Bogor

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti di Bogor, sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang terletak 60 km sebelah selatan Jakarta. Kota yang awalnya hanya seluas 21,56 km², kini terus berkembang menjadi 118,50 km² dengan jumlah penduduk yang mencapai 1.030.720 jiwa (2014).

Letak geografis kota yang berbatasan dengan wilayah Depok ini berada persis di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor, plus dekat dengan ibu kota negara, Jakarta, membuat kota ini punya nilai strategis dalam perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi. Posisinya di antara jalur tujuan Puncak/Cianjur dan Sukabumi juga membuat area ini jadi wilayah penting bagi pertumbuhan ekonomi kawasan sekitarnya.

Kota ini terdiri dari 6 Kecamatan seperti Bogor Barat, Bogor Selatan, Bogor Tengah, Bogor Timur, Bogor Utara, dan Tanah Sareal, yang selanjutnya terbagi lagi atas 68 Kelurahan. Dan yang menarik, kota ini juga dikenal sebagai kota Hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi dibanding wilayah lainnya di Indonesia.

Kota ini juga dilalui beberapa sungai yang permukaan airnya jauh di bawah permukaan dataran. Adapun sungai tersebut seperti sungai Ciliwung, Cisadane, Cipakancilan, Cidepit, Ciparigi, dan Cibalok. Topografi yang demikian menjadikan Kota Hujan ini relatif aman dari bahaya banjir alami.

Yang menarik, lewat Bendungan Katulampanya, kota ini ternyata punya peran penting bagi Jakarta. Bendungan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda ini berfungsi sebagai sistem informasi dini untuk bahaya banjir di wilayah Jakarta yang dilalui Sungai ciliwung.

Pantauan debit dan ketinggian air di Bendungan Katulampa ini akan dilaporkan ke berbagai pihak yang berkepentingan seperti Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, pos pemantau ketinggian air Ciliwung di Depok, petugas Pintu Air Manggarai, dan Pemerintah Kota Bogor.

Data mengenai ketinggian air di Bendungan Katulampa ini dapat memperkirakan kapan air memasuki wilayah Jakarta sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar aliran Sungai Ciliwung dapat mengantisipasi sedini mungkin datangnya banjir yang akan melewati daerah tempat tinggalnya.

Bukan hanya Jogjakarta, kota ini pun telah lama dikenal sebagai pusat pendidikan dan penelitian, khususnya pada bidang pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor yang berdiri sejak awal abad ke-20.

Kota ini juga memiliki banyak ikon wisata, salah satunya Kebun Raya Bogor, sebuah kebun botani besar yang luasnya mencapai 87 hektaare dan memiliki 15 ribu jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Di sekitar Kebun Raya juga tersebar wisata keilmuan seperti Herbarium Bogoriense dan Museum Zoologi.

Bahkan sekeliling Kebun Raya kini juga dijadikan sarana rekreasi dan olahraga seperti jogging oleh warga semenjak wali kotanya, Bima Arya, membenahi pedestrian di kawasan tersebut menjadi lebih lebar dan lebih menarik.

Istana Kepresidenan juga ada di sini. Keunikannya jika dibanding Istana Kepresiden lainnya karena aspek historis, kebudayaan, dan faunanya yang menonjol. Misalnya keberadaan rusa-rusa yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal yang dibiarkan berkeliaran di halaman istana.

Sarana transportasi dari dan menuju kota ini pun sangat lengkap dan mudah. Selain terdapat banyak akses jalan dan jalan tol Jagorawi yang menghubungkannya dengan Jakarta, terdapat juga commuter line atau KRL dari Stasiun Bogor hingga Stasiun Jakarta Kota.

Dan yang menarik, Bogor juga mendapat julukan sebagai Kota Seribu Angkot. Maklum, saking banyaknya jumlah angkot dan rutenya, sampai-sampai seluruh jalan di kota ini nyaris disesaki angkutan umum ini.

Baca Selengkapnya
118,50 km²
Luas Wilayah
1.030.720 jiwa
Populasi
6
Kecamatan

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Bogor, West Java, Indonesia

Baca lebih lanjut Bogor

Simak lebih lanjut wilayah Bogor

Properti dijual di Bogor

Properti disewakan di Bogor

Masukan