Tidak sedikit orang yang menghendaki tinggal di Kawasan Tangerang Selatan. Selain mudah diakses dengan berbagai akses transportasi, Tangerang Selatan memiliki beragam pilihan fasilitas umum penunjang gaya hidup, seperti pusat perbelanjaan dengan skala internasional. Tak pelak, tren harga dan suplai perumahan di Tangerang Selatan punya catatan menarik untuk diamati.

Soal fasilitas gaya hidup di Tangerang Selatan atau yang akrab dipanggil Tangsel, sebut saja diantaranya AEON, Living World, Breeze Mall, atau Bintaro X-Change. Pusat perbelanjaan tersebut mengusung konsep modern dan inovatif dengan nuansa tematik mancanegara, sehingga tak pernah sepi disambangi masyarakat terutama kaum muda pada hari biasa maupun akhir pekan.

Lebih dari itu, Tangerang Selatan juga memesona untuk urusan wisata kuliner. Ada beberapa spot yang jadi favorit diantaranya Serpong, Pamulang dan Bintaro. Baik di ketiga lokasi ini, masyarakat bisa menjumpai sejumlah destinasi kuliner mulai dari kudapan manis, makanan yang kaya cita rasa pedas, hingga sederet kedai kopi untuk memanjakan aktivitas hang out.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah!

Tak heran bila tinggal di Tangerang Selatan kini sudah seperti tingggal di wilayah bergengsi. Salah satu indikator kemewahan juga terlihat dari tingginya harga properti di sana. Jika dirata-ratakan, harga hunian di sini sudah berkisar Rp12 juta sampai Rp20 juta per meter persegi.

Tingginya harga tersebut bisa dimaklumi jika berkaca pada posisi Tangsel yang berdampingan dengan Jakarta. Kawasan ini juga dilengkapi dengan tiga stasiun KRL yakni Pondok Ranji, Sudimara, dan Serpong. Selain itu, Tangsel juga sangat mudah diakses dari Ibukota melalui jalan tol.

Paling baru, nama Tangsel melejit imbas diresmikannya jalan tol Serpong – Cinere ruas Serpong – Pamulang oleh Presiden RI Joko Widodo. Keberadaan jalan tol ini diyakini mampu memperlancar arus distribusi masyarakat dan barang khususnya dari wilayah Jawa Barat hingga selatan Jakarta.

Kehadiran Tol Serpong – Cinere ruas Serpong – Pamulang dapat menjadi alternatif bagi masyarakat saat menuju Bandara Soekarno Hatta. Diprediksi, jika sebelumnya waktu tempuh Serpong – Pamulang membutuhkan perjalanan selama 30 menit, kini hanya menjadi 5 menit saja.

Indeks harga rumah di Tangerang Selatan terkini berada di angka 108.

Indeks harga rumah di Tangerang Selatan terkini berada di angka 108.

Boleh jadi kehadiran tol teranyar menyebabkan naiknya indeks harga rumah di Tangerang Selatan pada Q1 2021. Merujuk grafik Rumah.com Indonesia Property Market Index di atas, jika dibandingkan kuartal sebelumnya yakni Q4 2020, indeks harga rumah di Tangerang Selatan naik sebanyak 2,1 poin atau 2 persen secara Quarter on Quarter/QoQ.

Secara tahunan, indeks harga juga meningkat 2,9 persen pada Q1 2021. Dimana pada kuartal yang sama tahun sebelumnya atau Q1 2020, indeks berada di angka 105 dan naik menjadi 108 pada Q1 2021 (Year on Year/YoY).

Mau punya hunian dengan tiga kamar tidur yang harganya di bawah Rp700 jutaan di Tangerang Selatan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Tren suplai rumah di Tangerang Selatan mengalami peningkatan tajam oada Q1 2021.

Tren suplai rumah di Tangerang Selatan mengalami peningkatan tajam oada Q1 2021.

Beranjak ke sisi suplai, trennya juga mengalami catatan positif. Pada Q1 2021, indeks suplai rumah di Tangerang Selatan mencatatkan angka 191,3 atau naik 13,6 persen secara QoQ dibandingkan Q4 2020 yang menoreh indeks 168,5.

Menariknya, secara tahunan indeks suplai naik drastis sebanyak 90 persen. Pencapaian ini berangkat dari indeks suplai di Q1 2020 dengan angka 100,7 yang terkoreksi menjadi 191,3 di Q1 2020 (YoY). Lantas, apa yang menyebabkan suplai melonjak tajam dalam kurun waktu satu tahun?

Ditengarai kondisi DKI Jakarta yang semakin padat dengan segala macam kegiatan ekonominya dianggap sudah kurang ideal untuk hunian keluarga. Hiruk pikuk Jakarta serta kerasnya kehidupan di Ibukota dianggap sebagian orang bisa berdampak pada pembangunan karakter anak-anak usia dini.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Tak heran jika perkembangan hunian di kawasan Ibukota kini lebih menyasar para pekerja, seperti apartemen-apartemen yang ‘menjual’ kedekatan dengan pusat-pusat bisnis di Jakarta, atau rumah-rumah untuk keluarga yang telah mapan dengan anak usia remaja.

Akibatnya, sejumlah wilayah mulai muncul dengan tawaran lingkungan hunian yang lebih nyaman dan ‘ramah keluarga’, salah satunya Tangerang Selatan. Mengingat, Tangsel juga masih menympan lahan cukup luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas penunjang seperti taman hingga sarana rekreasi keluarga.

Di samping itu, harga perumahan di Tangerang Selatan terpantau relatif lebih rendah sehingga bisa dijangkau oleh keluarga baru yang tengah membangun kemapanan. Layaknya Ibukota, di Tangerang Selatan juga terdapat sejumlah lokasi hunian favorit diantaranya Bintaro, BSD, Pondok Cabe, Serpong hingga Pamulang. Tertarik untuk segera mencari perumahan di Tangerang Selatan?

Wajib Catat! 5 Perumahan di Tangerang Selatan Terfavorit

Wajib Catat! 5 Perumahan di Tangerang Selatan Terfavorit

Rumah.com merangkum ada lima perumahan di Tangerang Selatan yang punya angka pencarian tertinggi sepanjang satu tahun terakhir.

Saat mencari perumahan di Tangerang Selatan, masyarakat tentu akan dihadapkan dengan sekian banyak pilihan. Ada yang menawarkan keunggulan dari sisi fasilitas, harga kompetitif, maupun lokasi yang strategis. Namun Rumah.com menemukan ada lima perumahan di Tangerang Selatan yang paling banyak dicari orang selama Juni 2020 – Mei 2021.

1. Residence One

Berlokasi di Lengkong Gudang, Serpong, Residence One menjadi perumahan di Tangerang Selatan yang menempati urutan teratas dari pencarian dengan 0,79 persen. Harga rumah di sini dipasarkan mulai Rp950 juta untuk unit tipe 84m2. Sementara fasilitas perumahan mencakup sport club, jogging track, gym, serta minimarket.

 Jika tertarik punya hunian di salah satu Perumahan di Tangerang Selatan seperti Residence One, klik di sini untuk informasi selengkapnya!

2. Bintaro Jaya Sektor 9 – Taman Puri Bintaro

Di urutan kedua ada Taman Puri Bintaro yang berada di kompleks Bintaro Jaya Sektor 9. Persentase pencarian terhadap perumahan ini sebesar 0,70%. Di perumahan ini, harga rumah ditawarkan relatif premium yakni Rp2,3 miliaran untuk hunian seluas 110m2. Harga yang premium sepadan dengan lokasinya yang strategis, hanya 1,9km dari mal Bintaro Xchange.

Jika tertarik punya hunian di salah satu Perumahan di Tangerang Selatan seperti Taman Puri Bintaro, klik di sini untuk informasi selengkapnya!

3. Linaya Community Living

Terletak di Ciputat, Linaya Community Living bisa jadi jawaban bagi masyarakat yang menginginkan hunian dengan gaya compact kontemporer masa kini. Harga yang ditawarkan untuk unit dengan luas bangunan 62m2 ialah Rp1,8 miliar. Fasilitas yang dihadirkan di area perumahan meliputi kolam renang, community lounge dengan BBQ space, taman bermain anak, outdoor gym, serta jogging track.

Jika tertarik punya hunian di salah satu Perumahan di Tangerang Selatan seperti Linaya Community Living, klik di sini untuk informasi selengkapnya!

4. Golden Hills

Sedangkan Golden Hills yang berada di perbatasan Serpong dan Gunung Sindur menawarkan harga rumah lebih terjangkau yakni Rp500 jutaan. Harga tersebut dipatok untuk hunian dengan dua kamar tidur yang berdiri di atas bangunan 72m2. Berdasarkan maps, perumahan di Tangerang Selatan ini bisa dijangkau dalam jarak 6,7km dari Jalan Raya Parung.

Jika tertarik punya hunian di salah satu Perumahan di Tangerang Selatan seperti Golden Hills, klik di sini untuk informasi selengkapnya!

5. Bhuvana Residence

Bhuvana Residence merupakan perumahan yang terdiri dari 38 unit hunian di atas lahan seluas 3500m2. Fasilitas yang disediakan salah satu perumahan di Tangerang Selatan ini meliputi kolam renang, club house, CCTV, dan keamanan 24 jam. Uniknya, pengembang mengadopsi sistem cluster modern dengan jaringan kabel tanam dan saluran air got tertutup untuk perumahan.

Jika tertarik punya hunian di salah satu Perumahan di Tangerang Selatan seperti Bhuvana Residence, klik di sini untuk informasi selengkapnya!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah