Rasanya memang tidak salah jika Yogyakarta mendapat status sebagai Daerah Istimewa mengingatada banyak keistimewaan Yogyakarta. Bahkan saking istimewanya, Joko Pinurbo, penyair terkemuka Indonesia, menyebutnya dengan untaian kata yang indah, “Yogya terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan.”

Kota ini memang sanggup menarik orang untuk datang dan kemudian kembali “pulang”. Pulang, karena mereka yang pernah singgah di Yogya pasti akan menganggapnya sebagai rumah kedua sehingga selalu ingin kembali lagi.

Butuh informasi lengkap seputar perkembangan dan potensi kawasan lainnya? Simak info lengkapnya di AreaInsider.

Keistimewaan Yogyakarta memang membius banyak orang, sebut saja bagi pelajar, wisatawan, dan juga para seniman. Dan bagi Anda yang hendak mencari hunian atau investasi, kota ini jelas wajib Anda pertimbangkan!

Dan berikut adalah sejumlah Keistimewaan Yogyakarta:

Keistimewaan Yogyakarta: Dipimpin Sultan

Keistimewaan Yogyakarta Dipimpin Sultan

Gubernur yang memimpin adalah Sultan Yogyakarta yang bertahta, sementara wakil gubernurnya adalah Pangeran Paku Alam yang bertahta. (Foto: kratonjogja.id)

Seluruh daerah setingkat provinsi di Indonesia dipimpin seorang gubernur, tapi untuk wilayah DIY beda, dipimpin oleh seorang Sultan!

Ada sejarahnya. Jadi sebelum Indonesia merdeka, Yogya merupakan daerah yang punya pemerintahan sendiri atau disebut Zelfbestuurlandschappen (Daerah Swapraja), yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman.

Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755, sedangkan Kadipaten Pakualaman didirikan oleh Pangeran Notokusumo (saudara Sultan Hamengku Buwono II) yang bergelar Adipati Paku Alam I pada tahun 1813.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Setelah Indonesia merdeka, Sri Sultan Hamengkubuwana IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan bahwa Daerah Kasultanan dan Daerah Pakualaman bergabung dengan wilayah Negara RI.

Itu sebabnya gubernur yang memimpin adalah Sultan Yogyakarta yang bertahta, sementara wakil gubernurnya adalah Pangeran Paku Alam yang bertahta. Hal ini memang menjadi tradisi dan sesuai UU 13/2012 tentang keistimewaan Yogyakarta.

Keistimewaan Yogyakarta: Kota Pelajar

Keistimewaan Yogyakarta Kota Pelajar

Perguruan tinggi negeri yang juga sekaligus menjadi ikon kota ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kurang lebih terdapat 137 perguruan tinggi yang tersebar di wilayah ini, mulai dari universitas, politeknik, sekolah tinggi, dan Akademi. Perguruan tinggi negeri yang juga sekaligus menjadi ikon kota ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dan kebanyakan perguruan tinggi di sini gedungnya bagus, mutunya terjamin, dan berakreditasi bagus. Dengan demikian banyak pelajar dari berbagai kota di Indonesia yang menjadikannya sebagai kota tujuan untuk menimba ilmu.

Tertarik untuk punya rumah di Daerah Istimewa Yogyakarta karena didukung sarana pendidikan yang lengkap dan juga dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang murah dan enak? Cek pilihan huniannya di sini!

Dijuluki sebagai Kota Pelajar juga karena dalam sejarahnya kota ini berperan penting dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Di kota inilah Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, mendirikan perguruan Taman Siswa.

Keistimewaan Yogyakarta: Biaya Hidup Murah Meriah

Keistimewaan Yogyakarta Biaya Hidup Murah Meriah

Di sini bisa makan nasi gudeg komplit atau nasi gule kambing di bawah Rp10 ribu, serta angkringan dan warung burjo murah meriah yang buka 24 jam yang bertebaran di setiap sudut kota.

Ini bukan mitos kalau biaya hidup di kota ini murah meriah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta adalah kota di Indonesia dengan biaya hidup termahal. Dan berdasarkan data BPS, Yogya termasuk dalam 5 besar kota dengan biaya hidup termurah.

Di sini Anda masih bisa makan nasi gudeg komplit atau nasi gule kambing dengan harga di bawah Rp10 ribu, serta angkringan dan warung burjo murah meriah yang buka 24 jam yang bertebaran di setiap sudut kota. Ya, inilah salah satu keistimewaan kota ini, yang bikin hidup terasa lebih mudah, lebih nikmat.

Biaya hidupnya yang ramah bagi semua orang tentu saja membuat kota ini makin nyaman untuk ditinggali — apalagi mahasiswa. Nah, jika Anda tertarik untuk punya hunian atau berinvestasi di kota ini, simak aneka pilihan huniannya di sini!

Keistimewaan Yogyakarta: Kota Tujuan Wisata

Keistimewaan Yogyakarta Kota Tujuan Wisata

Eksotisme Candi Prambanan dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan tujuan wisata di Yogya yang jadi primadona dan wajib dikunjungi para wisatawan.

Siapa yang tidak tahu Jalan Malioboro? Belum lagi eksotisme Candi Prambanan dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Itu hanyalah beberapa tempat tujuan wisata di Yogya yang jadi primadona dan wajib dikunjungi para wisatawan.

Hampir semua jenis wisata tersedia di kota ini. Mulai dari wisata sejarah, alam, hinggga kuliner. Buat yang suka naik gunung ada Gunung Merapi, buat yang suka menyusuri gua ada Goa Pindul, serta deretan pantai yang indah nan eksotis seperti Parangtritis. Dan Yogyakarta merupakan tujuan wisata andalan Indonesia setelah Provinsi Bali.

Keistimewaan Yogyakarta: Kota Seni dan Budaya

Keistimewaan Yogyakarta Kota Seni dan Budaya

Terbukti hingga saat ini Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat masih berdiri, Sultan sebagai raja mengayomi warganya dengan baik, ritual seperti Grebek Maulud atau Sekaten rutin dilakukan setiap tahunnya.

Meski kota ini kini sudah banyak mendapat sentuhan modernisasi, tapi Yogya tak pernah berusaha melepaskan jati dirinya, masih melestarikan budayanya secara turun menurun. Keistimewaan Yogyakarta yang utama, masih kental dan teguh dengan adat budaya Jawanya.

Terbukti hingga saat ini Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat masih berdiri, Sultan sebagai raja mengayomi warganya dengan baik, ritual seperti Grebek Maulud atau Sekaten rutin dilakukan setiap tahunnya, dan lain-lain. Begitupun di bidang kesenian.

Seni seolah menyatu dengan setiap denyut kehidupan Yogya. Beragam jenis kesenian lahir dan tumbuh subur di kota ini, mulai dari seni peninggalan nenek moyang hingga seni modern.

Seniman dan musisi terbaik dan ternama negeri ini pun banyak yang berasal dari kota ini. Sebut saja seperti Bagong Kussudiardja yang seorang koreografer dan pelukis, garin Nugroho yang sutradara dan produser film, Djaduk Ferianto yang fokus pada penggalian musik-musik tradisi, dan masih banyak lagi.

Itulah keistimewaan Yogyakarta. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah