Fasilitas Bojongsari saat ini jika dibandingkan sepuluh tahun lalu memang berbeda jauh. Ya, Bojongsari kini memang jauh lebih maju sejak kawasan yang terletak di ujung barat Kota Depok ini menjadi sebuah kecamatan.

Ya, pada awalnya Bojongsari merupakan bagian dari kecamatan Sawangan. Namun karena banyak pertimbangan menyangkut efektivitas pelayanan terhadap masyarakat, maka dibentuklah Kecamatan Bojongsari pada tahun 2008 berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 08 tahun 2008.

Kecamatan Bojongsari ini terdiri dari 7 Kelurahan. Antara lain Kelurahan Bojongsari, Kelurahan Bojongsari Baru, Kelurahan Serua, Kelurahan Pondok Petir, Kelurahan Curug, Kelurahan Duren Mekar, dan Kelurahan Duren Seribu.

Bojongsari sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor dan Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Bagian Baratnya berbatasan langsung dengan area Pamulang, arah Timur Laut yang menuju Jakarta Selatan terdapat akses melalui Pondok Cabe – Ciputat, sedang bagian Selatan bisa menuju Bogor via Parung.

Dan meskipun namanya belum setenar kawasan Sawangan, apalagi jika dibandingkan Margonda, tapi pelan-pelan Bojongsari mulai melengkapi wilayahnya dengan beragam fasilitas. Itu sebabnya kawasan ini kini juga mulai dipadati berbagai konsep perumahan dan harganya pun relatif masih masuk akal.

Selain dipenuhi ruko, minimart, atau rumah makan, kemudahan bertempat tinggal di kawasan ini di antaranya seperti terdapat fasilitas pendidikan yang lengkap mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA.

Sebut saja seperti SDI Azmia yang terdapat di Komplek Perumahan Reni Jaya dengan program belajar tingkat PAUD dan SDIT, atau opsi lainnya ada SD Serua 3. Lalu Sekolah AMEC (Al-Ma’mun Education Center) yang menghadirkan tingkat pendidikan anak usia dini hingga SMA.

Dan fasilitas Bojongsari yang layak dipertimbangkan juga karena telah dilengkapi sejumlah fasilitas kesehatan. Sebut saja seperti RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Depok, RSIA Brawijaya, atau RS Permata Pamulang yang letaknya tidak jauh dari Bojongsari.

Sementara untuk fasilitas kebutuhan rumah tangga terdapat Superindo Pamulang yang berjarak 3,3km dengan beraneka ragam produk lengkap. Selain itu ada juga Pujasari, swalayan yang menawarkan berbagai produk rumah tangga mulai dari perlengkapan bayi, bahan pokok, sayur mayur, perkakas rumah tangga, peralatan sekolah, hingga pakaian.

Untuk urusan rekreasi fasilitas Bojongsari pun tak kalah menarik. Dan berikut adalah fasilitas Bojongsari yang wajib dikunjungi:

1. Kolam Renang Tirta Maya 2

Berlokasi di Jalan Raya Bojongsari, Depok, kolam renang ini merupakan salah satu sarana rekreasi yang banyak diminati masyarakat Depok dan sekitarnya seperti Pamulang dan Parung.

Pada Kolam Renang Tirta Maya 2 ini terdapat berbagai macam kolam. Seperti kolam arus, 2 kolam balita, waterboom, dan 1 kolam dewasa berukuran 50 x 30m. Fasilitas yang disediakan seperti loker, ruang bilas, ruang ganti, 3 big playground, dan 30 medium playground ukuran 6-8 serta kantin di dalam area kolam dan satu restoran di dekat pintu masuk

2. Godong Ijo

fasilitas bojongsari

Di sini Anda dapat mengenalkan beraneka ragam tumbuhan dan tanaman hias, belajar dekat dengan alam tanpa harus jauh-jauh ke luar kota.

Fasilitas Bojongsari yang satu ini merupakan sebuah nursery atau tempat pembibitan untuk berbagai macam tanaman hias. Godong Ijo juga menjadi salah satu wisata edukasi bagi anak-anak.

Di sini Anda dapat mengenalkan beraneka ragam tumbuhan dan tanaman hias, belajar dekat dengan alam tanpa harus jauh-jauh ke luar kota. Terdapat taman asri yang ditanami pepohonan langka, kolam ikan koi, aligator, arapaima gigas, kura-kura raksasa, hingga piton albino.

Tertarik untuk punya hunian di Bojongsari? Cek aneka pilihannya di sini!

Kehadiran satwa-satwa ini selalu menarik perhatian para pengunjung, khususnya anak-anak. Oleh karena itu, Godong Ijo dapat dijadikan alternatif liburan plus wisata kuliner karena juga terdapat restoran yang menyajikan berbagai macam masakan Indonesia dan Thailand.

3. Taman Herbal Insani

taman herbal insani

Bukan hanya sekadar taman edukasi saja, Taman Herbal Insani juga punya banyak fasilitas rekreasi lainnya.

Taman ini pada dasarnya gabungan konsep taman herbal dengan taman wisata yang ramah lingkungan untuk keluarga. Taman ini juga dibuat sebagai sarana memperkenalkan pemanfaatan tanaman obat, budidayanya, serta cara pengolahannya kepada masyarakat.

Meskipun terletak di lokasi yang agak terpencil, tepatnya di Jl. Kp. Kondang, Kelurahan Duren Seribu, Bojongsari, taman ini ternyata selalu dipadati pengunjung yang datang di setiap akhir pekan.

Bukan hanya sekadar taman edukasi saja, Taman Herbal Insani juga punya banyak fasilitas rekreasi lainnya. Misalnya playground area untuk anak-anak yang dilengkapi sangkar burung lovebird, taman kelinci di mana anak-anak bisa bermain dan memberi makan kelinci, kolam renang, kolam ikan, dan juga rakit saung sebagai spot foto favorit para pengunjung.