Memasuki kuartal keempat 2020 pasar properti nasional mulai menunjukan gelagat positif menuju pemulihan. Tren indeks harga dan suplai pada kuartal ketiga menunjukkan peningkatan yang didorong naiknya indeks harga rumah tapak. Bahkan perumahan DI Yogyakarta tercatat jadi area dengan indeks harga tertinggi di Q4 2020.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Q4 2020, tren indeks harga (RIPMI-H) dan indeks suplai (RIPMI-S) pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini tercatat mengalami peningkatan, setelah di kuartal sebelumnya sempat stagnan bahkan ada pula area yang mengalami penurunan.

Sebagai informasi, RIPMI-H properti nasional pada Q3 tahun ini berada pada angka 111.2, naik 0,5% dibanding Q2 2020 (quarter-on-quarter/QoQ). Namun demikian, indeks ini mengalami penurunan jika dibandingkan indeks pada Q3 2019 (year-on-year/YoY). Peningkatan RIPMI-H secara kuartalan ini didorong naiknya indeks pada rumah tapak.

Mau punya hunian sekaligus investasi di DI Yogyakarta? Cek aneka pilihan huniannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Sementara itu, RIPMI-S mengindikasikan pulihnya optimisme pelaku industri properti dari sisi penyedia suplai. Pada Q3 2020, RIPMI-S berada di angka 144,7. Angka ini naik 10% dari kuartal sebelumnya dan naik 25% secara tahunan. Terkait suplai, kenaikan RIPMI-H pada kuartal ini disebabkan oleh naiknya suplai dari sejumlah wilayah penyedia properti di Indonesia.

Adapun wilayah-wilayah penyuplai tersebut seperti Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Timur. Yang menarik adalah dinamika pasar properti yang terjadi di DI Yogyakarta. Perumahan DI Yogyakarta tercatat jadi area dengan indeks harga tertinggi di Q4 2020 padahal tengah mengalami stagnansi.

Perumahan DI Yogyakarta, area dengan indeks harga tertinggi di Q4 2020

Perumahan DI Yogyakarta, area dengan indeks harga tertinggi di Q4 2020

Angka indeks DI Yogyakarta merupakan angka indeks harga properti tertinggi di Q4 2020, yakni 134.6.

Hasil analisis yang tertuang lewat RIPMI Q4 2020 menemukan fakta, bahwa sejumlah wilayah yang mengalami penurunan RIPMI-H pada kuartal kedua 2020 menunjukkan kebangkitan, kecuali wilayah DI Yogyakarta saja yang angka indeksnya stagnan.

Perlu diketahui, RIPMI-H untuk wilayah DKI Jakarta berada pada angka 113,7 atau naik sebesar 1,42% (QoQ). Jawa Barat menunjukkan peningkatan terbesar yaitu 3,24% (QoQ) dengan angka indeks 120,9. Jawa Tengah menunjukkan tren positif dengan peningkatan 2,6% (QoQ) dengan angka indeks 115,4. Jawa Timur berada pada angka 93,1, naik 1,74% (QoQ).

Sebagai gambaran, semenjak Q3 2019 indeks harga properti di DI Yogyakarta memang terus mengalami kenaikan. Tercatat di Q3 2019 indeknya ada di angka 108,1, kemudian di Q4 2019 naik 8% menjadi 116,3. Kemudian di Q1 2020 naik 9%, lalu di Q2 indeksnya naik 6% menjadi 134,6, yang mana angka indeksnya tidak berubah di Q3 2020 ini.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Jika dibandingkan area lainnya di Jawa maupun Bali yang rata-rata mengalami kenaikan indeks harga yang didorong naiknya indeks harga rumah tapak, indeks harga perumahan DI Yogyakarta memang stagnan. Meski demikian, perlu diketahui bahwa angka indeks DI Yogyakarta merupakan angka indeks harga properti tertinggi di Q4 2020, yakni 134.6.

Begitupun dari sisi suplai, DI Yogyakarta juga terus mengalami kenaikan sejak Q3 2019. Tercatat di Q3 2019 indeknya ada di angka 109,8, kemudian di Q4 2019 naik 5% menjadi 114,7. Lalu di Q1 2020 indeks suplainya naik lagi sebanyak 9% dan indeksnya kembali naik 9% menjadi 135,8 di Q2 2020. Namun ketika di Q3 2020 indeks suplainya turun tipis 1% menjadi 134,3. 

5 Pilihan perumahan DI Yogyakarta paling istimewa untuk Anda

Berdasarkan data di atas, membeli perumahan DI Yogyakarta baik untuk dihuni, rumah liburan, ataupun disewakan kepada para mahasiswa mengingat DI Yogyakarta menjadi kota tujuan pendidikan, jelas bakal menguntungkan.

Apalagi DI Yogyakarta punya banyak keistimewaan seperti pada artikel Inilah Keistimewaan Yogyakarta Sebagai Daerah Istimewa. Untuk itu simak 5 pilihan perumahan DI Yogyakarta paling istimewa untuk Anda berikut ini:

1. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Greenland Giwangan Yogyakarta

1. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Greenland Giwangan Yogyakarta

Greenland Giwangan Yogyakarta yang dikembangkan oleh PT. Jayaland Sejahtera Yogyakarta ini mengusung green concept.

Perumahan DI Yogyakarta ini memiliki lokasi yang strategis di Jalan Imogiri Timur yang bebas macet, dekat akses pintu tol, 5 menit ke pusat kota, dan hanya 20 menit ke Malioboro. Perumahan ini hadir dalam konsep modern minimalis yang menawarkan kenyamanan sebuah tempat tinggal.

Nyaman karena Greenland Giwangan Yogyakarta yang dikembangkan oleh PT. Jayaland Sejahtera Yogyakarta ini mengusung green concept. Adapun fasilitasnya seperti jalan lebar full paving blok, taman di setiap rumah, playground, security 24 jam, dan instalasi air bersih.

Untuk info perumahan Greenland Giwangan Yogyakarta lebih lengkap, klik di sini!

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

2. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Royal Sedayu Residence

2. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Royal Sedayu Residence

Dari Royal Sedayu Residence hanya 20 menit ke Stasiun Tugu, Malioboro, dan 40 menit ke Bandara Baru NYIA.

Royal Sedayu Residence termasuk hunian mewah di area Jogja Barat jalur utama, sebuah kawasan yang telah berkembang pesat semenjak hadirnya beberapa Universitas ternama, objek wisata/hiburan, dan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Perumahan DI Yogyakarta ini dalam radius 1 Km terdapat Universitas Mercu Buana (kampus 1), SMP/SMA Kesatuan Bangsa, SDIT Anak Sholeh, Polsek Sedayu, SPBU, Minimarket, Bank BRI. Dalam 2 Km ada SD Budi Mulia Dua Sedayu, RS Mitra Sehat, Citra Grand Mutiara Waterpark.

Dari Royal Sedayu Residence hanya 20 menit ke Stasiun Tugu, Malioboro, dan 40 menit ke Bandara Baru NYIA. Perumahan ini didukung sistem keamanan one gate system, security 24 jam, dan CCTV. Akses jalan lebar 6 – 9 meter, terdapat kolam renang, club house, dan taman perumahan.

Untuk info perumahan Royal Sedayu Residence lebih lengkap, klik di sini!

3. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Griya Godean

Griya Godean merupakan perumahan DI Yogyakarta yang letaknya di tengah kota, dekat Pasar Godean dan Sindu Kusuma Edupark. Perumahan bergaya minimalis ini punya taman depan dan belakang dengan fasilitas keamanan dan akses jalan perumahan seluas 5 meter.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

Adapun magnet kawasan perumahan DI Yogyakarta yang satu ini dekat Indomaret Sidokarto dan Swalayan WS Godean. Ke sekolah SMA Negeri 1 Godean dan SMP Negeri 3 Godean hanya 5 Menit. Untuk ke Pasar Godean, Universitas Aisyiyah, RS PKU Gamping, dan Mirota Godean tak sampai 15 menit.

Untuk info perumahan Griya Godean lebih lengkap, klik di sini!

4. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Pondok Permai Purwomartani

4. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Pondok Permai Purwomartani

Keunggulan lainnya dari perumahan DI Yogyakarta ini juga dekat dengan beberapa kampus ternama di Yogyakarta.

Selain berudara sejuk dan bebas polusi, perumahan DI Yogyakarta yang satu ini punya banyak fasilitas seperti jogging track, WIFI, One Gate System, security 24 Jam, CCTV, dan jalan utama selebar 9 meter. Di sekitar perumahan Pondok Permai Purwomartani ini juga sudah banyak berdiri perumahan lainnya.

Keunggulan lainnya dari perumahan DI Yogyakarta ini juga dekat dengan beberapa kampus ternama di Yogyakarta, seperti 10 menit dari Atma Jaya, UPN, STIE YKPN, dan Universitas Sanata Dharma. Bahkan ke Stadion Maguwoharjo, Lotte Mart, dan bandara tidak lebih dari 10 menit.

Untuk info perumahan Pondok Permai Purwomartani lebih lengkap, klik di sini!

5. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Adyatama Residence Maguwo Yogyakarta

5. Pilihan perumahan DI Yogyakarta: Adyatama Residence Maguwo Yogyakarta

Perumahan ini didukung desain yang modern dengan tata letak ruangan yang nyaman sangat cocok untuk dijadikan rumah idaman keluarga Anda.

Adyatama Residence Maguwo Yogyakarta merupakan cluster perumahan baru yang terletak di daerah strategis Maguwo Sleman. Lokasinya sangat asri dengan akses yang mudah, didukung desain yang modern dengan tata letak ruangan yang nyaman sangat cocok untuk dijadikan rumah idaman keluarga Anda.

Perumahan DI Yogyakarta ini juga didukung fasilitas one gate system, security, dan akses jalan selebar 6 meter yang di paving, serta playground. Daya tarik lainnya hanya 3 menit dari Jogja Bay Waterpark, kurang dari 5 menit ke SD Model Sleman, SD, SMP, SMA Budi Mulia dan Kampus Sanata Darma Paingan.

Untuk info perumahan Adyatama Residence Maguwo Yogyakarta lebih lengkap, klik di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah