Banten

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Banten, sebuah provinsi yang sebelumnya pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat yang mengalami pemekaran wilayah pada tahun 2000. Provinsi yang posisinya berada paling barat di pulau Jawa ini terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Dan berikut adalah kota-kota dan kabupaten yang menjadi bagian atau masuk wilayah yang beribukotakan Kota Serang ini, seperti: Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Secara ekonomi, provinsi yang luas wilayahnya 9.662,92 Km2 ini juga memiliki banyak kawasan industri yang tersebar di sejumlah kawasannya. Selain itu kawasan yang jalur lautnya potensial berkat lokasinya yang strategis di Selat sunda ini juga memiliki beberapa pelabuhan laut. Pelabuhan ini dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut Tanjung Priok di Jakarta. Terpenting, pelabuhan ini ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Meski demikian, luas wilayah provinsi ini memang terhitung kecil jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Dengan luas 9.662,92 kilometer persegi atau sekitar 0,51 persen dari luas daratan Indonesia, Banten merupakan provinsi terkecil kelima setelah Kepulauan Riau (0,43 persen), Bali (0,30 persen), DI Yogyakarta (0,16 persen), dan DKI Jakarta (0,03 persen). Populasi penduduknya mencapai 12,62 juta jiwa (BPS 2019).

Di sisi lain, jika mengacu letak geografis dan pemerintahannya, maka beberapa wilayah di Banten seperti Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, atau yang dikenal juga sebagai kawasan Tangerang Raya, menjadi wilayah-wilayah penting penyangga Jakarta. Tak heran jika beberapa kawasan di wilayah ini seperti Bintaro, Serpong, Karawaci, hingga BSD City jadi kawasan hunian favorit.

Tak heran meski wilayahnya tak seberapa luas jika dibandingkan provinsi lainnya, populasi penduduk Banten yang tercatat 12,9 juta pada 2019 menjadi terbanyak kelima di Indonesia, setelah Jawa Barat (49,3 juta), Jawa Timur (39,7), Jawa Tengah (34,7 juta) dan Sumatera Utara (14,6 juta). Dibanding empat provinsi tersebut, tingkat pertumbuhan penduduk di wilayah ini termasuk tertinggi di Indonesia. Akibatnya, proporsi penduduk Banten terhadap total penduduk Indonesia meningkat dari 4,48 persen pada tahun 2000 menjadi 4,82 persen pada tahun 2019.

Baca Selengkapnya
4
Kota
4
Kabupaten
154
Kecamatan

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Serang, Banten, Indonesia

Baca lebih lanjut Banten

Simak lebih lanjut wilayah Banten

Properti dijual di Banten

Properti disewakan di Banten

Masukan