Pandemi COVID-19 nyatanya berdampak ke sektor properti. Pasar properti Banten bahkan mengalami penurunan tajam. Tapi berdasarkan data internal Rumah.com sepanjang Q1 2020 perumahan di Tangerang tetap banyak diburu orang, beberapa bahkan tercatat paling popular dipencarian.  

Fasilitas umum yang memadai dan akses yang mudah menuju ibukota memang menjadi daya tarik Tangerang. Itu sebabnya berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) situasi pandemi COVID-19 tidak terlalu menggoyang pasar properti Tangerang.

Jika di Q4 2019 median harga properti residensial di Tangerang tercatat di angka Rp15.972.222 per meter persegi, maka di Q1 2020 di mana pada bulan Maret pandemi COVID-19 mulai berlangsung, harganya malah bergerak naik menjadi Rp16.319.444 per meter persegi.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp700 jutaan di kawasan Tangerang? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Lebih spesifik lagi, untuk median harga perumahan di Tangerang bahkan mengalami kenaikan harga. Jika di Q4 2019 harganya Rp15.789.474 per meter persegi maka di Q1 2020 jadi Rp16.190.476. Ini artinya pasar perumahan di Tangerang tetap menjanjikan dan banyak peminatnya.

Dan sepanjang Q1 2020 ini kami merangkum perumahan di Tangerang yang paling banyak dicari oleh konsumen. Simak daftar perumahan di Tangerang paling popular berikut ini:

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

1. Perumahan di Tangerang: Citra Raya

Perumahan di Tangerang: Citra Raya

Perumahan ini sendiri menjadi proyek terbesar dari Ciputra Group.

Pada daftar perumahan di Tangerang paling popular di tempat pertama ada Citra Raya dengan 29% pencarian dari seluruh pencarian perumahan di Tangerang. Perumahan yang dikembangkan Ciputra Group ini merupakan perumahan dengan konsep kota terpadu.

Perumahan ini sendiri menjadi proyek terbesar dari Ciputra Group. Citra Raya didukung berbagai kemudahan akses baik dari Jakarta, Serpong, Serang, Karawaci maupun Kota Tangerang sendiri. Fasilitas shuttle bus juga mempermudah akses dari dan menuju Citra Raya dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi perumahan ini.

Tertarik untuk punya hunian dengan konsep kota terpadu seperti perumahan di Tangerang yang paling popular ini? Cek aneka pilihan perumahan di Citra Raya dengan harga di bawah Rp1 M di sini!

Dengan luas 2.760 hektar, Citra Raya dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Antara lain, Ciputra Hospital yang berkonsep modern, bersih, dan hijau, serta klinik dan apotik lain di dalam Citra Raya. Ada pula fasilitas pendidikan yang disediakan pengembang dari playgroup hingga universitas.

Tak ketinggalan untuk urusan rekreasi dan olahraga, Citra Raya memiliki Sport Club, Water World, dan World of Wonders, termasuk shopping center EcoPlaza. Perumahan ini juga menyediakan area komersial yang terdiri dari ruko dan office park dengan jumlah sekitar 1.800 unit.

2. Perumahan di Tangerang: Griya Artha Sepatan

Perumahan di Tangerang: Griya Artha Sepatan

Griya Artha Sepatan membangun cluster dengan lingkungan yang nyaman namun dengan tetap memperhatikan pertumbuhan investasinya.

Untuk posisi kedua pada daftar perumahan di Tangerang paling popular ada Griya Artha Sepatan dengan 21% pencarian dari seluruh pencarian perumahan di Tangerang. Perumahan ini sendiri masuk kategori perumahan menengah ke bawah.

Meskipun segmentasinya menengah ke bawah namun perumahan ini tetap mengusung konsep modern yang ekonomis, asri, dan ramah lingkungan. Griya Artha Sepatan membangun cluster dengan lingkungan yang nyaman namun dengan tetap memperhatikan pertumbuhan investasinya.

Ingin punya hunian dengan konsep modern namun dengan harga yang terjangkau seperti perumahan di Tangerang yang paling popular ini? Cek aneka pilihan perumahan di Griya Artha Sepatan dengan harga di bawah Rp300 juta di sini!

Griya Artha Sepatan dibangun oleh PT. Padma Warna Artha dengan konsep 2 kamar tidur type 30/60. Berlokasi di wilayah Sepatan yang sudah cukup ramai dan strategis dapat diakses dengan mudah bagi masyarakat yang bekerja di Jakarta

3. Perumahan di Tangerang: Poris Indah

Perumahan di Tangerang: Poris Indah

Sebagai perumahan lama, Poris Indah menawarkan fasilitas yang sudah terbentuk.

Pada daftar perumahan di Tangerang paling popular diperingkat ketiga ada perumahan Poris Indah dengan 16% pencarian dari total  pencarian perumahan di Tangerang di Q1 2020.

Perumahan yang berlokasi di Jl. Poris Indah Raya, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang ini dikembangkan oleh PT Poris Indah Graha, pengembang yang telah 25 tahun menggarap beberapa proyek properti seperti Poris Indah Graha, Poris Paradise, serta Poris Residence.

Tertarik untuk punya hunian di kompleks perumahan lama yang sudah jadi seperti salah satu perumahan di Tangerang yang paling popular ini? Cek aneka pilihan perumahan di Poris Indah dengan harga di bawah Rp1 M di sini!

Sebagai perumahan lama, Poris Indah menawarkan fasilitas yang sudah terbentuk. Terletak di pusat kota Tangerang, Poris Indah didukung berbagai fasilitas umum seperti akses transportasi yang memadai, baik infrastruktur jalan maupun ketersediaan fasilitas umum.

Bagi warga Poris Indah yang bekerja di ibu kota tersedia jalur kereta komuter yang bisa diakses melalui Stasiun Poris yang jaraknya 1,8 kilometer. Untuk kendaraan pribadi rute tercepat dari wilayah Jakarta lewat Tol Jakarta-Tangerang. Bila dari Tangerang Selatan bisa lewat Jl. Ciledug Raya dan Jl. Maulana Hassanudin.

4. Perumahan di Tangerang: Villa Melati Mas 

Perumahan di Tangerang: Villa Melati Mas

Perumahan Villa Melati Mas merupakan perumahan paling prospektif meskipun perumahan ini sudah dibangun dari tahun 80-an.

Diperingkat kelima perumahan di Tangerang paling popular ada Villa Melati Mas dengan 11% pencarian dari total pencarian perumahan di Tangerang di Q1 2020. Perumahan ini adalah proyek pertama besutan PT. Cowell Development Tbk yang digarap pada tahun 1984.

Mau punya hunian yang prospektif seperti perumahan di Tangerang paling popular yang satu ini? Simak pilihan rumah di Villa Melati Mas dengan harga mulai dari Rp1 M di sini!

Kabarnya bakal dibangun lagi sebanyak 200 unit rumah tapak di atas lahan seluas 15 hektar untuk semakin meramaikan lingkungan perumahan yang sudah terbentuk stabil ini. Maklum, perumahan Villa Melati Mas merupakan perumahan paling prospektif meskipun perumahan ini sudah dibangun dari tahun 80-an.

Banyak faktor pendukung yang menjadikan perumahan ini tetap menjadi pionir, seperti lokasi dan harga jual yang bersaing. Selain itu didukung juga fasilitas pendidikan yang lengkap dekat perumahannya seperti SD-SMP Strada Bhakti Nusa, SMP Lab School Madinah, dan lain-lain.

Untuk fasilitas kesehatan dekat Villa Melati Mas ada Tirta Medical Center, RS Omni Alam Sutera, hingga Puskesmas. Rumah sakit serta klinik yang disebutkan di atas bahkan menerima pasien BPJS serta Non BPJS.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah