Provinsi Banten merupakan salah satu kawasan penyangga ibu kota yang berkembang cukup pesat. Sebut saja dua kawasan primadona Tangerang dan Tangerang Selatan yang menjadi incaran para pengembang properti. Dua kawasan ini tentunya sudah tidak asing lagi karena menjadi surga hunian dengan desain yang estetik dengan harga bersaing.

Sebut saja kawasan kota mandiri BSD, Bintaro, dan Serpong yang menjadi kawasan hunian premium. Selain bangunan residensial, di dua kawasan ini juga hadir aneka pusat perbelanjaan dan gedung-gedung perkantoran. Infrastruktur di kawasan ini juga terbilang sudah terbilang baik dan memiliki fasilitas transportasi publik yang mumpuni.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 700 jutaan di kawasan Banten? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Selain kawasan Tangerang dan Tangerang Selatan, provinsi Banten masih memiliki banyak kawasan yang sedang berkembang. Salah satunya adalah ibu kota Banten, Serang, yang saat ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Sejak akhir tahun 2019, Serang tercatat mengalami peningkatan di sektor residensial segmen menengah atas.

Tentunya peningkatan pada beberapa kawasan di provinsi Banten tak terlepas dari dukungan infrastruktur dari Pemerintah Provinsi Banten. Mulai dari akses jalan tol, transportasi publik, serta fasilitas umum yang mumpuni. Mengejar ketertinggalannya dengan Jakarta, bagaimana perjalanan provinsi Banten di masa lalu hingga kini berkembang pesat?

Provinsi Banten Dulu….

Provinsi Banten Dulu....

Banten menjadi salah satu keresidenan yaitu Bantam Regentschappen di samping Batavia. (faktabanten.co.id)

Provinsi Banten atau dulu dikenal dengan nama Bantam merupakan sebuah kawasan kota pelabuhan yang sangat ramai. Pada abad ke-5 Banten merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanegara. Lalu, pada awal abad ke-17, Banten menjadi salah satu pusat perniagaan penting dalam jalur perdagangan internasional di Asia.

Pada 1 Januari 1926 pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan dan melakukan sistem desentralisasi yang lebih luas. Di Pulau Jawa dibentuk pemerintahan otonom provinsi, dan Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang dibentuk di wilayah Hindia Belanda. Banten menjadi salah satu keresidenan yaitu Bantam Regentschappen di samping Batavia.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Selama 73 tahun, Banten menjadi bagian provinsi Jawa Barat namun ada banyak keresahan di masyarakat Banten yang ingin melepaskan diri. Sehingga pada masa reformasi di tahun 1999, hadirlah Deklarasi Rakyat Banten di Alun-alun Serang. Disusul dengan penyusunan Pedoman Dasar serta Rencana Kerja dan pembentukan Komite Provinsi Banten.

Lalu pada tahun 2000, provinsi Banten resmi menjadi provinsi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke-30 dengan ibu kota Serang dan terpisah dari provinsi Jawa Barat. Provinsi Banten terdiri dari 4 kabupaten, 4 kotamadya, 155 kecamatan, 313 kelurahan dan 1.238 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 10.382.590 jiwa dengan total luas wilayah 9.662,92 km².

Provinsi Banten Kini….

Provinsi Banten Kini....

Wilayah ini menjadi kawasan hunian favorit dengan segala keunggulan dan kemudahan akses yang tersedia.

Sejak berdiri sebagai sebuah provinsi, Banten menggeliat dengan pesat terutama di beberapa kawasan seperti Bintaro, BSD, dan Serpong yang masuk ke dalam kawasan kota Tangerang Selatan dan Tangerang. Wilayah ini menjadi kawasan hunian favorit dengan segala keunggulan dan kemudahan akses yang tersedia.

Tidak hanya itu, kawasan Bintaro, BSD, dan Serpong juga menjadi kawasan hunian premium dengan harga yang melambung. Dalam 10 tahun terakhir pertumbuhan di area ini berkembang dengan sangat pesat. Meski jarak tempuh yang cukup jauh namun, terdapat akses jalan tol dan transportasi publik seperti KRL dan feeder TransJakarta.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Jalanan di sekitar Bintaro, BSD, dan Serpong juga tertata dengan rapi dan memiliki ukuran trotoar yang besar sehingga memberi kenyamanan para pejalan kaki. Fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah, dan pusat perbelanjaan juga tersedia dengan lengkap. Berbagai gedung perkantoran pun sudah mulai bermunculan dan menjadikan provinsi Banten menjadi salah satu pusat bisnis selain Jakarta.

Selain kota Tangerang Selatan dan Tangerang, ibu kota Serang juga mulai menggeliat baik dari sisi properti hingga perekonomian. Bahkan Pemerintah Provinsi Banten mencanangkan Serang menjadi salah satu kota industri bersama dengan Cilegon. Hal ini mendorong kemajuan wilayah dan perekonomian daerah yang tergolong memiliki pertumbuhan yang cepat.

Provinsi Banten di Masa Depan

Provinsi Banten di Masa Depan

(ice-indonesia.com)

Bukan hanya kawasan BSD, Bintaro, atau Serpong saja yang menjadi incaran hunian favorit. Saat ini kawasan Cisauk dan Maja menjadi salah satu area yang sedang naik daun. Beberapa tahun yang lalu, mungkin banyak orang yang memandang sebelah mata kawasan ini. Namun kehadiran pengembang properti yang menghadirkan berbagai pilihan hunian menjadi daya tarik kawasan Cisauk dan Maja.

Salah satu alasan mengapa kedua kawasan ini menjadi incaran para pengembang adalah kehadiran stasiun Cisauk dan Maja. Hal inilah yang membuat pengembang besar menjadikan Cisauk dan Maja sebagai kawasan Transit Oriented Development (TOD). Dengan fasilitas dan transportasi publik yang memadai, sontak menarik minat para pengembang untuk berlomba membangun properti di wilayah ini.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Pemerintah Provinsi Banten juga mencanangkan Maja sebagai kota satelit dan bekerja sama dengan pengembang besar. Kawasan permukiman di Maja diharapkan dapat menjadi alternatif tempat tinggal masyarakat yang membutuhkan hunian dengan harga lebih terjangkau. Selain fokus pembangunan di kawasan Cisauk dan Maja, provinsi Banten juga memfokuskan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Banten, Pemerintah Provinsi Banten telah membuat perencanaan pembangunan proyek strategis. Beberapa diantaranya adalah pembangunan Pelabuhan Internasional Bojonegara, pembangunan Jembatan Selat Sunda (Jawa-Sumatera), pengembangan jaringan ring road pantai utara-selatan dan jalan kereta api (double track).

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah