Jogging menjadi olahraga yang praktis dan murah untuk dilakoni. Nah, terdapat bermacam tempat jogging di Jogja yang wajib dicoba, mulai dari Alun-alun Keraton hingga area persawahan.

Aktivitas jogging menjadi pilihan olahraga hampir semua orang di mana pun berada, tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta. Praktis dan mudah dilakukan menjadi alasan masyarakat memilih jogging sebagai olahraga rutin. Untuk memfasilitasi kegemaran masyarakat berolahraga, tersedia cukup banyak tempat jogging di Jogja.

Terkadang, kita bosan dengan tempat jogging yang hanya berupa lintasan lari di sebuah stadium atau arena olahraga tertentu. Nah, kita bisa menemukan tempat jogging di Jogja yang asyik dengan pemandangan sekitar yang membangkitkan mood.

Mau punya rumah di Jogja dan sekitarnya dengan harga terjangkau dan cocok untuk pasangan muda? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp400 jutaan di sini!

Ingin menikmati akhir pekan di Jogja sambil lari-lari santai? Yuk, temukan tempat jogging di Jogja sesuai keinginan dan tujuan Anda berolahraga!

1. Tempat Jogging di Jogja: Alun-alun Keraton, ‘Menyapa’ sang Raja

1. Tempat Jogging di Jogja: Alun-alun Keraton, ‘Menyapa’ sang Raja

Jogging sambil menikmati sunrise di Alun-alun Selatan Keraton Jogja (Foto: nasirullahsitam.com)

Alun-alun Keraton Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Alun-alun Kidul (Selatan) dan Alun-alun Lor (Utara) merupakan salah satu tempat jogging di Jogja yang menjadi favorit.

Tempatnya yang luas dan strategis membuat Alun-alun Keraton Jogja menjadi pilihan warga untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bersantai hingga berolahraga.

Selain itu, karena alun-alun ini juga menjadi destinasi wisata, maka tidak perlu malu bila jogging di keramaian wisatawan, terutama di Alun-alun Selatan. Usai jogging, Anda bisa menikmati berbagai jajanan yang banyak ditemui di sekitar tempat yang menjadi ikon Kota Pelajar ini.

Alamat :

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

2. Tempat Jogging di Jogja: Ajak Keluarga ke Stadion Mandala Krida

2. Tempat Jogging di Jogja: Ajak Keluarga ke Stadion Mandala Krida

Stadion Mandala Krida menjadi tempat jogging di Jogja favorit para warganya. (Foto: Akun Twitter @Mandala_Krida)

Ingin mencoba tempat jogging di Jogja yang berada di kawasan tengah kota? Datang saja ke Stadion Mandala Krida. Di stadion kebanggaan warga kota Jogja ini juga bermarkas klub sepakbola PSIM Jogjakarta.

Areanya cukup luas sehingga Anda bisa puas lari-lari santai mengelilingi bagian luar stadion. Selain itu, karena bebas kendaraan bermotor, suasana di luar stadion terasa tenang. Tak heran bila Mandala Krida menjadi tempat jogging di Jogja yang banyak dikunjungi anak-anak hingga dewasa pada waktu akhir pekan.

Alamat :

Jl. Kemuning, Kec. Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka :

Setiap hari, Pukul 05.00-19.00 WIB (Sabtu sampai Pukul 22.00 WIB)

Harga Tiket Masuk: Gratis

3. Tempat Jogging di Jogja: si Cantik nan Teduh Embung Tambakboyo

3. Tempat Jogging di Jogja: si Cantik nan Teduh Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo, tenpat jogging di Jogja yang asik, tempatnya pun cantik. (Foto: sda.pu.go.id)

Embung Tambakboyo adalah tempat jogging di Jogja yang menawarkan pemandangan waduk yang cantik dan teduh. Anda bisa berlari-lari berkeliling waduk seluas 7,8 hektar ini dengan nyaman meski harus berbagi ‘track’ dengan kendaraan yang lewat.

Area di sekitar waduk Embung Tambakboyo memang sangat asyik digunakan untuk jogging pada pagi maupun sore hari. Kalau hari sedang cerah, Anda bisa jogging sambil menatap keindahan gunung Merapi. Keren, kan?

Alamat :

Ngringin, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

4. Tempat Jogging di Jogja: Kawasan Gedung Graha Sabha Pramana UGM

4. Tempat Jogging di Jogja: Kawasan Gedung Graha Sabha Pramana UGM

Lari-lari santai di tempat jogging di Jogja sambil berkeliling GSP dan kompleks UGM hingga puas. (Foto: AKun Twitter @Jogja24jam)

Tempat jogging di Jogja yang satu ini berada di kompleks Universitas Gadjah Mada. Kawasan Gedung Graha Sabha Pramana (GSP) tergolong luas dan steril dari kendaraan bermotor, biasa digunakan untuk beraktivitas fisik oleh para mahasiswa dan masyarakat umum, baik pagi maupun sore hari.

Di kawasan ini, kita bisa jogging di sekeliling GSP serta lapangan yang terletak di depan gedung. Dan jika mau lebih puas lagi, Anda bisa berlari keliling fakultas dan area perumahan dosen di sekitar GSP yang cukup teduh karena dipayungi pepohonan yang rindang.

Selain lari-lari, di sini banyak juga yang berlatih sepakbola, capoeira, parkour, dan pencak silat. Suasananya yang nyaman dengan deretan pohon rimbun membuat setiap tarikan nafas terasa segar dan relaks.

Alamat :

Jl. Bhinneka Tunggal Ika No. 1, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

5. Tempat Jogging di Jogja: ‘Jogging Track’ Bulak Pronosutan

5. Tempat Jogging di Jogja: ‘Jogging Track’ Bulak Pronosutan

Tempat jogging di Jogja dramatis, sambil berlari membelah persawahan.  (Foto: Akun Facebook Panorama Kulon Progo)

Kali ini, yuk kita coba tempat jogging di Jogja dengan hamparan sawah di sekelilingnya. Sebenarnya, ‘jogging track’ Bulak Pronosutan bukan lintasan lari resmi.

Lebih tepatnya hanya sebuah jalanan kecil yang membentang di tengah luasnya persawahan sehingga saat dilihat dari atas akan nampak seperti lintasan untuk berlari.

Udara di area persawahan umumnya memang terasa sejuk dan relatif bersih sehingga ketika jogging di pagi hari akan terasa sangat nyaman. Jangan lewatkan untuk berpose di sepanjang lintasan jogging ini, dan tularkan kebahagiaan Anda di media sosial!

Alamat :

Pronosutan, Kec. Nanggulan, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

6. Tempat Jogging di Jogja: Sejuknya Lapangan Denggung Sleman

6. Tempat Jogging di Jogja: Sejuknya Lapangan Denggung Sleman

Lapangan Denggung yang menjadi salah satu tempat jogging di Jogja dipenuhi pepohonan rindang sehingga membuat suasana menjadi sejuk. (Foto: jogja-blusukan.blogspot.com)

Alasan Lapangan Denggung Sleman dipilih sebagai tempat jogging yang representatif adalah adanya lintasan lari yang mengelilingi lapangan. Hal ini membuat para pelari menjadi lebih nyaman. Pepohononan yang rindang menghadirkan kesejukan bagi tempat jogging di Jogja yang terletak di Sleman ini.

Menariknya lagi, Lapangan Denggung Sleman dilengkapi dengan berbagai peralatan olah fisik yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Selain itu, tersedia beragam wahana permainan atraktif untuk anak-anak dengan harga terjangkau sehingga membuat anak tetap aktif bergerak.

Alamat :

Jl. Magelang Km 10, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Buka :

Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk: Gratis

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah