi pengaliran air yang canggih pada masanya. Di mana air mengalir di antara teras-teras tempat para putri raja bersolek. Bahkan pintu kamarnya pun sangat istimewa, karena terbuat dari tirai air.

Pesona Kota Cirebon yang lainnya tentu saja kuliner yang khas, mulai dari Tahu Gejrot, Empal Gentong, Sega Jamblang, Sega lengko, Bubur Ayam Cirebon, Sate Beber, Mi Koclok, Ketoprak Cirebon, Docang, Kerupuk Melarat, dan masih banyak lagi lainnya.

Sisi Lain Tasikmalaya, Kota Di Jawa Barat Yang Menyimpan Potensi

Tasikmalaya, Kota Di Jawa Barat Yang Menjanjikan

Jangan khawatir jika ingin menetap di Tasikmalaya, karena kota ini merupakan pusat pendidikan ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor. (id.wikipedia.org)

Jangan khawatir jika ingin menetap di Tasikmalaya, karena kota ini merupakan pusat pendidikan ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor. (id.wikipedia.org)

Salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat lainnya yang memiliki perkembangan cukup pesat adalah Kota Tasikmalaya. Terletak di jalur utama selatan Pulau Jawa, Tasikmalaya berada persis di tengah-tengah jantung bumi Priangan Timur dan Selatan.

Kota ini diapit oleh Ciamis, dengan obyek wisata Pangandaran yang sangat melegenda, Sumedang dengan obyek wisata museum yang menyimpan sejarah perkembangan Bumi Priangan, dan Garut dengan obyek wisata Cipanas-nya yang terkenal.

Posisi strategis Tasikmalaya menjadikan kota ini sebagai Pusat MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) terbesar di Jawa Barat setelah Kota Bandung dan Kota Bogor. Tasikmalaya seakan menjadi tempat yang tepat untuk memulai aktivitas bagi para pelaku bisnis, wisata, industri, juga pendidikan.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Jangan khawatir jika ingin menetap di Tasikmalaya, karena kota ini merupakan pusat pendidikan ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor. Banyaknya institusi pendidikan akan membuat anak-anak untuk memperoleh pendidikan yang baik tanpa harus jauh-jauh sekolah ke luar kota.

Di Tasikmalaya berdiri Universitas Negeri Siliwangi yang merupakan Universitas terbesar di wilayah Priangan Timur dan Selatan, cabang UPI Bandung juga berada di kota ini, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya, serta puluhan sekolah dan perguruan tinggi lainnya.

Kota Tasikmalaya disebut juga Mutiara dari Priangan Timur, kini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi investasi properti. Selain menjadi pusat bisnis, berbagai obyek wisata juga ada bahkan kota ini memiliki ajang kegiatan kebudayaan besar yaitu Tasikmalaya October Festival (TOF).

Dengan terus bertambahnya jumlah penduduk tentunya kebutuhan akan tempat tinggal terus meningkat. Dan di kawasan ini, harga rumah dan tanah masih relatif terjangkau, yaitu berada di kisaran harga Rp 200 juta hingga Rp 300 juta untuk rumah dengan luas tanah 72 m2.

Provinsi Jawa Barat Yang Menjanjikan

Masih ada banyak kota dan kabupaten di Jawa Barat yang menawarkan banyak peluang serta nyaman untuk dijadikan hunian. (fokusjabar.id)

Masih ada banyak kota dan kabupaten di Jawa Barat yang menawarkan banyak peluang serta nyaman untuk dijadikan hunian. (fokusjabar.id)

Masih ada banyak kota dan kabupaten di Jawa Barat yang menawarkan banyak peluang serta nyaman untuk dijadikan hunian, misalnya Sukabumi, Sumedang, Kuningan, Garut, Purwakarta, Cianjur, Pangandaran, Indramayu, Ciamis, Subang.

Telusuri terus setiap berita perkembangan dan berbagai keunggulan Jawa Barat melalui situs properti Rumah.com. Kami akan terus menghadirkan informasi terbaru seputar properti, harga tanah, dan informasi terkait properti lainnya. (Meta Oepadi)

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.