Ciputat bagi para pencari properti yang jeli kini adalah kawasan seksi dengan potensi investasi tinggi. Ya, sekalipun bagi sebagian besar pencari properti gengsi kawasan hunian di Ciputat belum sekeren Bintaro atau Cinere. 

Ya, tambah lagi area hunian di Ciputat juga terbilang padat penduduk dan dikenal rawan macet. Maklum Ciputat adalah kawasan hunian lama yang ada sejak jaman kolonial Belanda. Namun jika mempertimbangkan sisi prospektif masa depan, potensi wilayah ini jelas tak bisa diabaikan.

Apalagi baru-baru ini sejumlah proyek infrastruktur banyak yang baru jadi dan juga tengah dirancang untuk kawasan ini. Yang mana ke depannya akan semakin mengukuhkan Ciputat sebagai area sunrise property.

Dan berikut adalah sejumlah proyek infrastruktur yang baru beroperasi dan akan rampung sebentar lagi yang akan membuat area hunian di Ciputat jadi kawasan hunian favorit baru. 

  • MRT Jakarta

MRT Jakarta yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (24/3), menandai lahirnya era baru untuk sarana transportasi massal modern di Indonesia. Untuk MRT tahap I ini rutenya adalah Stasiun Lebak Bulus hingga ke Stasiun Bunderan HI,

Terkait pengoperasiannya sejak 1 April lalu, menumbuhkan optimisme bahwa jenis transportasi ini efektif untuk memangkas waktu tempuh dari ujung selatan Jakarta hingga ke jantung ibu kota di mana pusat bisnis berada.

hunian di Ciputat dekat MRT Jakarta

Rencana selanjutnya jalur MRT juga akan diperpanjang sampai ke Tangerang Selatan (Tangsel).

Nah, Ciputat yang notabene hanya sepelemparan batu dari Stasiun MRT Lebak Bulus tentu juga sangat merasakan dampak positif keberadaan moda transportasi ini. Apalagi rencana selanjutnya jalur MRT juga akan diperpanjang sampai ke Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal ini seperti yang diungkapkan Direktur Keuangan PT MRT Jakarta, Tuhiyat, berdasarkan permintaan langsung Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. Dan untuk itu saat ini PT MRT Jakarta pun melakukan pra feasibility study atau studi kelayakan.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sendiri telah memberi usulan jalur mana yang akan dilewati untuk rute ini. Di dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), awalnya perpanjangan dimulai dari stasiun terakhir di Lebak Bulus hingga menuju ke Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Wali Kota Tangerang Selatan bahkan juga mengusulkan rutenya dibelokkan ke arah BSD atau Puspitek, sampai ke Rawa Buntu dan Tangerang Kota. Jadi jangan heran bila sebelum moda transportasi ini resmi dioperasikan banyak orang yang berburu hunian di  Ciputat dan sekitarnya.

Tertarik tinggal di kawasan yang dekat ke Stasiun MRT Lebak Bulus ini? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

  • Tol Serpong Cinere

Pembangunan jalan tol yang sempat tertunda selama 10 tahun ini ditargetkan rampung di tahun 2019 ini. Jalan tol sepanjang 10,14km ini melintasi sembilan kelurahan di Kota Tangerang Selatan yang sebagian besar masuk kawasan Ciputat.

Seperti Kelurahan Pondok Cabe Udik, Pamulang Barat, Pamulang Timur, Cipayung, Serua Indah, Serua, Bambu Apus, Jombang, dan Ciputat. Totalnya 1.800 bidang tanah dengan luas lahan 76 hektar.

Di samping pembangunan infrastruktur kawasan, alasan masyarakat mengincar Ciputat di antaranya juga karena lingkungannya yang masih hijau, strategis menuju pusat bisnis di CBD Simatupang, serta lengkap dengan beberapa fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah