Meski belum sefavorit kawasan Bintaro atau Cinere, namun belakangan ini harga rumah di Ciputat terus menggeliat. Ya, ada banyak hal yang membuat kawasan ini mulai dilirik para pencari properti. Apalagi jika bukan karena keunggulan lokasi dan fasilitas hunian di sekitar kawasannya?!

Harus diakui, kawasan ini sebenarnya memang jauh lebih strategis dibanding Bintaro dan Cinere. Keunggulannya, Ciputat berada di antara tiga provinsi: Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta yang jaraknya hanya selangkah. 

Tambah lagi Ciputat juga merupakan kawasan permukiman yang sudah jadi. Sudah lama ada, sejak jaman penjajahan Belanda. Dan paska beroperasinya MRT Jakarta tahap I rute Lebak Bulus – Bundaran HI, maka fokus para pencari properti pun otomatis melirik kawasan ini.

Data Rumah.com Property Index terkini mencatat bahwa pada kuartal pertama (Q1) tahun 2019 ini, median harga rumah di Ciputat sudah berada di angka Rp13,86 juta per meter persegi. Dan perlu diketahui bahwa sebelumnya median harga rumah di Ciputat pada Q1 2018 Rp13,33 juta per meter persegi.

Ya, sekalipun kawasan pemukiman ini sudah lama ada, sejak jaman penjajahan Belanda, tapi bagi sebagian pencari properti Ciputat dinilai sebagai area yang menarik. Meski terbilang padat penduduk, namun bila mempertimbangkan sisi prospektif masa depan maka wilayah ini tak bisa diabaikan.

Bukan hanya median harga rumah di Ciputat saja yang terus menggeliat, bahkan median harga apartemen pun ikut bergejolak. Kepada Rumah.com, Direktur Marketing apartemen Loftvilles City, Gidion Indrajaja, mengutarakan potensi gain untuk properti yang berlokasi di koridor Ciputat – Tangerang Selatan.

“Jangan kaget, pada Desember 2015 lalu apartemen kami di tipe studio harga perdananya hanya Rp155 juta. Saat ini, harga terbarunya untuk tipe yang sama sudah naik menjadi Rp300 juta. Atau bisa ditarik kesimpulan, kenaikan apartemen di sini berkisar 60% dalam waktu dua tahun,” jelasnya.

Sama seperti pergerakan median harga rumah di Ciputat, median harga apartemen di Ciputat juga tengah menggeliat. Berdasarkan data Rumah.com Property Index, kuartal pertama (Q1) tahun 2019 ini, median harga apartemen di Ciputat kini sudah menyentuh angka Rp18,75 juta per meter persegi.

harga rumah di Ciputat

Ada banyak aneka fasilitas publik yang tersebar di seantero kawasan ini. Mulai dari sekolah hingga universitas unggulan seperti UIN Syarif Hidayatullah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sampai dengan objek wisata.

Padahal berdasarkan catatan Rumah.com Property Index, di Q1 2017 median harganya Rp16,67 juta per meter persegi. Ya, ada banyak hal yang membuat pergerakan median harga rumah di Ciputat melesat begitu cepat.

Sebut saja dengan banyaknya aneka fasilitas publik yang tersebar di seantero kawasan ini. Mulai dari sekolah hingga universitas unggulan seperti UIN Syarif Hidayatullah, rumah sakit seperti RS Hermina Ciputat, pusat perbelanjaan, sampai dengan objek wisata.

Namun tak bisa dipungkiri, selain lokasi dan fasilitas kawasan, sejumlah proyek infrastruktur yang baru beroperasi dan akan rampung sebentar lagi juga jadi pendongkrak tingginya animo para pencari properti residensial.

Keberadaan MRT Jakarta tahap I rute Lebak Bulus – Bundaran HI yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (24/3) juga bisa dibilang sebagai pemicunya.

Jenis transportasi yang memang efektif untuk memangkas waktu tempuh dari ujung selatan Jakarta hingga ke jantung ibu kota di mana pusat bisnis berada ini memang menumbuhkan optimisme banyak orang, bahwa punya hunian di pinggiran Jakarta tetap bisa mudah beraktivitas ke pusat bisnis Jakarta.

Tambah, sebentar lagi Tol Serpong-Cinere yang sempat tertunda selama 10 tahun dan melintasi Ciputat ditargetkan rampung di tahun 2019 ini. Jalan tol sepanjang 10,14km ini melintasi sembilan kelurahan di Kota Tangerang Selatan yang sebagian besar masuk kawasan Ciputat.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah