Cilodong makin diperhitungkan berkat dukungan infrastruktur yang massif serta fasilitas umum yang lengkap dan memadai. Kian hari, Kecamatan Cilodong terus bertumbuh dan menjelma sebagai kawasan yang diminati sebagai area permukiman yang nyaman dan cukup strategis.  

Cilodong merupakan satu di antara 11 kecamatan di Kota Depok, Jawa Barat. Pembentukan Kecamatan Cilodong berdasarkan peraturan Kota Depok nomor 8 tahun 2007. Dengan luas wilayah sekitar 1.537 hektar, kecamatan ini mempunyai wilayah kerja meliputi lima kelurahan, yakni:

  • Kelurahan Sukamaju
  • Kelurahan Cilodong
  • Kelurahan Kalibaru
  • Kelurahan Jatimulya
  • Kelurahan Kalimulya

Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Sukmajaya. Dahulu, sebagian dari wilayahnya termasuk bagian dari Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Cilodong cukup dikenal karena di kawasan ini terdapat Markas Divisi 1 Kostrad, semakin ramai dengan keberadaan Situ Cilodong yang beberapa tahun lalu mulai dikembangkan oleh Pemkot Depok menjadi destinasi wisata alam kekinian yang dapat dikunjungi oleh siapa saja secara gratis.

Tak hanya itu, Alun-Alun Depok yang kini menjadi landmark Kota Depok pun terletak di Kecamatan Cilodong.

Seiring waktu, Cilodong terus berkembang dan banyak dilirik khalayak sebagai tempat tinggal yang cukup nyaman karena relatif dekat ke Jakarta dan Bogor. Kawasan ini juga semakin maju dengan maraknya pembangunan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.

Mau punya rumah di Cilodong dan sekitarnya dengan harga terjangkau dan cocok untuk pasangan muda? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp400 jutaan di sini!

Demografi Cilodong

Jumlah penduduk di Kecamatan ini berdasarkan rilis data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai sekitar 168.178 jiwa.  Jumlah tersebut tersebar di lima kelurahan dengan perincian sebagai berikut:

  1. Kelurahan Kalimulya : 26.210
  2. Kelurahan Jatimulya : 17.960
  3. Kelurahan Kalibaru : 33.049
  4. Kelurahan Cilodong : 20.400
  5. Kelurahan Sukamaju : 70.559

Dari total jumlah penduduk, diketahui sebagian besarnya berada dalam rentang usia produktif. Tercatat penduduk yang berusia 15-64 tahun berjumlah kira-kira 118.959 atau 70% dari populasi. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kawasan Cilodong karena berpotensi besar dalam kontribusi pembangunan wilayah.

Dilihat dari jenis pekerjaan atau mata pencaharian, penduduknya memiliki profesi yang cukup beragam. Berikut ini rincian profesi yang dijalani oleh penduduknya:  

Petani

Wiraswasta/

Pedagang

Pelajar

Buruh

PNS/

TNI/

POLRI

Pegawai

Swasta

Pensiun/

Purn.

Informal

Lain-lain

34

9.108

32.954

3.696

5.806

33.085

1.098

615

66.472

Lokasi dan Akses Cilodong

Jalan Raya Bogor, "pintu gerbang" Cilodong dari Jakarta dan Bogor. (Foto: rumah.com)

Jalan Raya Bogor, “pintu gerbang” Cilodong dari Jakarta dan Bogor. (Foto: rumah.com)

Cilodong menjadi salah satu kawasan yang cocok untuk hunian karena dinilai memiliki lokasi yang cukup strategis dan suasana masih asri. Lokasi Cilodong berada dalam batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah utara : Kecamatan Sukmajaya
  • Sebelah selatan : Kabupaten Bogor
  • Sebelah barat : Kecamatan Cipayung
  • Sebelah timur : Kecamatan Tapos

Lokasi merupakan hal utama yang patut diperhatikan ketika tengan mencari tempat tinggal. Alasannya, lokasi rumah yang strategis akan mempermudah mobilitas penghuninya. Lokasi rumah yang strategis biasanya juga didukung oleh akses yang mempermudah aktivitas sehari-hari.

Temukan kisah dan cerita inspiratif mereka yang telah menemukan rumah idaman dan perjalanannya bersama Rumah.com di Cerita Rumah.

Akses ke Cilodong dengan Kendaraan Pribadi

Akses menuju Cilodong terbilang mudah, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Berikut ini akses yang bisa Anda pilih untuk menuju kawasan Cilodong jika menggunakan kendaraan pribadi:

  • Dilalui Jalan Raya Bogor, kawasan ini bisa diakses langsung dari Jakarta dan Bogor melalui jalan ini.
  • Dari Jalan Margonda, untuk sampai ke kawasan ini bisa mengakses Jalan Raya Citayam.
  • Anda bisa juga melalui Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), lalu keluar di pintu Tol Cisalak.
  • Bisa diakses melalui jalan Tol Jagorawi dengan pintu keluar di Gerbang Tol Cimanggis.

Akses ke Cilodong dengan Kendaraan Umum

Cilodong termasuk kawasan yang paling lengkap dalam hal moda transportasi publik. Anda bisa menumpang kereta Commuter Line maupun moda transportasi bus dan angkot.

Terdapat dua stasiun kereta Commuter Line yang menjadi pintu masuk terdekat ke Cilodong, yakni Stasiun Depok dan Stasiun Citayam. Meski kedua stasiun tersebut bukan berada di wilayah Cilodong, namun terbilang cukup dekat jika Anda ingin mengakses Cilodong dengan kereta.

Dari Stasiun Depok dan Stasiun Citayam, Anda dapat menumpang kendaraan umum berbasis online ataupun bus dan angkot. Tersedia rute bus dan angkot yang akan mengantarkan Anda untuk tiba di wilayah Cilodong.

Berikut ini alternatif layanan bus dari yang bisa dijadikan alternatif menuju Cilodong:

  • Bus BRT Depok Go Lancar jurusan Terminal Depok – Terminal Jatijajar.
  • Bus Perum PPD JR-03 dengan rute ITC Cempaka – Grand Depok City (GDC).
  • Bus Trans GDC dengan rute Monas – Grand Depok City (GDC).
  • Miniarta:
  • DB: Depok Timur – Bogor (via Jl. Tole Iskandar – Jl. Raya Bogor)
  • KB: Kampung Rambutan – Bogor (via Jl. Raya Bogor)

Selain itu, akses ke kawasan Cilodong juga dilayani oleh angkutan kota (angkot) yang cukup banyak. Di jalan-jalan utama Cilodong terdapat angkot yang memudahkan warga untuk beraktivitas ke tempat-tempat tertentu, seperti sekolah, klinik/ rumah sakit, maupun pusat perbelanjaan.    

Pertumbuhan Kawasan Cilodong

Situ Cilodong diproyeksikan sebagai destinasi wisata alam yang bisa diakses secara gratis. (Foto: nativeindonesia.com)

Situ Cilodong diproyeksikan sebagai destinasi wisata alam yang bisa diakses secara gratis. (Foto: nativeindonesia.com)

Sebagai kawasan penyangga Ibu Kota Jakarta, Kota Depok secara keseluruhan memegang peran penting. Keuntungan secara geografis yang bertetangga dengan ibu kota membuat Depok mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

Salah satu kecamatan di Depok yang cukup terasa pertumbuhannya adalah Cilodong. Kemajuan Cilodong dipengaruhi di antaranya oleh pertambahan penduduk yang lebih banyak berasal dari arus migrasi. Jumlah penduduk berusia produktif yang sangat besar, yakni sekitar 70% membuat Cilodong mengalami bonus demografi.

Ditopang dengan tingkat pendidikan yang memadai, peningkatan ekonomi di Cilodong merangkak naik secara berkala. Tingkat pendapatan penduduk turut meningkat berkat ketersediaan tenaga profesional di Cilodong dalam mengisi sektor-sektor tertentu, seperti perkantoran swasta, pabrik, dan menjamurnya UMKM.

Di samping itu, sejalan dengan masifnya ketersediaan fasilitas dan pembangunan infrastruktur di kawasan Cilodong, perkembangan pasar properti di sana turut terdongkrak dari tahun ke tahun. Kawasan hunian di Cilodong tergolong menjadi salah satu yang banyak dilirik khalayak. Banyak perumahan di Cilodong yang segmennya terus mengarah ke level premium. 

Fasilitas Kawasan di Cilodong

Fasilitas umum di Cilodong yang cukup lengkap memegang peran penting dalam peningkatan kawasan hunian. Selain jarak yang dekat dengan hunian, fasilitas umum berkualitas juga menjadi pertimbangan penting. 

Fasilitas apa saja yang ada di Cilodong? Berikut kami rangkumkan sebagai referensi untuk Anda:

Fasilitas Cilodong: Sarana Pendidikan

Sarana pendidikan setingkat SD hingga SMA/SMK di kawasan ini sudah cukup merata. Sekolah negeri dan swasta, baik sekolah umum maupun berbasis keagamaan, relatif mudah dijangkau oleh warga. Menurut data dari laman data kemdikbud.go.id, berikut adalah jumlah sekolah yang tersebar di lima kelurahan pada kawasan ini:

  • Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 45 sekolah.
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 30 sekolah.
  • Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) dan Madrasah Aliyah sebanyak 19 sekolah.

Keberadaan perguruan tinggi melengkapi sarana pendidikan di Cilodong, yakni dari SD hingga pendidikan tinggi. Terdapat tiga perguruan tinggi yang masuk dalam wilayah Cilodong, yaitu:

  • STEI Hidayatullah, berlokasi di Kalimulya Raya Jl. Kb. Duren, Kalimulya, Kota Depok, Jawa Barat.
  • STEINU Arridho, terletak di Jl. H. Abdul Gani II No.53, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Politeknik LP3I Jakarta Kampus Depok, terletak di Raya Bogor KM38 No.56, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Selain ketiga kampus di atas, warga Cilodong juga bisa melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai universitas atau sekolah tinggi yang tersebar di Kota Depok, Jakarta, ataupun Bogor. Hal itu dikarenakan secara jarak tempuh relatif masih bisa dicapai dengan mudah.

Fasilitas Cilodong: Layanan Kesehatan

Pusat medis dan diagnostik menjadi fasilitas yang sangat diharapkan, terlebih lagi saat menghadapi masa pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan ini. Keberadaan fasilitas kesehatan di kecamatan sejauh ini cukup terjangkau oleh warga yang membutuhkan layanan kesehatan.

Berikut ini daftar beberapa fasilitas layanan kesehatan di wilayah ini:

  • Puskesmas

Jl. Asrama Cilodong, Kalibaru, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 8741072

  • UPT PHC Cilodong

Perum GDC, Jl. Boulevard Grand Depok City, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 87918703

  • UPTD Puskesmas Kalimulya

Jl. Raya Kalimulya, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 8763354

  • Puskesmas Villa Pertiwi

Jl. Komp. Villa Pertiwi No.Blok 1, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 83710862

  • Klinik:

–     Klinik Rawat Inap Agusahidin Medical

Jl. Kencana No.09, Kalimulya, Kota Depok, Jawa Barat. 

Telepon: (021) 29502654

  • Klinik Sejahtera Medika

Jl. Raya Jatimulya No.3, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 87918767

  • Klinik Kemang Medika

Jl. Kemang Raya No.19, Kalibaru, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 22963723

  • Klinik Graha Tsuraya

Jl. H. Dimun Raya No.25, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 7703665

  • Klinik Divif 1 KOSTRAD

Jl. Raya Asrama Divif 1 Kostrad No.39, Kota Depok, Jawa Barat.

        Telepon: (021) 8752144

  • Rumah Sakit:
  • RS Citra Medika Depok

Jl. Raya Kalimulya No.68, Kalimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 29677000

  • RS Simpangan Depok

Jl. Raya Jakarta-Bogor No.KM.36, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 8741549

  • RSIA Sumber Bahagia

Jl. Bahagia No.16, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Telepon: (021) 7703429

  • RS Darurat PMI Depok

Grand Depok City Kota Kembang, Jl. Raya Abdul Gani No.Raya, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

          Telepon: (021) 87927210

Fasilitas Cilodong: Pusat Perbelanjaan

Keberadaan pusat perbelanjaan modern atau biasa disebut mall di suatu kawasan permukiman sudah menjadi kebutuhan gaya hidup. Bagi warga yang hendak ke mall, bisa mengunjungi mall yang ada di kecamatan lain yang terdekat, misalnya Cimanggis Square, Mall Cimanggis, atau Depok Town Center.

Berikut ini daftar pasar tradisional yang ada di kawasan ini:

  • Pasar Pucung Raya

Jl. Kampung Bedahan No. 56, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

  • Pasar Pucung Kp. Sawah

Jl. Kelurahan Pd. Rajeg, Jatimulya, Kota Depok, Jawa Barat.

  • Pasar Mini Kp. Sidamukti

Kp. Sudamukti RT 03/RW 024 Kel, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Infrastruktur di Cilodong

Kemenhub berencana memulai kegiatan reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg, Cilodong. (Foto: koran-jakarta.com)

Kemenhub berencana memulai kegiatan reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg, Cilodong. (Foto: koran-jakarta.com)

Pembangunan infrastruktur di Kecamatan ini berjalan dengan baik. Para warga  sejauh ini memberikan apresiasi yang bagus terhadap kemajuan infrastruktur di wilayahnya. Yang paling disorot adalah kondisi jalan raya di kawasan ini, tidak ada lagi kerusakan berarti yang dapat mengganggu arus lalulintas.

Sejak 2018, Pemerintah Kota Depok memang giat membangun infrastruktur di wilayah ini. Selain pengembangan jalan Depok Outer Ring Road (DORR) sepanjang Jalan Kartini hingga Jalan Raya Citayam yang juga melewati Cilodong, proyek infrastruktur besar yang sudah selesai saat ini adalah pembangunan Alun-alun Kota Depok yang terletak di kawasan Grand Depok City (GDC).

Tahun 2020 lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut merevitalisasi Situ Cilodong sehingga nampak indah dan asri. Situ dengan tampilan baru tersebut kemudian menjadi salah satu destinasi wisata alam kebanggaan warga Cilodong dan bisa diakses secara gratis.

Sementara itu, pada tahun lalu, tepatnya Agustus 2021, Pemkot Depok melalukan perbaikan jembatan GDC. Jembatan yang cukup vital itu menjadi akses penting sehingga sangat mendesak untuk dilakukan perbaikan.

Dan pada tahun ini, Kementerian Perhubungan direncanakan mulai mereaktivasi Stasiun Pondok Rajeg. Stasiun yang secara domisili berada di kawasan Cilodong, tepatnya di Kelurahan Jatimulya ini memang sudah cukup lama tidak aktif. Oleh karena itu, pengaktifan kembali Stasiun Pondok Rajeg akan berdampak besar bagi mobilitas warga.

Reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg sejatinya sudah diusulkan oleh Pemkot Depok sejak tahun lalu. Menurut Pemkot Depok, banyak manfaat yang akan dihasilkan dengan reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg, misalnya pengembangan pusat ekonomi baru sehingga tidak terpusat di kawasan Jalan Margonda Raya.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah