Infrastruktur Bojongsari mungkin memang belum semaju kawasan Sawangan, apalagi jika dibandingkan kawasan ‘élit’ Margonda, Depok. Tapi lokasi Bojongsari yang juga vital, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor dan Tangerang Selatan Provinsi Banten, pelan-pelan pun menampakkan kemajuan.

Ya, Bojongsari yang merupakan sebuah kecamatan yang masuk wilayah kotamadya Depok dan dulunya merupakan bagian dari kecamatan Sawangan ini kini mulai berbenah diri. Lewat sejumlah infrastruktur, baik yang dibangun di kawasan Bojongsari sendiri atau lewat sejumlah proyek infrastruktur yang digagas pemerintah daerah.

Tercatat ada sejumlah infrastruktur Bojongsari yang tengah digarap dan dikebut pengerjaannya. Di antaranya:

  • Tol Serpong – Cinere

    Infrastruktur yang satu ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2. Rencananya jalan tol ini akan menyambung dengan Jalan Tol Kunciran–Serpong di bagian barat dan Jalan Tol Cinere–Jagorawi di bagian timur.

    Jalan tol yang menghubungkan Tangerang Selatan dengan Kota Depok ini melintasi beberapa kawasan, seperti Jombang, Ciputat, Pamulang, Bojongsari, Pondok Cabe, dan Cinere.

    Jalan tol ini terbagi dalam dua seksi. Seksi 1 sepanjang 6,67 kilometer dari kawasan Serpong hingga Pamulang, sedangkan Seksi 2 sepanjang 3,64 kilometer dari kawasan Pamulang hingga Cinere.

  • Tol Cinere-Jagorawi (Cijago)

    Infrastruktur ini juga bakal segera dinikmati warga Bojongsari dan sekitarnya. Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) seksi II ini membentang dari Bogor Raya hingga Kukusan, Beji. Sedangkan seksi III, ruas Kukusan-Cinere tengah dalam tahap pembebasan lahan.

    Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang melingkar dari Bandara hingga Tanjung Priok. Jaringan JORR II merupakan lingkaran kedua dari jaringan Tol JORR.

Tertarik untuk punya hunian di Bojongsari? Cek aneka pilihannya di sini!

  • Depok Outer Ring Road

    Infrastruktur yang satu ini bukan merupakan jalan tol berbayar, melainkan perlebaran jalan untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok dan kawasan sekitarnya, termasuk tentunya Bojongsari.

    DORR dibangun mulai dari Jalan Kartini sampai Jalan Raya Citayam. Adapun rute DORR akan melewati Jalan Raya Parung, Jalan Raya Sawangan, Jalan Raya Cipayung, kemudian melintasi Sungai Ciliwung, Cilodong, Sukmajaya, Terminal Jatijajar, hingga Tol Jagorawi dan berakhir di Kota Bekasi.

    Dengan adanya DORR, wilayah-wilayah lain di Kota Depok yang selama ini perekonomiannya sulit berkembang, disinyalir akan terdorong seperti halnya di kawasan Pengasinan.

  • Creative Center

    Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga punya program untuk membantu pembangunan infrastruktur Kota Depok. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum lama ini bahkan menyiapkan sejumlah program strategis untuk wilayah ini.

    Program tersebut di antaranya seperti pembangunan creative center dan alun-alun Depok. Khusus untuk creative center rencananya akan dibangun di Depok sisi barat, seperti di Cinere, Sawangan, dan Bojongsari.

Perkembangan infrastruktur Bojongsari ini tentunya juga membuat kawasan ini mulai diminati masyarakat yang rata-rata berasal dari Tangerang, Bintaro, Depok, dan juga Bogor. Letaknya yang cukup strategis dan kisaran harga tanah yang masih murah menjadi opsi alternatif bagi mereka yang hendak membeli rumah. 

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah