Fasilitas Jakarta Utara setara Singapura? Ya, mungkin tidak banyak yang mengenal lebih jauh wilayah Jakarta yang satu ini. Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal kawasan Kelapa Gading, sebuah kecamatan yang masuk wilayah Jakarta Utara.

Ya, Pemerintah Jakarta Utara hendak menjadikan kecamatan ini seperti Singapura karena saking lengkapnya fasilitas Jakarta Utara yang ada di sana. Sebut saja mulai dari fasilitas untuk kebutuhan pangan, tempat tinggal, pakaian, otomotif, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Tapi Jakarta Utara bukan cuma Kelapa Gading saja, ada enam kecamatan di wilayah tersebut seperti Kecamatan Cilincing, Kecamatan Koja, Kecamatan Tanjung Priok, Kecamatan Pademangan, dan Kecamatan Penjaringan.

Yang menarik, Jakarta Utara punya banyak landmark seperti Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Balaikota lama kota Batavia yang sekarang disebut Museum Sejarah Jakarta. Dan khusus Pelabuhan Tanjung Priok, kini merupakan salah satu fasilitas Jakarta Utara yang vital, sebagai pelabuhan komersial terpadat di Indonesia.

Dan potensi ekonomi DKI Jakarta sesungguhnya sangat kuat dimiliki Jakarta Utara karena di sini ada pelabuhan yang menjadi simpul utama aktivitas ekspor impor semua komoditas strategis bagi negara, terdapat pergudangan, kawasan industri atau pabrik, dan daerah wisata pantai teramai.

Bicara fasilitas Jakarta Utara, meskipun tak seseksi Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan, perkembangan wilayah dan fasilitas di wilayah ini terbilang sangat lengkap dan modern. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup terdapat pusat perbelanjaan tradisional sampai yang modern.

jakarta utara setara singapura

Pelabuhan Tanjung Priok, kini merupakan salah satu fasilitas Jakarta Utara yang vital, sebagai pelabuhan komersial terpadat di Indonesia.

Sebut saja mulai pusat grosir ITC Mangga Dua, Mall Kelapa Gading I & III, Mall Sunter, Pluit Village, Pasar Pagi Mangga Dua, WTC Mangga Dua, Pluit Junction, Mall Artha Gading, Sports Mall Kelapa Gading, Kelapa Gading Trade Center, Mall of Indonesia, Emporium Pluit, La Piazza, dan masih banyak lagi.

Cari-cari hunian di Jakarta Utara? Cek aneka pilihannya di sini!

Fasilitas Jakarta Utara untuk pendidikan pun sangat lengkap, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sebut saja seperti sekolah Don Bosco, SMA Gandhi Ancol, SMA Gideon, IPEKA, Universitas Bunda Mulia, Universitas 17 Agustus 1945, Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi, Akademi Maritim Nasional Jaya, Politeknik Manufaktur Astra, dan lain lain.

Sedang fasilitas Jakarta Utara di bidang kesehatan juga sangat lengkap, mulai dari Puskesmas hinga Rumah Sakit dengan peralatan yang lengkap dan modern seperti Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Rumah Sakit Pluit, Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura, Rumah Sakit Atma Jaya, Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dan lain lain.

Khusus kawasan Kelapa Gading, merupakan salah satu kecamatan yang ada di Jakarta Utara yang dikembangkan perusahaan properti Summarecon Agung sejak tahun 1975. Tahun 1970-an wilayah ini masih dikenal sebagai daerah rawa dan persawahan, tapi sekarang Kelapa Gading telah berubah menjadi kawasan yang tertata baik dan berkembang pesat.

Bahkan, Pemerintah Jakarta Utara hendak menjadikan kecamatan ini seperti Singapura karena saking lengkapnya fasiliitas di kawasan ini. Saat ini pembangunan dan penataan Kelapa Gading telah diserahkan sepenuhnya kepada puluhan pengembang yang ada, di antaranya PT. Summarecon Agung Tbk, PT Bangun Cipta Sarana, PT Graha Rekayasa Abadi, PT Pangestu Luhur, PT Nusa Kirana dan yang terakhir PT. Agung Podomoro dan Agung Sedayu.

Ya, kawasan ini telah berubah menjadi kawasan elit yang didukung dengan fasilitas yang melimpah seperti kemudahan akses ke tol bandara, tol dalam kota, dan lingkar luar. Selain itu juga terdapat fasilitas yang mendukung kegiatan perekonomian seperti CBD dan pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi, dan fasilitas umum lainnya.