Ketika Ibu kota Indonesia tercinta diwacanakan pindah ke Kalimantan, apakah pesona untuk punya rumah di Jakarta otomatis sirna? Tentu tidak! Karena lebih banyak alasan mengapa orang ingin menetap di Jakarta ketimbang mengikuti ke mana Ibu kota berpindah.

Setiap tahunnya, terutama menjelang Lebaran dan setelah Lebaran, berbagai pemberitaan mengenai arus mudik Lebaran terus mewarnai layar kaca televisi kita. Terlebih sorotannya mengacu pada kota-kota besar, yang paling utama adalah sang Ibu kota, Jakarta.

Padatnya Jakarta sudah menjadi pemakluman, kemacetan ibu kota pun sudah bukan menjadi hal yang meresahkan bagi orang yang bermukim dan beraktivitas di kota metropolitan ini. Punya rumah di Jakarta? Tentunya jadi impian banyak orang.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Walau harga hunian di Jakarta terus meroket, namun daya tarik untuk punya rumah di Jakarta tak pernah pupus. Mulai dari rumah seken hingga rumah baru, asal ‘cap’ DKI Jakarta melekat, pemburu properti pun tak kan tinggal diam.

Berbagai faktor memperkuat  alasan-alasan untuk punya rumah di Jakarta. Jika fasilitas penting di Jakarta bisa dibilang banyak tersebar di seluruh wilayah, tapi apalagi sih yang membuat orang ingin beli rumah di Jakarta atau pindah dan menetap di Jakarta?

Rumah di Jakarta Terjamin Fasilitas Pendukungnya

Rumah di Jakarta Terjamin Fasilitas Pendukungnya

Punya rumah di Jakarta tak akan kesulitan mencari pasar atau pusat perbelanjaan, bahkan berbelanja barang secara grosir untuk kemudian dijual lagi pun ada area khususnya.  (blog.triceptera.com)

Faktor pendukung terpenting saat membeli rumah di Jakarta atau di suatu kawasan adalah mudahnya fasilitas penting penunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Jarak yang dekat dengan banyak fasilitas penting akan membuat kawasan perumahan tersebut memiliki nilai plus.

Fasilitas penting jika punya rumah di Jakarta

  • Fasilitas kesehatan. Dalam lima wilayah di Kota Jakarta, tersebar banyak rumah sakit besar dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Sehingga tak sulit untuk mencari yang terbaik.

Daftar rumah sakit besar di Jakarta

  1. Jakarta Pusat memiliki RS Cipto Mangunkusumo, RS St. Carolus, RS Jakarta, RS Abdi Waluyo, RS TNI AL Dr.Mintohardjo, Jakarta Eye Center, dan lain-lain.
  2. Jakarta Selatan memiliki RSUP Fatmawati, RSPP Pertamina, RS Mayapada, RS Pondok Indah, RS Siloam TB Simatupang, dan lain-lain.
  3. Jakarta Barat memiliki RS Harapan Kita (Palmerah), RS Siloam Kebon Jeruk, RS Royal Trauma (Grogol), RS Ciputra Citra Garden City (Kalideres), dan lain-lain.
  4. Jakarta Utara memiliki RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, RS Royal Progress, RS PIK, RS Pluit, RS Hermina Podomoro, dan lain-lain.
  5. Jakarta Timur memiliki RSUP Persahabatan, RSIA Hermina Jatinegara, RS Mitra Keluarga Cibubur, RS Premier Jatinegara, RSU UKI, dan lain-lain.
  • Fasilitas pendidikan. Hampir seluruh penduduk di Jakarta bahkan dari luar Jakarta mengincar pendidikan di pusat kota ini. Mulai dari alasan mutu sekolah terjaga, prestasi siswa-siswinya yang baik, hingga anggapan akan mulus jalannya untuk memasuki perguruan tinggi negeri favorit.

Tujuh Universitas Favorit di Jakarta

  1. Universitas Indonesia, memiliki dua area kampus yaitu di Depok dan Salemba, Jakarta Pusat.
  2. Universitas Bina Nusantara, di kawasan Jakarta Barat.
  3. Universitas Mercu Buana, di kawasan Meruya Selatan, Jakarta Barat.
  4. Universitas Trisakti, di kawasan Grogol, Jakarta Barat.
  5. Universitas Atma Jaya, di kawasan Karet Semanggi, Jakarta Selatan.
  6. Universitas Tarumanegara, di kawasan Grogol, Jakarta Barat.
  7. Universitas Negeri Jakarta, di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur.
  • Fasilitas perbelanjaan. Punya rumah di Jakarta tak akan kesulitan mencari pasar atau pusat perbelanjaan, bahkan berbelanja barang secara grosir untuk kemudian dijual lagi pun ada area khususnya. Dan kalau mau berbelanja barang-barang branded pun tak harus jauh-jauh ke Singapore!

Tempat belanja favorit jika punya rumah di Jakarta

  1. Jakarta Selatan: Pondok Indah Mall 1, 2, 3, Gandaria City, Pasar Mayestik, Plaza Senayan, Senayan City, Blok M, dan lain-lain.
  2. Jakarta Pusat: Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Pasar Tanah Abang, Thamrin City, Pasar Baru, ITC Cempaka Mas, dan lain-lain.
  3. Jakarta Barat: Puri Mall, Central Park, Mall Taman Anggrek, Mall Ciputra, Pasar Asemka, dan lain-lain.
  4. Jakarta Timur: Pasar Grosir Jatinegara, Pasar Mester, Pusat Grosir Cililitan, Lippo Plaza Kramat Jati, Kota Kasablanka, dan lain-lain.
  5. Jakarta Utara: Pasar Ular Plumpang, Pasar Pagi Mangga Dua, ITC Mangga Dua, dan lain-lain.

Rumah di Jakarta banyak pilihan hunian alternatif

Rumah di Jakarta banyak pilihan hunian alternatif

Upaya dalam mengatasi lahan yang semakin sedikit namun tetap diwujudkan dalam bentuk hunian membuat beberapa pengembang menghadirkan rumah di Jakarta berkonsep apartemen yang disebut Aparthouse.

Dengan lima wilayah utama, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara, tentunya rumah di Jakarta akan terus diburu orang. Hal ini yang membuat permintaan pasar terus meningkat selaras dengan kenaikan harga tanah di ibu kota. Tak hanya itu, lahan pun jadi semakin sempit.

Mau punya hunian di jantung ibu kota yang didukung fasilitas berlimpah dengan harga di bawah Rp1,5 M? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Hadirnya hunian alternatif dengan berbagai keunggulan serta cara pemanfaatan lahan yang optimal memberi angin segar bagi para pemburu rumah di Jakarta, khususnya keluarga muda yang sedang merintis karier.

Pilihan hunian alternatif pengganti rumah di Jakarta

  • Apartemen. Di penghujung tahun 2020, sinyal positif untuk sektor properti mulai terlihat. Situasi yang terus membaik di mana banyak orang melakukan investasi properti terlihat marak juga di pasar apartemen Jakarta.

Menurut artikel yang dilansir Rumah.com pada proyeksi akhir tahun 2020 (baca selengkapnya di sini), beberapa proyek yang tertunda pada tahun ini akan masuk di tahun 2021 dengan proyeksi total sebanyak 30.571 unit apartemen di Jakarta yang akan selesai.

Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi positif sebesar lima persen, proyeksi untuk penyerapan unit apartemen di Jakarta ini akan lebih baik pada tahun 2021.

  • Aparthouse. Upaya dalam mengatasi lahan yang semakin sedikit namun tetap diwujudkan dalam bentuk hunian membuat beberapa pengembang menghadirkan rumah di Jakarta berkonsep apartemen.

Properti residensial berkonsep baru yaitu Aparthouse ini menggunakan lahan kecil, berkonsep smart home seperti apartemen, namun dengan hak milik atas tanah. Kisaran luas tanahnya sekitar 4 x 3,5 meter dengan luas bangunan mencapai 45 m2, sudah dilengkapi dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi.

Mungkin mengejutkan, namun jika kita melihat apa yang dilakukan pada arsitektur Jepang, pemanfaatan area secara optimal sangat bisa dilakukan. Cocok bagi para milenials maupun keluarga muda.

Yang membuat tertarik, Aparthouse rata-rata dibangun dekat pusat bisnis dan memiliki dekat dengan sarana transportasi massal seperti stasiun. Sertifikat hak milik (SHM) pun menarik minat pemburu properti dalam memilih hunian ini, berbeda dengan kepemilikan unit apartemen.

  • Townhouse. jenis hunian rumah tapak (landed house), yang lokasinya rata-rata berada di kawasan perkotaan atau pusat kota. Townhouse pada umumnya dibangun eksklusif dalam jumlah relatif cukup terbatas antara 10 hingga 30-an unit.

Townhouse biasanya fasadnya seragam, serta dibangun secara berdekatan antara satu unit dengan unit yang lain. Pada awalnya, Townhouse ini dibangun dengan konsep ekslusif dengan fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan ekspatriat dan kelas menengah keatas. Dan dilengkapi garasi yang memuat lebih dari satu mobil.

Sebagai alternatif rumah di Jakarta, tentunya lokasi townhouse berada di kawasan strategis. Untuk fasilitas rumah pun sudah lengkap dengan pilihan produk berkualitas bahkan cenderung mewah.

Fasilitas pendukung yang dihadirkan juga lengkap, misalnya fasilitas Club House, kolam renang, gym, jogging track, ruang terbuka hijau, lapangan tenis, lapangan basket, area barbeque, area bermain anak-anak, dan lainnya.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 1 miliar di kawasan Jakarta Selatan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

  • Klaster. Hunian tapak berkonsep klaster ini telah menjamur di mana-mana, tak hanya menjadi rumah di Jakarta, namun juga di kota-kota besar juga kecil lainnya. Dalam satu area jumlahnya mulai dari hitungan sedikit hingga mencapai ratusan unit.

Klaster juga menerapkan akses satu pintu masuk dan keluar (one gate system), sehingga memberi rasa aman bagi penghuninya. Bentuk rumah klaster berdekatan satu sama lain dan tanpa pagar. Biasanya ditawarkan tipe 1 lantai atau 2 lantai dalam desain yang minimalis.

Untuk fasilitasnya pun beragam, mulai dari taman hijau atau playpark untuk anak, hingga yang lebih lengkap dengan adanya jogging track, kolam renang, atau fasilitas olahraga lainnya.

Rumah di Jakarta Dekat Dengan Tempat Kerja

Rumah di Jakarta Dekat Dengan Tempat Kerja

Dengan memiliki rumah di Jakarta, pergi ke tempat kerja otomatis lebih dekat.

Bukan hal baru bahwa bekerja di ibu kota menjadi impian setiap orang. Banyaknya peluang dari berbagai sektor industri hampir seluruhnya terpusat di Jakarta. Mulai dari pusat pemerintahan hingga sektor swasta, mulai dari berdagang skala kecil hingga besar, peluangnya lebih besar.

Gedung-gedung pencakar langit yang terlihat megah menjulang seluruhnya berisikan potensi peluang bagi para pencari pekerjaan. Standarisasi gaji atau UMR yang lebih tinggi pun menjadi iming-iming mengapa orang berbondong-bondong kerja di Jakarta.

Perusahaan multinasional sudah barang tentu memiliki kantor regionalnya di Jakarta. Belum lagi menjamurnya pusat perbelanjaan di setiap sudut Jakarta, tentunya menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja.

Berbagai start up kreatif pun marak lahirnya di mulai di Jakarta. Tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan berbuah kreativitas dari para muda untuk menciptakan berbagai peluang yang malah membuka lapangan pekerjaan baru.

Dengan memiliki rumah di Jakarta, pergi ke tempat kerja otomatis lebih dekat. Berbagai fasilitas terbaik juga akan memudahkan hidup. Tak perlu khawatir dengan pilihan sekolah terbaik untuk anak, fasilitas kesehatan terbaik yang bisa dipilih, sarana transportasi yang variatif untuk mobilitas, dan masih banyak hal lainnya.

Rumah di Jakarta dan Kemudahan Akses Transportasi

Rumah di Jakarta dan Kemudahan Akses Transportasi

Punya rumah di Jakarta enak, karena saat ini transportasi umum sudah menjamur, bahkan lebih aman dan nyaman. (pikiran-rakyat.com)

 Kemacetan ibu kota sudah menjadi hal biasa. Perilaku masyarakat Jakarta kini tak lagi bergantung kepada kendaraan pribadi dan terus mengeluh soal kemacetan. Saat ini transportasi umum sudah menjamur di Jakarta, bahkan lebih aman dan nyaman.

Seluruh moda transportasi terbaru memiliki struktur serta pengawasan yang aman. Bus kota yang dahulu cenderung semrawut posisinya telah digantikan dengan kehadiran TransJakarta. Tarifnya pun sangat terjangkau, hanya Rp3.500 saja untuk seluruh koridor selama tidak keluar dari halte.

Tak hanya trayek TransJakarta yang memiliki jalur khusus saja, penambahan feeder bus TransJakarta membuat jangkauan ke berbagai kawasan menjadi lebih mudah. Feeder bus ini menggantikan fungsi dari bus terdahulu, yaitu Metro Mini dan Kopaja.

Commuter Line atau KRL yang bisa menjangkau hampir seluruh wilayah Jabodetabek juga menjadi favorit. Pembenahan yang dilakukan pada PT.KAI dalam 10 tahun belakangan membuat moda transportasi ini menjadi pilihan berbagai kalangan yang membutuhkan mobilitas dengan waktu tempuh yang jauh lebih singkat.

Bagi para pekerja di kawasan Sudirman atau Thamrin, kehadiran MRT yang baru diresmikan Maret 2019 lalu membawa angin segar. Walau saat ini jalur MRT baru satu koridor, yaitu mulai dari depo utama di Lebak Bulus hingga stasiun Bunderan HI, diharapkan rencana pembangunan selanjutnya akan menjangkau lebih banyak area lainnya.

Selain MRT ada LRT, yang juga diprediksi akan menjadi salah satu transportasi umum favorit warga yang punya rumah di Jakarta. Saat ini koridor LRT yang sudah beroperasi baru melayani rute Kelapa Gading hingga Velodrome yaitu sepanjang 5,8 kilometer. Rencana pembangunan rute LRT berikutnya akan sampai Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Rumah di Jakarta Banyak Hiburannya

Rumah di Jakarta Banyak Hiburannya

Punya rumah di Jakarta  bebas memilih mau mengisi waktu senggangnya dengan berbagai hal menarik, tanpa harus pergi ke luar kota. Salah satunya olahraga saat car free day. (pmjnews.com)

Selain fasilitas pendukung yang telah disebutkan di atas, punya rumah di Jakarta bebas memilih mau mengisi waktu senggangnya dengan berbagai hal menarik, tanpa harus pergi ke luar kota.

Dan saat akhir pekan, suasana di dalam kota Jakarta cenderung lengang dan nyaman. Karena di hari kerja kepadatan masyarakatnya tak hanya dari warga Jakarta, tapi juga penduduk BODETABEK yang bekerja dan beraktivitas di Jakarta.

Berbagai hiburan yang bisa dilakukan pun sangat variatif dari segi kegiatan mau pun biaya yang dikeluarkan. Mau yang sekadar nongkrong, hingga yang mengandung unsur edukatif. Seluruhnya dapat memberi keseimbangan dari kepenatan kerja serta situasi padatnya jalanan ibu kota. 

Alternatif hiburan kalau punya rumah di Jakarta

  • Wisata Museum. Ada lebih dari 60 museum yang tersebar di Jakarta. Wisata museum merupakan wisata edukatif untuk keluarga, dan menjadi mudah dikunjungi karena punya rumah di Jakarta. Mulai dari Museum Wayang yang merupakan museum tertua di Jakarta, hingga Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara).
  • Taman atau Hutan Kota sebagai area publik. Jakarta memiliki Hutan Kota Srengseng, Hutan Mangrove PIK hingga area publik yang sangat menarik untuk anak-anak seperti Lapangan Banteng yang telah bersolek, video mapping di Monas, hingga kawasan Kalijodo yang kini telah menjadi taman.
  • Car Free Day. Awalnya gagasan menutup jalan untuk digunakan sebagai aktivitas olahraga pagi hanya berlangsung di sepanjang jalan Sudirman. Setiap hari Minggu pagi hingga sekitar pukul 11 ruas jalanan tersebut ramai oleh para pesepeda, pelari, hingga yang sekadar berjalan kaki menghirup udara pagi. Kini CFD telah diikuti di beberapa kota.
  • Punya rumah di Jakarta bisa kok menikmati debur ombak dan pesisir pantai dengan pasir yang hangat. Pantai Ancol dan Pantai Indah Kapuk (PIK) bisa menjadi pelipur kita saat ingin ke pantai walau di dalam kota. 

Rumah di Jakarta Banyak Mendapat Prioritas Utama

Rumah di Jakarta Banyak Mendapat Prioritas Utama

Punya rumah di Jakarta, banyak program pemerintah yang memberikan prioritas terhadap warganya terlebih dahulu baru kemudian memperluas prioritasnya ke wilayah lain. (indonesia.go.id)

Dengan punya rumah di Jakarta, dan menetap menjadi penduduk ibu kota, otomatis kita mengantongi Kartu Keluarga DKI Jakarta. Banyak program pemerintah yang memberikan prioritas terhadap warganya terlebih dahulu baru kemudian memperluas prioritasnya ke wilayah lain.

Apa saja sih prioritas untuk warga Jakarta?

  • Terkait dengan situasi pandemi COVID-19, pelaksanaan vaksin di Jakarta lebih banyak dibuka jalurnya, dan dilakukan secara serentak.
  • Jalur masuk pendidikan sekolah negeri untuk siswa berdomisili di Jakarta kuotanya lebih banyak.
  • Dekat dengan pusat pemerintahan. Jakarta termasuk yang sangat diperhatikan oleh pemerintah pusat, dan untuk mengurus birokrasi pun akan lebih dekat.
  • Sarana dan infrastruktur selalu dibenahi. Tak ayal wajah Jakarta terlihat sangat modern. Keindahan tata kota selalu dibenahi, bahkan jembatan penyeberangan pun di kawasan Sudirman dibuat sangat artistik.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Rumah di Jakarta Banyak Wisata Kuliner

Rumah di Jakarta Banyak Wisata Kuliner

Keuntungan memiliki rumah di Jakarta, kapan pun Anda mudah menjangkau lokasi-lokasi resto atau tempat hangout yang sedang tren. (pikiran-rakyat.com)

Tren kuliner di kota-kota besar terus berkembang. Selalu ada jenis makanan baru yang menjadi perbincangan dan harus dicicipi. Begitu pun kalau rumah di Jakarta, daftar kuliner yang perlu dicoba rasanya semakin panjang.

Menghabiskan akhir pekan dengan kulineran di Jakarta tentu mengasyikkan. Keuntungan memiliki rumah di Jakarta, kapan pun Anda mudah menjangkau lokasi-lokasi resto atau tempat hangout yang sedang tren.

Tempat hangout dan kulineran baru di Jakarta

  • ASHTA District 8, SCBD lot 28, Sudirman. Di sini ada beberapa kafe yang langsung jadi hits. Ada Cafe Kitsune yang sebelumnya telah ada di New York, Prancis, Jepang, dan Bangkok. Kafe ini didominasi nuansa alam yang ditata dengan estetis.

Lalu ada kedai minuman sehat Jamune yang menghadirkan wedang dalam kemas modern. Kemudian Bukanagara Coffee & Roastery, sebuah kedai kopi dalam suasana yang rindang di tengah perkantoran. Juga ada Common Grounds dan cafe-bakery Bakerman.  

  • MBloc Space. Spot unik yang dibuat di bekas rumah dinas Perum Peruri lama ini menjadi tujuan hangout yang mudah diakses karena berada dekat dengan Terminal Blok M.

Bisa kulineran apa saja di sini? Ada Tokyo Skipjack, Unionwell, Kedai Tjikini, Mbok Ndoro resto, Suwe Ora Jamu, Kebun Ide dengan gelato serunya, Katong Dapur (kuliner Menado), Mr. Roaster, dan kini hadir MBloc Market yang menjual produk-produk buatan lokal terkurasi.

  • Pancoran Chinatown Point. Pusat perbelanjaan dengan arsitektur megah bergaya Tiongkok ini lokasinya di Glodok, Jakarta Barat. Berbagai kuliner khas China yang otentik bisa ditemukan di sini.

Mulai dari resto Thien Thien Lai, Adam Baso Sapi Asli, Kuotie Shantung Ny. Ling, Nasi Campur Pontianak Fajar, Pempek Palembang Eirin 10 Ulu, Kwetiauw Bagan Bumbu Warisan 2015, dan Nong’s Dessert.

  • Pantai Indah Kapuk (PIK). Kulineran di PIK nggak pernah ada habisnya. Selalu ada menu baru, yang membuat kita kembali lagi dan lagi ke PIK. Mulai dari pasar, hingga PIK avenue semua menawarkan sensasi rasa yang memuaskan melalui kulinernya.

Salah satu snack ala pecinan yang masih banyak ditemui di Medan adalah Chee Cheong Fun. Lokasinya berada di Pasar PIK. Makanan ini seperti jenis kwetiauw yang lembut, yang diberi tambahan siomay, lumpia, talas, dan sebagainya.

Kemudian ada Bakmi Pejagalan Ami, selain mie di sini juga terkenal kelezatan bakso gorengnya. Kemudian ada Kwetiauw Kerang cabang S.Parman Medan, Pempek Bumbu, Sindy Durian.

Punya rumah di Jakarta memberikan banyak pilihan, tempat hangout, dan serta makanan yang lezat.  Jelajah kuliner menjadi hiburan seru jika punya rumah di Jakarta. Selamat berburu rumah!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah