Wisata Yogyakarta nyatanya memang terkenal hingga mancanegara, menjadi andalan Indonesia setelah Bali. Siapa yang tidak tahu Jalan Malioboro? Eksotisme Candi Prambanan dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat?

Bukan hanya itu, masih ada banyak lagi obyek wisata Yogyakarta terkenal yang jadi tujuan wisatawan. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, hingga wisata kuliner. Tapi yang menarik adalah bagaimana kota ini memfasilitasi sektor pariwisatanya.

Ya, Yogyakarta bukan hanya concern kepada fasilitas penunjang kebutuhan hidup warganya saja. Seperti misalnya fasilitas kesehatan dengan banyaknya sejumlah rumah sakit hingga Puskesmas. Sebut saja Rumah Sakit Bethesda, Rumah Sakit DKT Dr.Soetarto Yogyakarta, dan Rumah Sakit Islam Hidayatullah.

Sebagai kota yang juga mendapat julukan sebagai Kota Pelajar, fasilitas pendidikan Yogya jelas terdepan. Penyebaran sekolah untuk tingkat dasar sampai Sekolah Menengah menjangkau seluruh wilayah sampai ke pelosok desa. 

Sementara jumlah perguruan tinggi di DIY baik negeri, swasta, maupun kedinasan seluruhnya sebanyak 136 institusi dengan rincian 21 universitas, 5 institut, 41 sekolah tinggi, 8 politeknik, dan 61 akademi.

Sebagai ibu kota provinsi, fasilitas penunjang kebutuhan hidup Daerah Istimewa Yogyakarta memang lengkap. Dan bagi Anda yang hendak mencari hunian atau investasi, kota ini jelas wajib Anda pertimbangkan!

Dan sektor pariwisata yang juga menjadi andalan kota ini pun mendapat fasilitas berlimpah agar semakin mendongkrak kunjungan wisatawan. Dan berikut adalah sejumlah fasilitas wisata Yogyakarta yang istimewa yang tak kalah dengan fasilitas penunjang kebutuhan hidup lainnya.

Fasilitas Wisata Yogyakarta: De Arca Statue Museum

Fasilitas Wisata Yogyakarta: De Arca Statue Museum

Patung-patung ini merupakan karya seniman kenamaan Yogyakarta, Dunadi.

Mau foto bareng tokoh terkenal mulai dari presiden, selebritis, hingga karakter superhero? Tak perlu jauh-jauh ke Museum Patung Lilin Madam Tussaud yang ada di Bangkok atau Singapura. Kunjungi saja De Arca Statue Museum Yogyakarta.

De Arca Statue Museum adalah museum patung pertama dan terbesar di Indonesia yang diresmikan pada Desember 2014. Patung-patung ini merupakan karya seniman kenamaan Yogyakarta, Dunadi.

Semua mirip seperti aslinya dengan kostum dan gestur yang sama. Bedanya tidak terbuat dari lilin, tapi resin dari getah tumbuhan tertentu, disesuaikan dengan iklim Yogya. Secara keseluruhan museum ini terdiri dari tiga zona:

  1. Zona tokoh nasional: Terdiri dari tokoh pahlawan nasional mulai dari Cut Nyak Dhien, R.A. Kartini, hingga Jenderal Soedirman.
  2. Zona presiden dunia: Terdapat beberapa presiden terkemuka seperti, Megawati, BJ. Habibie, Ratu Elizabeth 2, hingga Obama.
  3. Zona tokoh dunia: Diisi beberapa patung tokoh karakter film seperti Hulk, Captain America, Thor, dan beberapa tokoh yang selalu saja jadi perbincangan dunia seperti Cristiano Ronaldo, Jackie Chan, Michael Jackson, Hitler, hingga Dalai Lama, dan Bunda Theresa. 

Fasilitas Wisata Yogyakarta: Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas Wisata Yogyakarta: Taman Pintar Yogyakarta

Permainan-permainan di sini dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan minat anak terhadap sains. (tamanpintar.co.id)

Pernah melihat parabola yang bisa berbisik? Atau dinding yang bisa berdendang? Semua ini bisa Anda temukan di Taman Pintar Yogyakarta yang terletak di Jl. Panembahan Senopati No 1-3.

Nah, Parabola Berbisik adalah salah satu jenis permainan yang ada di taman ini. Permainan-permainan di sini dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan minat anak terhadap sains. Parabola berbisik mengajarkan tentang prinsip penghantaran rambat gelombang.

Berbagai permainan menarik dan mendidik lainnya adalah Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum Batu, Tapak Pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir.

Seru, khan?! Nah, jika Anda tertarik untuk punya hunian atau berinvestasi di kota ini, simak aneka pilihan huniannya di sini!

Jam Buka:

  • Senin: Tutup (kecuali libur nasional buka)
  • Selasa-Minggu:Ppukul 08.30 – 16.00 WIB

Fasilitas Wisata Yogyakarta: Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas Wisata Yogyakarta: Sindu Kusuma Edupark

Daya tarik utama Cakra Manggilingan adalah persembahan bird eye view 360 derajat ketika kapsul berada di titik puncak. (kusuma-edupark.com)

Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan sebuah destinasi rekreasi dengan wahana bermain maupun wahana belajar yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Dan wahana yang paling terkenal sekaligus menjadi ikon Sindu Kusuma Edupark adalah bianglalanya.

Jika Singapura punya Flyer setinggi 165 meter, Malaysia ada Eye setinggi 88 meter, dan Thailand terdapat Asiatique setinggi 60 meter, Indonesia memiliki Cakra Manggilingan dengan tinggi 48 meter.

Meski di tingkat Asia Tenggara ada di peringkat keenam sebagai bianglala tertinggi, tapi di tingkat nasional bianglala ini berada di peringkat pertama. Daya tarik utama Cakra Manggilingan adalah persembahan bird eye view 360 derajat ketika kapsul berada di titik puncak. 

Dan setidaknya ada 18 wahana bermain di sini. Beberapa diantaranya House of Terror, Area Ketangkasan, Bioskop 8D, Bioskop 4D, Montor Tumbur, Sepeda Mabur (Flying Bicycle), Cangkir Mabur (Spinning Cup), Kursi Mabur (Flying Chair), Taman Lampu, dan Mini Waterpark.

Untuk wahana edukasi formatnya serupa museum. Ada Omah Batik di mana pengunjung bisa mempelajari berbagai macam motif batik hingga sejarah perjalanan batik sampai booming seperti sekarang.

Kemudian ada juga Omah Musik yang mengedukasi lewat perkembangan sejarah musik. Ada juga bermacam alat vintage yang berhubungan dengan musik. Di sini pengunjung bisa melihat dan mendengar langsung gramofon antik yang dibunyikan dengan amplifier kayu antik yang memutar lagu lawas Indonesia yang tidak lagi terdengar di televisi.

Itulah sejumlah fasilitas wisata Yogyakarta yang istimewa, selain fasilitas penunjang kebutuhan hidup lainnya Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah