Menaungi lima kelurahan, Cilodong merupakan salah satu kecamatan di Kota Depok yang jadi buruan kaum muda. Mengapa demikian? Hal itu karena di sini masih tersimpan cukup banyak perumahan di Cilodong dengan harga yang relatif terjangkau.

Letak Cilodong boleh dibilang cukup strategis. Di sebelah utara, Cilodong berbatasan dengan Sukmajaya. Sedangkan di timur dan selatan berbatasan langsung dengan Tapos dan Kabupaten Bogor. Pada sisi barat, Cilodong berbatasan dengan Cipayung.

Luas wilayah Cilodong sendiri sebesar ± 1.536,76 hektare. Lahan seluas itu pun jika dilihat berdasarkan kondisinya, lebih didominasi sebagai kawasan permukiman. Tak pelak, banyak pengembang memutuskan untuk membangun perumahan di Cilodong dengan kisaran harga Rp400 jutaan ke atas.

Menurut catatan Rumah.com, perumahan di Cilodong pun masuk dalam peringkat 10 besar area pencarian rumah tapak tertinggi di Depok. Selama Januari 2021 – Desember 2021, Cilodong sukses menduduki peringkat keenam dengan pencarian sebanyak 6,04 persen.

Sementara itu, pada urutan pertama diduduki oleh Sawangan yang meraih total pencarian sampai 17,95 persen. Disusul di urutan kedua dan ketiga yakni Cinere dengan 12,92 persen dan Cimanggis dengan 9,95 persen. Sementara Citayam yang masih menyimpan deretan rumah harga Rp300 jutaan berada di urutan keempat dengan 9,84 persen.

Selanjutnya ada Sukma Jaya yang berada di urutan kelima dengan total pencarian sebesar 6,71 persen. Pada urutan ketujuh dan kedelapan masing-masing ditempati Pancoran Mas (5,05 persen) dan Beji dengan pencarian sebanyak 4,80 persen.

Cipayung yang berbatasan langsung dengan Cilodong berada di urutan kesembilan dengan 4,26 persen, dan Limo di urutan terakhir dengan total pencarian 3,82 persen sepanjang satu tahun terakhir.

Harga Perumahan di Cilodong dan Depok dalam Indeks

Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) mencatat bahwa indeks harga rumah di Depok pada kuartal empat 2021 mengalami peningkatan tipis secara Quarter on Quarter/QoQ). Kenaikannya sebesar 0,7 persen, dimana indeks pada Q3 2021 sebesar 150,5 terkoreksi menjadi 151,5 di Q4 2021.

Sedangkan secara Year on Year/YoY, indeks harga rumah di Depok melonjak sebanyak 11,2 persen pada Q4 2021. Hal ini akibat dari pencapaian indeks di kuartal yang sama tahun sebelumnya yakni Q4 2020 berada di level yang lebih rendah yakni 136,2.

Lalu bagaimana dengan kondisi harga perumahan di Cilodong? Menariknya, pasar harga perumahan di Cilodong seakan mengikuti benar perkembangan yang terjadi di Kota Depok secara menyeluruh.

Pada Q4 2021, indeks harga perumahan di Cilodong juga naik sebesar 0,7 persen secara QoQ dengan indeks bertahan di angka 135,7. Kenaikan tipis ini mengungguli pencapaian indeks harga di kuartal sebelumnya yakni Q3 2021 dengan indeks 134,7.

Dalam periode tahunan, indeks indeks harga perumahan di Cilodong meningkat sebanyak 12,3 persen. Praktis, pencapaian tersebut mengalahkan persentase kenaikan indeks harga rumah secara tahunan di Depok.

Indeks harga rumah di Cilodong pada Q4 2021 mencapai 135,7 yang mana lebih tinggi daripada indeks harga di Q4 2020  yakni sebesar 120,8 (YoY).

Suplai Perumahan di Cilodong dan Depok dalam Indeks

Perkembangan pasar perumahan di Depok dan Cilodong pun dapat dicermati melalui tren pertumbuhan pasokan atau suplai. Menurut RIPMI, indeks suplai rumah tapak di Depok secara QoQ naik sebesar 4,4 persen pada Q4 2021. Hal tersebut lantaran posisi indeks di kuartal empat yakni 122,7 masih lebih tinggi daripada indeks di kuartal tiga yang mencapai 117,6.

Secara tahunan, indeks suplai rumah tapak di Depok juga naik sebesar 9,4 persen. Pada Q4 2020, indeks suplai berada di angka 112,1 dan terkoreksi menjadi 122,7 di Q4 2021.

Kenaikan suplai yang terjadi di Depok pun diikuti oleh Cilodong. Hasilnya, pada Q4 2021, indeks suplai rumah di Cilodong meningkat sebesar 8,2 persen dalam periode kuartalan. Indeks suplai di Q4 2021 mencapai 157,6 atau lebih tinggi 12 poin daripada indeks di Q3 2021 sebesar 145,6.

Menariknya, secara tahunan, indeks suplai perumahan di Cilodong meningkat pesat sebanyak 34,2 persen. Hal itu disebabkan perolehan indeks di Q4 2020 hanya mampu bertahan di angka 117,4, sementara indeks suplai di Q4 2021 sukses mencapai 157,6 (YoY).

Naiknya indeks suplai perumahan di Cilodong secara signifikan menjadi bukti konkret bahwa pasar hunian di kawasan dalam situasi yang prospektif. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengejar peluang investasi di sini bukan? Berikut 10 rekomendasi perumahan di Cilodong harga mulai Rp400 juta.

1. Perumahan di Cilodong: Grand Dahlia Cluster

Dipasarkan mulai Rp490 juta untuk tipe 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi, klaster Grand Dahlia berlokasi di Jalan Raya Boulevard Grand Duta City, Depok. Soal fasilitas, tersedia kolam renang anak, masjid, taman bermain anak, dan lapangan badminton.

2. Perumahan di Cilodong: Huis Residence

Terletak di Jalan Kavling IIP, Kalimulya, Cilodong, Huis Residence menawarkan rumah tipe 65/65 dengan tiga kamar tidur seharga Rp810 juta. Seluruh tipe unit di sini dirancang dengan gaya modern kontemporer yang sesuai dengan selera kaum milenial saat ini.

3. Perumahan di Cilodong: Qonita Kalimulya 2 Residence

Qonita Kalimulya 2 Residence yang berada di Jalan Kencana 1, Kalimulya Depok, Cilodong menghadirkan rumah tipe 60/90 seharga Rp695 juta. Perumahan ini dilengkapi fasilitas lengkap mulai dari lapangan badminton, arena bermain, kolam renang, hingga trek lari.

4. Perumahan di Cilodong: Trevista Premier

Berlokasi 3km dari Alun-Alun Depok, Trevista Premier layak dibidik sebagai aset investasi masa depan. Pasalnya, harga terkini yang dipasarkan masih terjangkau yakni Rp648 juta untuk tipe 36/60, dan diperkirakan akan mengalami kenaikan sekitar 4,06 persen per tahun.

5. Perumahan di Cilodong: Mesa Grande 2

Mesa Grande 2 pun berada cukup dekat dengan Alun-Alun Depok yakni terpaut 2,3km saja.  Menghadirkan rumah dengan harga mulai Rp600 juta, fasilitas yang tersedia di sini mencakup kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain, dan mushala.

6. Perumahan di Cilodong: Bougenhill Park Depok

Referensi selanjutnya ada Bougenhill Park Depok. Lokasinya berada di kawasan Sukamaju, Cilodong. Perumahan ini bisa jadi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan rumah dua lantai dengan harga Rp595 jutaan.

7. Perumahan di Cilodong: Sulambayang View

Jika mencari rumah di Cilodong dengan harga kurang dari Rp500 juta, maka Sulambayang View bisa jadi rujukannya. Harga tersebut dipatok untuk rumah dengan tipe 38/72 yang terdiri dari dua kamar tidur. Tertarik?

8. Perumahan di Cilodong: Jatimulya Village

Sementara itu, opsi lain ada perumahan Jatimulya Village yang berlokasi di Jalan Muhari. Harga rumah di sini dibanderol Rp500 juta, dengan konsep hunian Bali modern.

9. Perumahan di Cilodong: The Singkarak Icon

The Singkarak Icon merupakan townhouse yang dipasarkan mulai Rp1,1 miliar. Harga yang cukup tinggi itu sepadan dengan unitnya yang memiliki luas lahan 104m2. Selain itu, seluruh unit di sini dirancang dengan gaya Eropa yang mewah.

10. Perumahan di Cilodong: Villa Royal Sakinah

Referensi terakhir untuk perumahan di Cilodong yang layak dibidik sebagai sarana investasi adalah Villa Royal Sakinah. Menariknya, harga rumah di sini masih pas bagi kantong keluarga muda yakni Rp490 jutaan dengan spesifikasi dua kamar tidur.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah