Meski makin banyak kawasan hunian terpadu atau kota mandiri, pesona Jakarta sebagai kawasan hunian idaman ternyata tetap tak tergoyahkan. Dari data pencarian hunian, 4 kawasan perumahan di Jakarta mendominasi pencarian dibandingkan kawasan lainnya.

Pesatnya pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah jelas punya kontribusi besar bagi perkembangan kawasan hunian di sekitarnya. Sebut saja kawasan koridor Timur Jakarta seperti kawasan Bekasi, Cikarang, dan Karawang yang saat ini digempur banyak pembangunan proyek infrastruktur.

Dampaknya bagi geliat pasar properti kawasan Bekasi, Cikarang, dan Karawang tentu saja sangat terasa. Tak heran jika di kawasan industri ini banyak berdiri apartemen yang ditujukan untuk kalangan ekspatriat, perumahan menengah ke atas, hingga perumahan rumah murah yang banyak diburu para kaum urban.

Bahkan berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) Bekasi juga menjadi salah satu kota penyangga Jakarta yang mengalami kenaikan harga properti dengan nilai sangat siginfikan pada tren harga kuartalan.

Mau punya rumah di DKI Jakarta yang harganya terjangkau di bawah Rp1 M? Ada! Cek aneka pilihan huniannya di sini.

Dengan segala keunggulannya dan juga dari sisi harga yang terbilang lebih terjangkau di banding kawasan lainnya, tak heran jika angka pencarian rumah di Bekasi sangat tinggi. Merujuk data internal Rumah.com hingga bulan Agustus 2020 jumlah pencarian rumah di Bekasi pada listing properti dijual terus naik sangat signifikan setiap bulannya.

Perumahan di Jakarta Dominasi Tren Pencarian Hunian

Perumahan di Jakarta Dominasi Tren Pencarian Hunian

Menariknya, dari 10 daftar pencarian rumah berdasarkan lokasi ini, 4 kawasan perumahan di Jakarta memang bisa dibilang mendominasi daftar pencarian.

Bekasi dan kawasan sekitarnya belakangan memang banyak dicari orang, tapi berdasarkan data internal Rumah.com di bulan September 2020 yang tercatat ada 5.053.596 pencarian berdasarkan lokasi, ternyata ada sejumlah kawasan yang jumlah pencariannya lebih tinggi dari Bekasi.

Pencarian hunian di Bekasi sampai September memang masih tetap tinggi, tapi hanya menduduki peringkat keempat dengan 451.051 pencarian. Menurut data tren pencarian rumah berdasarkan lokasi, dari 10 daftar pencarian rumah yang dihimpun Rumah.com tertinggi adalah pencarian perumahan di Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan mendapat 12,6% kunjungan atau 635.605 pencarian. Menariknya, dari 10 daftar pencarian rumah berdasarkan lokasi ini, 4 kawasan perumahan di Jakarta memang bisa dibilang mendominasi daftar pencarian.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Selain Jakarta Selatan, juga ada Jakarta Timur di posisi kelima dengan 6,1% atau 310.550 pencarian. Lalu disusul Jakarta Barat di tempat keenam dengan 5,6% atau 282.945 pencarian, dan juga Jakarta Utara dengan 3,9% atau 194.915 pencarian.

Hanya perumahan di Jakarta Pusat saja yang tidak masuk daftar 10 pencarian tertinggi berdasarkan lokasi. Di luar dugaan perumahan di Bandung juga masuk daftar pencarian hunian, bahkan berada diurutan kedua dengan 9,6% atau 483.473 pencarian. Kemudian disusul Tangerang diposisi ketiga dengan 9,1% atau 461.007 pencarian.

Wilayah Perumahan di Jakarta Banyak Dicari Orang

Tentunya ada banyak alasan dibalik tingginya pencarian rumah di Jakarta yang mendominasi tren pencarian. Sebut saja Jakarta Selatan yang menyandang cap “area hunian terfavorit di Ibukota” berkat sejuta pesonanya di sektor properti.

Jalur utama transportasi sepanjang rute KRL Depok-Manggarai menjadi urat nadi ekonomi harian. Jalur lain yaitu Cinere-Lebak Bulus pun berkembang ke arah komersial. Tambah lagi sekarang ada infrastruktur yang bikin Jakarta Selatan kian berkilau seperti Tol Depok-Antasari dan Jalur MRT Lebak Bulus-Bundaran HI.

Lalu Jakarta Timur yang punya potensi menjanjikan berkat gencarnya pembangunan infrastruktur di kawasan ini. Sebut saja keberadaan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Apalagi kawasan Jakarta Timur ini juga akan dilintasi jalur Light Rail Transit (LRT), yang menghubungkan kawasan penyangga Ibu Kota seperti Bekasi dan Bogor.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Selanjutnya Jakarta Barat yang jika diperhatikan dari rancangan wilayah DKI Jakarta, memang ditempatkan menjadi daerah pusat bisnis baru alias new CBD setelah Jakarta Selatan.

Perumahan di Jakarta Didukung Infrastruktur Megah

Perumahan di Jakarta Didukung Infrastruktur Megah

Jakarta Utara kini juga lagi giat-giatnya membangun lewat proyek-proyek infrastruktur megah dan modern. Sebut saja Proyek Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall di sepanjang pantai utara Jakarta.

Berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Barat dalam Statistik Daerah Kembangan 2016, Kembangan yang merupakan pusat Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat dinilai sangat layak dijadikan kawasan perumahan elit dan perkantoran.

Jakarta Utara kini juga lagi giat-giatnya membangun lewat proyek-proyek infrastruktur megah dan modern. Sebut saja Proyek Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall di sepanjang pantai utara Jakarta dengan total investasi mencapai Rp 200 triliun.

Dan saat ini sejumlah pengerjaan pembangunan infrastruktur juga sedang berlangsung di wilayah Kelapa Gading, salah satu wilayah hunian premium yang ada di Jakarta Utara. Proyek tersebut di antaranya adalah jalan layang, kereta ringan (LRT), dan jalan tol bagian dari proyek enam ruas tol dalam kota Jakarta.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah