Mendengar nama Tangerang pasti yang terbayang orang adalah kawasan yang sarat dengan pabrik mengingat kawasan ini adalah pusat manufaktur dan industri di Pulau Jawa. Tapi bukan berarti kawasan isinya pabrik melulu karena ternyata ada banyak hal yang bikin Tangerang jadi kawasan hunian paling nyaman.

Tambah lagi kawasan ini juga merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar untuk wilayah Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi. Bahkan pada perkembangannya sekarang Tangerang merupakan kawasan hunian paling nyaman se-Jabodetabek.

Butuh informasi lengkap seputar perkembangan dan potensi kawasan lainnya? Simak info lengkapnya di AreaInsider.

Dan berikut adalah 7 fakta yang bikin Tangerang sebagai kawasan hunian paling nyaman se-Jabodetabek:

1. Tangerang Punya Bandara Internasional Soekarno-Hatta 

Tangerang Punya Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Bandara Internasional Soekarno Hatta melayani penerbangan domestik seperti ke Denpasar dan kota-kota lainnya juga penerbangan internasional rute Singapura, China, Sydney, Jeddah, Tokyo, dan lainnya.

Tangerang bukan cuma dikenal sebagai pusat manufaktur dan industri di Pulau Jawa, tapi juga punya Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berada di kecamatan Benda.

Bandara ini melayani penerbangan domestik seperti ke Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Denpasar dan kota-kota lainnya. Sedangkan penerbangan internasional melayani rute Singapura, Kuala Lumpur, China, Sydney, Jeddah, Madinah, Tokyo, dan lainnya. 

2. Tangerang Didukung Kemudahan Akses dan Sarana Transportasi

Tangerang Didukung Kemudahan Akses dan Sarana Transportasi

Jalan Tol Serpong-Balaraja merupakan sambungan dari Jalan Tol Ulujami-Serpong. Jalan tol ini Menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

Secara geografis kawasan ini sangat strategis dan dekat ke ibu kota Jakarta. Itu sebabnya daerah ini banyak dilirik kaum urban sebagai kawasan hunian, dekat ke Jakarta sebagai tempat kerja dengan harga rumah yang masih terjangkau.

Tersedia fasilitas penunjang angkutan massal seperti bus rapid transit (BRT), Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB), Trans Kota Tangerang, dan kereta api.

Keunggulan kawasan ini selain hanya dekat dari ibu kota juga didukung kemudahan akses dan banyaknya sarana transportasi massal. Jadi tertarik untuk membeli hunian atau investasi di kawasan ini? Simak aneka pilihan huniannya di sini!

Pembangunan infrastruktur kawasan ini juga terus dilakukan misalnya dengan memperbaiki akses jalan dan membuka jaringan jalan baru. Seperti pengembangan jaringan jalan untuk menghubungkan Kota Tangerang dengan DKI Jakarta dan dengan Tangerang Selatan.

Sebut saja seperti pembangunan jalan Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km yang merupakan bagian dari jaringan JORR 2 yang akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung. 

Jalan tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Jalan Tol Jakarta-Serpong, serta Jalan Tol SerpongCinere. Ada juga Jalan Tol Serpong-Balaraja yang merupakan sambungan dari Jalan Tol Ulujami-Serpong yang panjangnya kurang lebih 39,8 kilometer.

3. Tangerang Punya Banyak Sekolah dan Kampus Bagus

Tangerang Punya Banyak Sekolah dan Kampus Bagus

Terdapat Universitas Pelita Harapan (UPH), Prasetya MulyaPrasetya Mulya, Swiss-German University, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan lain-lain.

Untuk urusan pendidikan juga tak perlu kuatir karena di kawasan ini ada banyak sekolah dan kampus ternama. Sebut saja seperti Universitas Pelita Harapan (UPH), Prasetya MulyaPrasetya Mulya, Swiss-German University, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Surya University, University of Pramita Indonesia, Sekolah PaHoa, Sekolah Budi Luhur, SMK Bonavita dan masih banyak lainnya.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, KPR, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

4. Tangerang Punya Banyak Mall Keren

Tangerang Punya Banyak Mall Keren

Kawasan ini punya banyak mall yang tidak kalah kerennya dengan mall di Jakarta seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall (PIM), atau Senayan City.

Sebagai kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar untuk kawasan Jabodetabek, kawasan ini juga punya banyak mall yang tidak kalah kerennya dengan mall di Jakarta seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall (PIM), atau Senayan City.

Di pusat kotanya terdapat Tangerang City yang menjadi daya tarik kota dan tak jauh dari situ ada Bale Kota. Kemudian di wilayah Gading Serpong ada Summarecon Mall Serpong, Mal Alam Sutera, Living World, WTC Matahari, IKEA, BSD Plaza, dan Teras Kota di Alam Sutera dan BSD.

5. Tangerang Surga Bagi Pecinta Kuliner

Tangerang Surga Bagi Pecinta Kuliner

Dan kuliner yang paling terkenal dan fenomenal adalah kelezatan laksa kawasan ini, seperti Laksa Sari Soleh Ali dan Laksa Bihun Ci Ikim.

Bagi yang belum tahu, kawasan ini bisa dianggap isinya pabrik melulu. Padahal ada banyak tempat-tempat wisata kuliner Tangerang yang enak dan banyak diburu orang, dari warung makan hingga kafe kekinian.

Bagi Anda yang gemar seafood jelas wajib mengunjungi The Holy Crab Shack yang menyajikan menu kepiting berkualitas dengan rasa yang lezat yang berlokasi di Flavor Bliss. Untuk kawasan BSD terdapat Pasar Modern BSD City, sejumlah warung tenda makanan bisa dijadikan pilihan dengan menu yang beragam.

Di kawasan Pasar Lama juga ada banyak jajanan enak. Tapi yang paling terkenal dan fenomenal adalah kelezatan laksanya seperti Laksa Sari Soleh Ali dan Laksa Bihun Ci Ikim. Wajib coba!

6. Tangerang Kawasan Hunian yang Mulai Diburu Orang

Tangerang Kawasan Hunian yang Mulai Diburu Orang

Tak heran, banyak pengembang residensial ternama maupun lokal berebut membangun proyek di kawasan ini.

Ada banyak faktor yang membuat banyak orang mulai berburu hunian di kawasan ini, mulai dari jaraknya yang hanya selangkah dari ibu kota, fasilitas kawasan lengkap, akses mudah, dan yang terpenting harganya masih masuk akal dan juga terjangkau.

Tak heran, banyak pengembang residensial ternama maupun lokal berebut membangun proyek dengan jumlah pasokan unit yang banyak guna mengakomodir kebutuhan hunian masyarakat yang terus melonjak.

7. Tangerang Juga Punya Tanah Abang

Tangerang Juga Punya Tanah Abang

Pasar Cipadu yang tepatnya berada di Ciledug juga menjual bahan-bahan seperti kain dan produk tekstil lainnya.

Mau beli kain atau produk tekstil lainnya secara grosir ataupun eceran? Tidak perlu jauh-jauh ke Tanah Abang yang ada di Jakarta Pusat karena kawasan ini juga punya pasar “Tanah Abang” loh!

Ya, Pasar Cipadu yang tepatnya berada di Ciledug juga menjual bahan-bahan seperti kain dan produk tekstil lainnya dengan harga yang juga terjangkau, tidak kalah dari Tanah Abang.

Itulah 7 fakta yang bikin Tangerang sebagai kawasan hunian paling nyaman se-Jabodetabek. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah