Memiliki rumah di Jakarta tentu menjadi impian hampir semua orang. Walau kota ini memiliki tingkat kemacetan yang tinggi, Jakarta masih menjadi favorit untuk pilihan tempat tinggal.

Harga yang melambung tinggi pun tak menjadi halangan untuk mewujudkan mimpi memiliki hunian di ibu kota. Bertabur fasilitas dan pilihan rumah yang beragam, menjadi daya pikat tersendiri bagi kawasan ini.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga di bawah Rp 1 miliar di kawasan Jakarta Selatan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!

Di balik segala hingar bingar ibu kota, Jakarta masih memiliki magis bagi para pencari hunian. Berikut berbagai fasilitas unggulan yang dimiliki Jakarta, fasilitas yang membuat orang banyak ingin tetap punya rumah di Jakarta meski harganya terus menggila.

Rumah di Jakarta Memiliki Beragam Pilihan Hunian

Rumah di Jakarta Memiliki Beragam Pilihan Hunian

Hunian mewah tetap menjadi incaran utama rumah di Jakarta.

Ragam pilihan hunian yang dimiliki Jakarta memberi daya tarik tersendiri. Tidak hanya hunian mewah bernilai miliaran rupiah, namun hunian untuk warga berpenghasilan rendah pun tersedia.

Salah satunya adalah hunian DP 0 rupiah yang merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Program ini ditujukan untuk masyarakat Jakarta yang sulit memiliki tempat tinggal.

Dengan subsidi uang muka dari pemerintah, warga yang ingin mengikuti program ini hanya membayar cicilan per bulan saja. Program hunian ini diberi nama Samawa (Solusi Rumah Warga).

Bagi kalangan menengah banyak pilihan rumah cluster dengan harga di bawah 1 M. Walau ukurannya kecil, namun fasilitas yang ditawarkan tak kalah menarik. Wajar jika banyak keluarga muda memilih untuk membeli hunian cluster ini.

Salah satunya adalah Town House Onasis yang berlokasi di Jakarta Pusat. Dibanderol mulai dari Rp 570 juta-an, cluster ini memiliki fasilitas seperti AC dan instalasi air panas. Selain itu, akses transportasi umum yang mudah juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sedangkan untuk hunian elit, pastinya banyak pilihan yang ditawarkan oleh Jakarta. Daerag yang paling populer antara lain Pondok Indah, Menteng, Kebayoran Baru, Kemang, Kelapa Gading, Puri Indah, Pantai Indah Kapuk, dan Pulomas.

Kawasan elit tersebut menawarkan berbagai pilihan hunian yang beragam. Dari arsitektur modern hingga luas tanah serta bangunan yang mewah. Sebut saja Pondok Indah yang disebut sebagai Beverly Hills-nya Indonesia.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Rata-rata rumah mewah di kawasan ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan miliar rupiah. Tak heran kawasan ini sangat eksklusif dan banyak dihuni oleh para selebriti dan pengusaha ternama Indonesia. Berbagai pilihan hunian untuk setiap kalangan membuat Jakarta unggul dari kota lainnya di Indonesia.

 Rumah di Jakarta dan Fasilitas Kesehatan yang Memadai

Fasilitas kesehatan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh sebuah kawasan tempat tinggal. Itulah mengapa Jakarta menjadi pilihan favorit untuk dijadikan tempat tinggal. Berdasarkan data profil kesehatan Kementerian Kesehatan tahun 2019 jumlah puskesmas di Jakarta sekitar 321.

Dengan rasio 7,3 puskesmas di setiap kecamatan dan Jakarta menempati posisi pertama di Indonesia. Sedangkan untuk jumlah rumah sakit, Jakarta memiliki sekitar 106 rumah sakit. Fasilitas yang ditawarkan oleh rumah sakit tersebut juga tidak perlu diragukan lagi.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Daerah hunian yang memiliki rumah sakit terbanyak terletak di kawasan Jakarta selatan. Di area ini banyak rumah sakit umum serta swasta seperti RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, RS Siloam, RS Mayapada, RS Pertamina, RSUD Jati Padang, RS Medistra, RS MMC dan masih banyak lagi.

Berdasarkan Survei Indeks Kepuasan pelanggan yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, skor kepuasan mencapai 64,12% atau cukup puas. Hal ini membuktikan fasilitas kesehatan di Jakarta memiliki keunggulan. Wajar jika faktor ini menjadi alasan orang untuk memiliki hunian di Jakarta.

Rumah di Jakarta dan Akses Transportasi Mudah

Rumah di Jakarta dan Akses Transportasi Mudah

Dari KRL, MRT, TransJakarta, LRT, angkutan umum hingga layanan taksi serta ojek online menjadi pilihan transportasi umum warga Jakarta.

Saat ini transportasi umum sudah mulai menjamur di Jakarta. Masyarakat pun sudah mulai beralih dari kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum. Pasalnya transportasi umum di Jakarta saat ini sudah lebih aman dan nyaman.

Transportasi umum juga menjadi alternatif warga Jakarta untuk menghindari kemacetan. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Sebut saja TransJakarta yang dibanderol Rp 3.500 untuk seluruh koridor selama tidak keluar dari halte.

Sedangkan MRT yang baru saja diresmikan pada Maret 2019, dibanderol dengan tarif Rp 3.000 – Rp 14.000 tergantung jarak tempuh. MRT menjadi pilihan favorit warga Jakarta yang bekerja di daerah Sudirman atau Thamrin.

Selain MRT dan TransJakarta, KRL juga menjadi solusi kemacetan, dengan waktu tempuh yang jauh lebih singkat dibandingkan transportasi umum lainnya. Tersedia dua jenis tiket yang ditawarkan yaitu Kartu Multi Trip dan Tiket Harian Berjalan.

Harga tiket KMP sebesar Rp50.000 dengan isi saldo sebesar Rp30.000. Sedangkan Tiket Harian Berjalan (THB), tarif yang dikenakan sebesar Rp 14.000 untuk bisa sampai ke stasiun tujuan. Kartu ini juga bisa digunakan kembali dengan tambahan biaya sebesar Rp 4.000 – Rp 5.000.

Lalu ada LRT yang diprediksi akan menjadi salah satu transportasi umum favorit warga Jakarta setelah MRT. Saat ini koridor LRT yang sudah beroperasi baru melayani rute Kelapa Gading hingga Velodrome sepanjang 5,8 kilometer. .

Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun rute LRT sampai Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun hingga saat ini masih belum dipastikan kapan LRT Jakarta akan beroperasi secara penuh.

Rumah di Jakarta dengan Aneka Pilihan Kuliner

FOTO 4

Berbagai pilihan kuliner ada di Jakarta, dari makanan kaki lima hingga restoran mewah. (Jakarta-tourism.go.id)

Siapa yang tidak ingin di sekitar huniannya banyak pilihan makanan. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang orang ingin tinggal di Jakarta. Ada banyak pilihan kuliner yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta.

Salah satunya adalah Jalan Sabang yang terletak di Jakarta Pusat. Siapa yang tidak tahu area kuliner yang satu ini. Jenis makanan yang bisa ditemukan antara lain nasi goreng, sate padang, mie ayam, martabak dan masih banyak lagi.

Selain jajanan kaki lima di Jalan Sabang, di daerah Jakarta Selatan ada tempat yang menjadi favorit anak muda yaitu Pasar Santa. Di sini bisa ditemukan berbagai pilihan kuliner kekinian yang digandrungi anak muda.

Walau tidak seramai pada awal pembukaannya, Pasar Santa masih menjadi pilihan beberapa komunitas untuk berkumpul. Selain Pasar Santa, ada Ruci Art Space yang juga tak kalah pamornya.

Berlokasi tak jauh dari Pasar Santa, Ruci Art Space merupakan restoran dan galeri seni. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, dari mengunjungi pameran seni hingga menikmati kuliner pilihan.

Berpindah dari area Jakarta Selatan, di utara Jakarta dapat ditemukan pilihan kuliner di kawasan Pantai Indah Kapuk. Dikenal dengan kuliner PIK, ada berbagai hidden gem yang dapat dinikmati dengan beragam harga yang ditawarkan.

Walau tak sepopuler kuliner di daerah Selatan atau Pusat, PIK menjadi alternatif pilihan kuliner warga Jakarta Utara. Bisa dibilang PIK menjadi salah satu surga bagi para pecinta kuliner. Dari makanan Eropa hingga Indonesia bisa ditemukan di kawasan ini.

Rumah di Jakarta dan Beragam Pilihan Wisata

Rumah di Jakarta dan Beragam Pilihan Wisata

Museum menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Jakarta. (Jakarta-tourism.go.id)

Siapa bilang tinggal di Jakarta membosankan dan tidak ada destinasi wisata. Justru Jakarta memiliki banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berbagai pilihan destinasi yang bisa dikunjungi antara lain wisata keluarga, sejarah dan seni hingga wisata alam.

Salah satu wisata sejarah dan seni yang saat ini sangat digandrungi adalah museum MACAN. Menyimpan beragam karya seni yang memukau, MACAN merupakan kepanjangan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Berlokasi di Jakarta Barat, museum MACAN memiliki tak kurang dari 90 karya seni baik dari dalam dan luar negeri. Salah satu karya seni yang paling populer adalah “Infinity Mirrored Room” milik seniman Jepang, Yayoi Kusama.

Selain museum MACAN, Jakarta juga memiliki wisata alam yang dapat dikunjungi seperti Kebun Binatang Ragunan, Pantai Ancol, Taman Wisata Alam Mangrove, Kota Tua dan Pulau Seribu.

Apabila bosan dengan wisata alam, Jakarta juga memiliki destinasi taman hiburan seperti Dunia Fantasi Ancol (DUFAN) yang berada di Jakarta Utara dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Jakarta Timur.

Rumah di Jakarta dan Pendidikan Anak yang Berkualitas

Pendidikan anak pastinya menjadi prioritas nomor satu bagi orangtua dalam memilih hunian. Jakarta merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak pilihan sekolah dari tingkat usia dini hingga universitas.

Di Jakarta pendidikan menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan. Contohnya dengan meningkatkan anggaran dana pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas pendidikan di Jakarta.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 jumlah sekolah yang paling banyak di Jakarta adalah tingkat sekolah dasar sebesar 2.950. Terbanyak kedua ditempati oleh tingkat Taman Kanak-Kanak sebesar 1.999.

Hal tersebut mencerminkan tingginya perhatian pemerintah pada pendidikan DKI Jakarta. Oleh karena itu, tidak salah kalau Jakarta menjadi destinasi favorit tempat tinggal karena memiliki pendidikan yang berkualitas.

Rumah di Jakarta dan Berbagai Pilihan Tempat Belanja

Rumah di Jakarta dan Berbagai Pilihan Tempat Belanja

Pacific place menjadi salah satu mal elit di Selatan Jakarta. (Jakarta-tourism.go.id)

Sudah tidak asing lagi apabila Jakarta dikenal dengan julukan kota dengan banyak mal. Sebutan tersebut tentunya beralasan, karena berdasarkan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) terdapat 80 mal yang kini beroperasi di Jakarta.

Kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat menjadi area yang paling banyak memiliki mal. Dengan jumlah masing-masing 20 dan 25 unit mal yang tersebar di tiap lokasi. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa tinggal di Jakarta sangat mudah untuk untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder hingga tersier.

Itulah alasan mengapa mayoritas orang ingin punya rumah di Jakarta. Selain faktor-faktor di atas, fasilitas publik dan infrastruktur yang memadai juga menjadi alasan utama kenapa Jakarta menjadi favorit hunian banyak orang. Hal ini didapatkan oleh Jakarta karena statusnya sebagai Ibu Kota Negara.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah