Ciputat sebagai kawasan pemukiman mungkin memang belum setenar kawasan Bintaro atau Cinere, meski jaraknya sama-sama hanya sepelemparan batu dari Jakarta Selatan. Tapi tunggu sebentar lagi, derajat gengsi kawasan ini akan menjulang tinggi karena saat ini Ciputat tengah sibuk menata diri.

Ya, apalagi secara lokasi kawasan ini jauh lebih strategis jika dibandingkan Bintaro dan Cinere. Terletak di antara tiga provinsi Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta yang jaraknya hanya selangkah. Plus, merupakan kawasan permukiman yang sudah lama ada, sejak jaman penjajahan Belanda.

Saat ini kawasan yang berada persis di perbatasan Jakarta ini sudah banyak dikelilingi aneka fasilitas publik yang memanjakan penghuninya. Mulai dari sekolah unggulan, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sampai dengan objek wisata, semua ada di sini.

Sarana pendidikan bagi banyak orang tua merupakan hal yang sangat krusial. Dan kawasan ini punya sarana pendidikan yang lengkap mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, dari sekolah negeri hinga sekolah unggulan favorit.

Begitupun pusat perbelanjaan dan sarana kesehatan seperti RS Hermina Ciputat, lengkap tersedia baik di dalam kawasannya maupun area sekitar. Dengan modal dan potensi kawasan yang ada saat ini, plus arah kebijakan dan perencanaan yang matang dari pemerintah, maka mengangkat derajat Ciputat bukanlah mimpi.

Semua sangat mungkin terjadi, apalagi sejak mulai dioperasikannya MRT Jakarta tahap I rute Lebak Bulus – Bundaran HI, mata para pencari properti pun otomatis tertuju ke kawasan ini. Mengapa? Karena membuat penduduk yang tinggal di kawasan ini lebih cepat dan lebih mudah menjangkau pusat bisnis ibu kota.

Dan berikut adalah sejumlah fasilitas Ciputat yang membuat kawasan ini makin naik derajat:

  • UIN Syarif Hidayatullah

fasilitas ciputat teratas

UIN Syarif Hidayatullah menduduki peringkat 6 universitas di Indonesia versi Google Scholar Citations Juli 2016 dan universitas ini juga ranking pertama perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Ada banyak universitas di kawasan ini, tapi hanya satu yang berbadan hukum sebagai universitas negeri, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Lucunya meski berada di wilayah Ciputat tapi lebih sering dikenal dengan sebutan UIN Jakarta.

UIN Syarif Hidayatullah juga merupakan salah satu kampus favorit bagi para calon mahasiswa. Di antaranya karena menduduki peringkat 6 universitas di Indonesia versi Google Scholar Citations Juli 2016 dan universitas ini juga ranking pertama perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Yang perlu diketahui, UIN Syarif Hidayatullah tidak hanya concern pada fakultas keilmuan Islam semata. Sebut saja seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, fakultas Adab dan Humaniora, fakultas Usluhuddin dan Filsafat, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi, dan Fakultas Dirasat Islamiyah.

Selain itu juga ada fakultas keilmuan umum lainnya. Seperti Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

  • Menara Pandang

Jika Jakarta punya Monas, maka Ciputat akan punya Menara Pandang. Menara ini rencananya akan jadi semacam ikon titik nol untuk Tangerang Selatan (Tangsel). Ikon Tangsel setinggi 50 meter ini sudah termasuk cone-nya dan dibangun dalam 15 lantai.

Jadi dari menara yang terletak di Jalan Raya Maruga, Serua, Ciputat, yang rencananya akan selesai tahun 2019 ini, kita dapat melihat pemandangan yang mengarah langsung ke sekeliling Kota Tangsel.

Tertarik tinggal di kawasan yang hanya sepelemparan batu dari Lebak Bulus ini? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

  • Situ Gintung

fasilitas ciputat

Bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan irigasi semata, namun Situ Gintung telah dikembangkan sebagai tempat wisata yang asri dengan panorama danau yang indah.

Ingin lari dari kejenuhan dan kebisingan kehidupan kota? Tak perlu jauh-jauh, Ciputat punya Situ Gintung. Sebuah danau yang dibangun pada rentang tahun 1932-1933 yang masuk wilayah kecamatan Ciputat Timur.

Nah, sejak tahun 2008, danau seluas 21,4Ha ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan irigasi semata, namun telah dikembangkan sebagai tempat wisata yang asri dengan panorama danau yang indah. Terdapat penginapan dan juga rumah makan di sekitar danau.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah