Daerah Istimewa Yogyakarta

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti di Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara tingkatan, Daerah Istimewa memiliki kedudukan sejajar dengan provinsi di Indonesia. Wilayahnya sendiri merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman.

Secara georafis Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa,dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kotamadya, dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

Yang menarik meski secara geografis merupakan daerah setingkat provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional dan juga internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali.

Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta merupakan daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri atau disebut Zelfbestuurlandschappen (Daerah Swapraja), yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, sedangkan Kadipaten Pakualaman didirikan oleh Pangeran Notokusumo (saudara Sultan Hamengku Buwono II) yang bergelar Adipati Paku Alam I pada tahun 1813.

Eksistensi kedua kerajaan tersebut telah mendapat pengakuan dari dunia internasional, baik pada masa penjajahan Belanda, Inggris, maupun Jepang. Ketika Jepang meninggalkan Indonesia, kedua kerajaan tersebut telah siap menjadi sebuah negara sendiri yang merdeka, lengkap dengan sistem pemerintahannya (susunan asli), wilayah, dan penduduknya.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwana IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan bahwa Daerah Kesultanan Yogyakarta, dan Daerah Pakualaman bergabung dengan wilayah Negara RI yang kemudian dinyatakan sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Selengkapnya
3.452.390 jiwa
Populasi
1
Bandar Udara
5
Kabupaten
78
Kecamatan
438
Desa/Kelurahan

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

Simak tren harga di Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca lebih lanjut Daerah Istimewa Yogyakarta

Simak lebih lanjut wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Properti dijual di Daerah Istimewa Yogyakarta

Properti disewakan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Masukan