Area paling favorit di Banten sangat beragam, mulai dari Tangerang Selatan, Tangerang Kota, maupun Kabupaten Tangerang. Banten kini jadi buruan lantaran kondisi wilayahnya yang cukup maju signifikan. Sebut saja salah satunya karena ketersediaan infrastruktur memadai, yang memudahkan warga Banten dalam beraktivitas sehari-hari.

Berbicara tentang infrastruktur, sejak lama yang bisa dinikmati masyarakat diantaranya Kereta Rel Listrik (KRL) yang menghubungkan beberapa wilayah Banten dengan Ibukota dan wilayah penyangga lainnya. Selain itu terdapat pula Tol Kunciran – Serpong yang merupakan bagian dari jaringan JORR 2, serta menghubungkan Bandara Soekarno – Hatta hingga Cibitung. Diresmikan pada awal Desember 2019, jaringan jalan tol ini berfungsi memecah lalu lintas yang saat ini menumpuk di dalam kota Jakarta, maupun di JORR.

Jalan tol lain yang selalu dilintasi warga untuk beraktivitas adalah Tol Jakarta – Tangerang  yang menghubungkan Jakarta dan Kota Tangerang. Jalan tol ini mempunyai 11 gerbang tol yang terdiri dari Tomang, Kebon Jeruk, Meruya, Meruya Utara, Kembangan Selatan, Karang Tengah Barat, Kunciran, TangerangKarawaci, dan Bitung. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta – Merak.

Kehadiran jalur lintas KRL dan jalan tol inilah yang meningkatkan daya tarik Banten sebagai kawasan hunian idaman. Kehadiran infrastruktur kawasan yang semakin pesat dinilai ikut mendongkrak nilai wilayah itu sendiri. Faktanya, beberapa kawasan di Banten  mengalami kenaikan drastis dari nilai tanah hingga properti imbas dari berkembangnya infrastruktur. Sebut saja diantaranya wilayah BSD, Alam Sutera, SerpongBintaro dan Cisauk yang menjadi kawasan hunian idaman para pencari hunian.

10 Area Paling Favorit di Banten Sepanjang 2020

Area paling favorit di Banten pada posisi pertama ditempati Gading Serpong, sementara Karawaci menempati urutan kesepuluh.

Area paling favorit di Banten pada posisi pertama ditempati Gading Serpong, sementara Karawaci menempati urutan kesepuluh.

Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) mencatat ada 10 area paling favorit di Banten sepanjang 2020. Pencarian tersebut tentunya berkaitan dengan lokasi tempat tinggal baik rumah maupun apartemen.

Pada posisi pertama, area paling favorit di Banten ditempati oleh Gading Serpong. Kondisi ekonomi yang membaik serta pembangunan kawasan yang terencana membuat Gading Serpong dan sekitarnya tumbuh menjadi kawasan hunian ideal. Terutama bagi mereka yang tak dapat menjangkau harga hunian di Jakarta namun menginginkan punya hunian yang didukung fasilitas dan infrastruktur yang lengkap.

Secara geografis, letak Gading Serpong benar-benar berada di tengah-tengah kawasan terpadu lainnya. Di timur ada Alam Sutera, di selatan terdapat BSD City, sementara di barat bersebelahan dengan Lippo Karawaci. Gading Serpong sendiri hanya berjarak sekitar 30km dari pusat bisnis Jakarta, dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan bukan hanya terhubung ke tol Jakarta-Merak tapi juga tol JORR.

Setelah Gading Serpong, ada Bintaro yang juga merupakan area paling favorit di Banten. Berdasarkan data tren pencarian properti di Rumah.com, Bintaro juga menjadi kawasan hunian di Tangerang Selatan  yang paling banyak dicari orang. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Bintaro.

Bisa dibilang Bintaro memiliki segalanya; fasilitas yang lengkap dan berkelas, lokasi yang strategis, serta infrastruktur yang lengkap untuk pekerja komuter ke tengah Jakarta. Kawasan ini bisa dijangkau baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Kelengkapan ini membuat pasar properti Bintaro selalu dinamis.

Cukup mengejutkan, Bumi Serpong Damai atau yang disingkat BSD justru berada di urutan ketiga dari daftar area paling favorit di Banten. BSD City merupakan proyek kota terencana dengan total luas lahan terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 6.000 hektar.

Dalam total luas lahan yang maha luas ini, BSD City membagi tiga tahap pembangunan dari total luas lahan yang direncanakan. Tahap awal seluas 1.300 hektar. Tahap kedua akan dikembangkan seluas 2.400 hektaree dan sisanya seluas 2.300 hektar. BSD City memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, AEON Mall dan Teraskota.

Setelah tiga lokasi di atas, Pamulang berada di urutan keempat untuk area paling favorit di BantenPamulang yang berbatasan langsung dengan Jakarta, bisa diakses melalui ruas jalan Jalan Pajajaran – Ciputat Raya yang tersambung dengan Lebak Bulus – Pondok Indah – TB Simatupang. Mobilitas masyarakat di kawasan ini juga akan semakin mudah dengan adanya pengembangan proyek infrastruktur MRT, yang akan melalui rute Tangerang Selatan yang akan melewati Pamulang.

Tren harga properti di Pamulang tercatat meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), harga properti di kawasan ini terus naik sejak Q1 2017. Jika di Q1 2017 harga properti di kawasan ini tercatat di angka Rp7.812.500 per meter persegi, di Q4 2019 angkanya sudah naik menjadi Rp8.804.348 per meter persegi. Artinya terjadi kenaikan harga sekitar 12,6% dalam jangka waktu 3 tahun.

Selanjutnya di posisi kelima ada Alam Sutera. Kawasan kota terpadu ini mengombinasikan berbagai unsur penting dalam sebuah area yakni perumahan, apartemen, mal, dan superblock. Dari sisi investasi, rumah-rumah yang berada di kawasan Alam Sutera mampu meningkat 10%-20% per tahun. Harga tanah di sini pun sudah tinggi mencapai kisaran Rp19 jutaan per meter persegi. Bahkan harganya melambung setara dengan kawasan BSD City dan Gading Serpong.

Area Paling Favorit di Banten: Ciputat Sampai Karawaci

Ciputat menempati urutan selanjutnya terkait area paling favorit di Banten. Kendati belum sefavorit kawasan lain di Tangerang Selatan seperti Bintaro, namun belakangan ini harga rumah di Ciputat kian menarik untuk diamati. Data Rumah.com Property Index mencatat pada Q1 2019, median harga rumah di Ciputat sudah berada di angka Rp13,86 juta per meter persegi. Harga tersebut mengalami kenaikan dinamis dibandingkan Q1 2018 yang mencatat median harga Rp13,33 juta per meter persegi.

Di urutan ketujuh ada Cipondoh yang juga masuk ke dalam area paling favorit di Banten. Cipondoh bahkan disebut salah satu dari 5 Area Paling Prospektif di Tangerang Raya 2021. Cipondoh meskipun tidak memiliki banyak fasilitas umum di dalamnya, namun berkat letaknya yang tepat bersebelahan dengan Jakarta Barat, penghuni di area ini sangat dimanjakan dengan beragam fasilitas umum seperti mal, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan kelas menengah atas di Jakarta Barat.

Apa saja pilihan hunian yang ditawarkan Kecamatan Cipondoh sebagai salah satu area paling prospektif di Tangerang Raya? Simak pilihannya di sini!

Tiga area paling favorit di Banten selanjutnya adalah Graha Raya, Serpong, dan Karawaci. Graha Raya sendiri merupakan area perumahan seluas 350 ha di Pondok Jagung, Serpong Utara, yang merupakan kompleks hunian garapan pengembang properti PT Jaya Real Property (JRP), Tbk.  Lokasi Graha Raya terletak di segitigas emas BintaroSerpongJakarta Barat, dengan aksesibilitas yang sangat baiknya. Letaknya diapit oleh dua proyek besar berfasilitas komplit, yaitu Bintaro Jaya dan Alam Sutera, sehingga kerap diandalkan sebagai akses penghubung menuju dua wilayah tersebut.

Sementara Serpong memiliki banyak pengembangan township seperti BSD City yang punya lahan seluas 6 ribu hektare, Summarecon Serpong seluas 800 hektare, Paramount Serpong 800 hektare, hingga Alam Sutera 1.000 hektare. Perkembangan  Serpong yang berjalan baik telah membuat daerah sekitarannya seperti PamulangCisauk, Gunung Sindur, Parung Panjang, dan beberapa daerah lainnya ikut terkerek nilai investasinya.

Menyoal Karawaci, kawasan ini punya perkembangan infrastruktur yang sangat pesat. Hal tersebut disinyalir imbas dari meluasnya pengembangan bisnis yang beralih ke koridor barat, yakni area Tangerang, yang otomatis turut mendongkrak pesona wilayah ini. Perkembangan Karawaci tak lepas dari kontribusi PT Lippo Karawaci Tbk yang merancang konsep terintegrasi antar kota. Hunian potensial terlebih dahulu dibangun, yang kemudian menyebabkan banyak masyarakat melirik kawasan ini dan menjadikannya tempat tinggal idaman.

Area Paling Favorit di Banten dalam Tren Pencarian Harga

Sebanyak 27% masyarakat mencari hunian dengan harga Rp300 juta sampai Rp750 juta di Banten. Sementara pencarian hunian di atas Rp4 miliar hanya 9%.

Sebanyak 27% masyarakat mencari hunian dengan harga Rp300 juta sampai Rp750 juta di Banten. Sementara pencarian hunian di atas Rp4 miliar hanya 9%.

Mencari hunian dengan harga bervariasi, mulai dari Rp300 juta sampai di atas Rp4 miliar, bukan perkara sulit jika disesuaikan dengan area paling favorit di Banten. Untuk mencari hunian dengan kisaran harga tersebut, pencari properti akan dihadapkan pada pilihan antara apartemen di lokasi cukup strategis atau rumah di lokasi yang sedikit lebih jauh.

Contohnya, untuk apartemen di kawasan Bintaro dan Ciputat umumnya menawarkan kedekatan dengan pusat bisnis maupun sarana transportasi massal. Sedangkan jika mencari rumah dengan harga Rp300 juta, opsinya berbatas pada Cipondoh dan Serpong . Pilihan rumah di Cipondoh dengan harga mulai Rp300 juta bisa klik di sini.

Bagi kaum muda dengan dana terbatas, pangsa pasar hunian dengan harga di bawah Rp750 juta tentu menjadi kriteria utama. Selain harga, kriteria lainnya adalah kedekatan dengan sarana transportasi umum seperti KRL. Sesuai prediksi Rumah.com Indonesia Property Market Outlook 2021, konektivitas dan harga masih menjadi daya tarik utama pasar properti di tahun 2021 nanti.

Jarak dengan pusat kota tidak lagi menjadi pertimbangan utama selama perjalanannya mudah ditempuh dan bebas macet. Itu sebabnya, kawasan-kawasan di sekitar kawasan hunian terpadu (planned community), jalan tol baru, dan jalur transportasi massal masih menjadi incaran konsumen properti.

Merujuk data Tren Pencarian Properti di atas, hunian dengan harga di bawah Rp300 juta justru menempati urutan ketiga dengan persentase sebanyak 15%. Masih lebih tinggi pencarian hunian kisaran Rp1,5 miliar sampai Rp4 miliar, dimana persentasenya mencapai 25%. Kondisi tersebut lantas menimbulkan pertanyaan, mengapa hunian harga miliaran lebih diminati masyarakat?

Besar kemungkinan kondisi tersebut terjadi lantaran pilihan properti berkualitas ditawarkan dengan kisaran harga demikian. Fakta tersebut diperkuat dengan area paling favorit di Banten pada posisi teratas yakni Gading Serpong dan Bintaro, yang mana menghadirkan ragam rumah tapak dengan rentang harga tersebut. Semakin menarik arsitektur dan fasilitas perumahannya, semakin kompetitif juga harga yang dipasarkan.

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah