Cinere

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti di kawasan Cinere, sebuah kecamatan yang sudah mapan di kota Depok. Wilayah ini adalah salah satu kawasan hunian 'elit' di pinggiran Jakarta.

'Elit' karena harga properti di kawasan ini sudah melambung tinggi. Menemukan rumah tapak di bawah Rp500 juta hampir mustahil. Anda mungkin masih bisa menemukan hunian di kisaran Rp600 juta, namun dengan luas tanah yang hanya berkisar 40m2 sampai dengan 50m2. Ya, luas tanah. Bukan luas bangunan.

Bicara soal ulasan wilayah, seperti kebanyakan kawasan yang sudah mapan, properti di kawasan lain di sekitar Cinere pun mulai ikut-ikutan mencatut nama wilayah ini sebagai nama perumahannya. Tujuannya tak lain adalah untuk menaikkan pamor properti mereka. Ini membuat area Cinere terkadang menjadi rancu.

Mereka yang berada di perbatasan Cinere, seperti Limo, kadang menyebut lokasinya sebagai Cinere, karena lebih mudah dikenali.

Bagi orang luar Jakarta dulu, daerah ini dikenal berkat sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan', di mana tokoh Si Doel dan pamannya, Mandra, kerap mengoperasikan angkutan umum oplet. Mandra sering meneriakkan 'Cinere-Gandul!' sebagai trayek oplet mereka.

Ya, di tahun 80-90an, Cinere lebih dikenal pemukiman 'pinggiran'. Namun seiring tumbuhnya hutan-hutan beton di Jakarta pemukiman pun mulai tergeser. Wilayah ini, yang tadinya merupakan daerah pinggiran, kini menjadi daerah incaran.

Area ini sendiri selalu masuk dalam daftar sepuluh kawasan hunian favorit konsumen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal ini tak lepas dari lokasinya yang seolah menyatu dengan Jakarta Selatan.

Dalam satu tahun belakangan, harga properti di kawasan ini tumbuh pada semester dua 2017. Puncak kenaikan harga terjadi di Desember 2017. Setelah pada semester pertama mengalami kelesuan terutama pada musim lebaran.

Cinere adalah salah satu kawasan dengan harga pasaran tinggi di wilayah Depok. Rumah.com Property Index mencatat kenaikan di kawasan ini mengalami kenaikan sekitar 3% sepanjang 2017. Saat ini, median harga di wilayah ini sudah mencapai Rp10 juta per meter persegi, bahkan lebih.

Tingginya harga dan makin menipisnya lahan membuat pengembang beralih dari pembangunan rumah tapak menjadi hunian bertingkat. Beragam apartemen mulai ditawarkan, mulai dari apartemen kelas menengah hingga kelas atas. Harganya berada pada kisaran Rp250 juta hingga Rp2 miliar.

Terkait infrastruktur, kawasan ini akan terhubung dengan Serpong pada 2019. Dinamakan Tol Cinere-Serpong, jalan bebas hambatan ini dibagi atas dua seksi, yakni seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,67km dan Pamulang-Cinere sepanjang 3,47km.

Total panjang tol ini mencapai 10,14km. Tol ini bermula dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Kawasan favorit ini dalam waktu dekat juga akan terkoneksi dengan Tol Jagorawi, yang bisa memudahkan masyarakat menuju lokasi-lokasi lain yang prospektif seperti Cibinong dan Cikarang.

Baca Selengkapnya
25
Jumlah sekolah
2
Pusat perbelanjaan
112,099
Populasi
10,47 km2
Luas Wilayah
10,707 Jiwa/Km2
Kepadatan Penduduk

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Jl. Cinere Raya No.88, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514, Indonesia

Baca lebih lanjut Cinere

Simak lebih lanjut wilayah Cinere

Properti dijual di Cinere

Properti disewakan di Cinere

Masukan