Denpasar

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Denpasar, ibu kota Provinsi Bali yang merupakan kota terbesar kedua di wilayah Indonesia Timur setelah Makassar. Kota ini berkembang menjadi pusat kegiatan bisnis berkat pertumbuhan industri pariwisata di Pulau Bali, menempatkan kota ini sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan tinggi di Provinsi Bali.

Secara administratif pemerintahan kota ini terdiri dari 4 kecamatan, 16 kelurahan, dan 27 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 638.548 jiwa dengan luas wilayah 127,78 km² dan sebaran penduduk 4.997 jiwa/km². Laju pertumbuhan penduduk Kota Denpasar per tahun dalam rentang waktu 2000-2010 adalah sebesar 4 %, dengan perbandingan jumlah penduduk laki-laki lebih banyak 4.57 % dibandingkan dengan jumlah penduduk wanitanya.

Pembangunan pariwisata memang berpengaruh kuat terhadap perubahan struktur dan peningkatan perekonomian di Kota Denpasar. Namun struktur perekonomian kawasan ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan struktur perekonomian Provinsi Bali pada umumnya. Kota ini menempatkan sektor perdagangan, hotel dan restoran mendominasi pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Kota Denpasar juga memiliki sarana pelayanan kesehatan yang cukup baik di Provinsi Bali. Terdapat 3 rumah sakit milik pemerintah diantaranya RSUP Sanglah Denpasar, RSUD Wangaya dan RSAD Udayana serta 13 buah rumah sakit swasta. Sementara dalam rangka meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya, pemerintah Kota Denpasar telah membangun 10 buah Puskesmas dan 26 buah puskesmas pembantu, dengan rasio puskesmas per 100 ribu penduduk adalah 1,7.

Dalam kaitannya sebagai kota wisata, maka ibu kota Bali ini juga didukung oleh beberapa kawasan seperti Kuta dan Ubud. Kawasan ini sering disebut sebagai Sarbagita atau Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan berdasarkan Peraturan Presiden No. 45 tahun 2011. Di kota ini juga berdiri beberapa perguruan tinggi diantaranya Universitas Udayana, Universitas Mahasaraswati, Universitas Warmadewa dan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Pelabuhan Benoa merupakan pintu masuk ke Kota Denpasar melalui jalur laut dan saat ini dikelola oleh PT Pelindo III. Pelabuhan ini berada sekitar 10 km dari pusat kota, dan telah beroperasi sejak dari tahun 1924. Selain itu juga terdapat Jalan Tol Bali Mandara yang mempunyai 4 jalur yang menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandara Ngurah Rai dan Nusa Dua. Jalan sepanjang 12.45 km ini juga dibangun dengan jalur khusus untuk motor.

Sebagai salah satu sentra pengembangan pariwisata, kota ini menjadi barometer bagi kemajuan pariwisata di Bali, hal ini dapat dilihat dengan munculnya berbagai hotel berbintang sebagai sarana menunjang aktivitas pariwisata tersebut. Pantai Sanur merupakan salah satu kawasan wisata pantai yang ramai dikunjungi. Sementara Lapangan Puputan merupakan kawasan ruang terbuka hijau di Kota Denpasar sekaligus berfungsi sebagai paru-paru kota.

Baca Selengkapnya
4
Kecamatan
3
Rumah Sakit Pemerintah
13
Rumah Sakit Swasta
1
Pelabuhan Laut
1
Bandar Udara

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Denpasar, Denpasar City, Bali, Indonesia

Baca lebih lanjut Denpasar

Properti dijual di Denpasar

Properti disewakan di Denpasar

Masukan