Setelah sempat mengalami penurunan di kuartal kedua 2020, pasar properti nasional kini berangsur-angsur memasuki masa pemulihan. Sejumlah wilayah yang sempat mengalami penurunan dari sisi tren harga dan suplai, perlahan-lahan kini mulai bangkit.

RIPMI-H (harga) nasional pada kuartal ketiga (Q3) 2020 ini berada pada angka 111.2, naik 0,5% dibanding Q2 2020 (QoQ). Terjadinya peningkatan tren harga nasional secara kuartalan ini didorong naiknya indeks rumah tapak dan juga naiknya suplai properti di sejumlah wilayah kawasan pemukiman di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Timur.

Mau punya hunian dengan tiga kamar tidur yang harganya di bawah Rp700 jutaan di Tangerang Selatan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Bicara soal Banten, pertumbuhan pasar properti pada sejumlah wilayah huniannya memang terus positif sekalipun pandemi tak kunjung berakhir. Sebut saja Tangerang dan Tangerang Selatan yang punya kontribusi penting bagi pasar properti Banten. Bahkan kawasan hunian di Tangerang Selatan juga jadi kawasan yang paling banyak dicari para pencari properti.

Kawasan Hunian di Tangerang Selatan Memasuki Pemulihan

Kawasan Hunian di Tangerang Selatan Memasuki Pemulihan

Khusus Tangerang Selatan pertumbuhan yang sangat positif ini disebabkan oleh peningkatan suplai dan harga untuk tipe rumah tapak.

Berdasarkan temuan RIPMI Q4 2020 Ada tiga wilayah di Jabodetabek yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah pada kuartal sebelumnya mengalami koreksi. Dua wilayah tersebut berasal dari Banten seperti Tangerang dan Tangerang Selatan, dan satu wilayah lainnya adalah Jakarta Pusat.

Dan khusus Tangerang Selatan pertumbuhan yang sangat positif ini disebabkan oleh peningkatan suplai dan harga untuk tipe rumah tapak. RIPMI-H Tangerang Selatan berada pada angka 114 pada kuartal ketiga tahun ini, mengalami kenaikan sebesar 2% (QoQ).

Kenaikan tren indeks harga kawasan hunian di Tangerang Selatan sebesar 2% ini berasal dari naiknya angka indeks kawasan hunian di Tangerang Selatan pada Q3 2020 yang di angka 114. Sebelumnya, di Q2 2020 indeks harga kawasan hunian di Tangerang Selatan berada pada angka indeks 111,9.

Secara tahunan kawasan hunian di Tangerang Selatan juga mengalami kenaikan indeks tren harga. Indeks harga Tangerang Selatan di Q3 2020 yang di angka indeks 114 naik sebanyak 3% jika dibandingkan indeks harga di Q3 2019 yang hanya 110,7.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Sementara dari sisi tren suplai, Tangerang Selatan juga mengalami kenaikan baik secara kuartalan (QoQ) dan juga tahunan (YoY). Secara kuartalan kawasan hunian di Tangerang Selatan di Q3 2020 mengalami kenaikan sebanyak 12% (QoQ), sedang secara tahunan mengalami kenaikan sebanyak 51,3%.

Kawasan Hunian di Tangerang Selatan Paling Jadi Incaran

Kawasan Hunian di Tangerang Selatan Paling Jadi Incaran

Terdapat 5 kawasan hunian di Tangerang Selatan yang tercatat paling banyak dicari para pencari properti di sepanjang tahun 2020.

Dan sekalipun pandemi masih berlangsung, tren pencarian properti di platform Rumah.com tetap mengalami peningkatan. Begitupun dengan kawasan hunian di Tangerang Selatan yang tren pencariannya terus naik, baik secara kuartalan (QoQ) dan juga tahunan (YoY).

Tren pencarian properti di Tangerang Selatan secara kuartalan pada Q2 2020 tercatat ada di angka indeks 148. Kemudian di Q3 naik menjadi 212,9, atau naik sebanyak 44%. Secara tahunan, jika dibandingkan angka indeks Q3 2019 yang hanya 77,7 artinya juga terjadi kenaikan sebanyak 174%.

Adapun dari data pencarian ini terdapat 5 kawasan hunian di Tangerang Selatan yang tercatat paling banyak dicari para pencari properti di sepanjang tahun 2020. Kelima kawasan tersebut adalah:

  1. Bintaro
  2. BSD
  3. Pamulang
  4. Ciputat
  5. Serpong

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Bintaro

Berdasarkan data tren pencarian properti di Rumah.com, Bintaro menjadi kawasan hunian di Tangerang Selatan  yang paling banyak dicari orang dengan 347.027
pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Bintaro.

BSD

BSD menempati pencarian kawasan hunian di Tangerang Selatan tertinggi kedua di sepanjang tahun 2020 dengan 324.727 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan BSD.

Pamulang

Pada tempat ketiga terdapat Pamulang sebagai kawasan hunian di Tangerang Selatan paling dicari dengan jumlah pencarian sebanyak 230.811. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Pamulang.

Ciputat

Selanjutnya ada kawasan Ciputat yang masuk daftar kawasan hunian di Tangerang Selatan paling dicari dengan 185.212 pencarian. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Ciputat.

Serpong

Kawasan hunian di Tangerang Selatan paling dicari di tempat kelima adalah Serpong, yang mengantongi pencarian sebanyak 162.053 pencarian sepanjang tahun 2020. Klik di sini! untuk menemukan hunian idaman Anda di kawasan Serpong.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah