Citayam

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Citayam, sebuah area di pinggiran Kota Depok yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Area ini di masa sekarang mencakup seluruh lahan yang berada di Kecamatan Cipayung, Kota Depok, yang terdiri dari Kelurahan Pondok Terong, Ratu Jaya, Pondok Jaya, Cipayung dan Cipayung Jaya.

Pada tahun 1999 lima desa ini (yang kini telah berstatus kelurahan) dipisahkan dari kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor dan digabungkan menjadi bagian dari Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Kemudian tahun 2011 lima desa ini menjadi Kecamatan Cipayung. Perlu diketahui Citayam sendiri dulunya adalah sebuah kampung yang bertetangga dengan Kampung Cipayung.

Kini Kampung Cipayung menjadi Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, yang masuk wilayah Kota Depok, sedang Kampung Citayam menjadi bagian dari Desa Raga Jaya, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

Dalam perkembangannya, nama Citayam menjadi begitu menonjol seiring dibangunnya stasiun kereta api yang diberi nama Stasion Tjitajam pada 1922. Letak stasiun ini tepat berada di sisi timur setu. Jadi dulu hasil-hasil perkebunan Citayam dibawa melalui Jalan Pos Polisi dan Pasar Citayam yang sekarang menuju stasiun Citayam.

Kemudian dibuat alternatif jalan melalui setu yang sekarang disebut Jalan Pos (kereta api) Citayam. Perempatan yang terbentuk karena pembuatan jalan alternatif tersebut di sekitar Setu Citayam ini kemudian sering disebut sebagai simpang (perempatan) Hek. Jadi, nama Citayam juga merujuk pada sebuah setu, area tanah partikelir (landhuis), dan stasiun kereta api.

Sekarang Citayam sudah menjadi daerah yang ramai penduduk dan permukiman yang padat. Seiring banyaknya pendatang dari luar daerah, pembangunan permukiman pun begitu pesat. Stasiun Citayam, setiap hari selalu dipenuhi masyarakat yang hendak bekerja ke ibu kota. Pada saat pagi dan sore hari, di sekitar Stasiun Citayam kemacetan sudah jadi pemandangan lazim.

Dulu tak banyak orang yang ingin bermukim dikawasan yang sulit dijangkau ini, meskipun menggunakan kendaraan pribadi. Namun dengan semakin mahalnya harga hunian dikawasan Jakarta, Citayam perlahan pun menjelma menjadi lokasi alternatif pembangunan rumah murah.

Dan pada perkembangannya Citayam jadi kawasan yang dilirik oleh pembeli kelas menengah. Kini semakin banyak hunian semi cluster yang menjamur di kawasan ini. Hal ini karena terdapat stasiun commuterline, Stasiun Citayam yang tak jauh dari lokasi hunian.

Transportasi Commuter Line di Stasiun Citayam ini memang menjadi andalan para penghuni perumahan yang tinggal di kawasan Citayam untuk beraktivitas dan mobilitas ke Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Di seberang Stasiun Citayam juga terdapat pusat perbelanjaan Pasar Citayam, pasar yang menyediakan lengkap segala kebutuhan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
1
Stasiun Kereta
2
Rumah Sakit
1
Pasar

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Citayam, Bogor, West Java, Indonesia

Baca lebih lanjut Citayam

Simak lebih lanjut wilayah Citayam

Properti dijual di Citayam

Properti disewakan di Citayam

Masukan