Sebagai salah satu kawasan hunian favorit di Jakarta, maka tak heran jika ada banyak sekolah internasional di Kelapa Gading. Ya, kawasan paling bergengsi di Jakarta Utara ini memang bertabur fasilitas lengkap, pun untuk urusan pendidikan.

Dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi, dari sekolah negeri hingga sekolah berstandar internasional, lengkap tersedia di kawasan ini. Hal ini tentunya juga semakin mengukuhkan gengsi tinggal di kawasan Kepala Naga ini.

Yang menarik, sekolah internasional di Kelapa Gading ini menerapkan kurikulum nasional yang digabung dengan Assesment International dari Cambridge, International Baccalauerate, dan Global Assessment Certificate.

Dengan kurikulum Assesment International, maka murid akan mempelajari pelajaran yang kurikulumnya sudah diterapkan di ratusan negara dan bersifat global. Dan berikut adalah beberapa pilihan sekolah internasional di Kelapa Gading:

Singapore School Kelapa Gading (SIS-KG)

Singapore School Kelapa Gading (SIS-KG)

Kurikulum yang diterapan di Singapore School Kelapa Gading amat beragam namun dasar utamanya adalah Cambridge.

Singapore School Kelapa Gading (SIS-KG) membuka program pendidikan dari tingkat balita (pre-school), sekolah dasar (primary school), sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas (secondary school).

Selain itu, sekolah yang beralamat di Jalan Pegangsaan Dua No.83 ini juga punya program pendidikan junior college seperti yang diterapkan di Singapura di mana siswa belajar di tahap pra-universitas.

Kurikulum yang diterapan di sini amat beragam namun dasar utamanya adalah Cambridge. Misalnya:

  • Tahap pre-school kurikulumnya berdasarkan program dan standar yang diterapkan di Singapura.

  • Sekolah Dasar menggunakan Cambridge Primary Program untuk matematika dan sainsnya, sedangkan pelajaran lainnya menggunakan kurikulum Singapura.

  • Secondary School menggunakan kurikulum Cambridge Secondary Program.

  • Junior College menggunakan program berbasis kurikulum Internation Baccalaureate.

Fasilitas yang ada di sekolah ini juga sangat lengkap. Dari mulai ruang kelas modern, lab komputer dan sains, ruang musik, ruang seni, media center, ruang serbaguna, tempat bermain hingga lapangan bola dan kolam renang.

Universal School Kelapa Gading

Universal School Kelapa Gading

Para siswa di Universal School Kelapa Gading ini juga berasal dari beragam budaya sehingga terbiasa dengan suasana multikultur.

Universal School Kelapa Gading membuka program pendidikan dari tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (primary school), sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah atas (secondary school).

Sekolah yang berlokasi di Jalan Boulevard Barat No.1 ini menerapkan kurikulum berbasis University of Cambridge yang diselaraskan dengan kualitas dan fasilitasnya. Selain kurikulum berbasis internasional, para siswa di sekolah ini juga berasal dari beragam budaya sehingga terbiasa dengan suasana multikultur.

Selain menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi saat proses belajar-mengajar, bahasa Mandarin juga menjadi elemen yang kuat di Universal School Kelapa Gading.

Fasilitas sekolah ini juga lengkap, dari mulai lapangan basket hingga tempat bermain anak. Ruangan seni, musik, perpustakaan, dan berbagai lab juga tersedia dan disesuaikan dengan pelajaran.

North Jakarta Intercultural School (NJIS)

North Jakarta Intercultural School (NJIS)

Kurikulum yang diterapkan di North Jakarta Intercultural School memiliki basis Common Core State Standards yang diterapkan di Amerika Serikat.

North Jakarta Intercultural School membuka program pendidikan untuk anak dari balita (pre-school) hingga sekolah menengah atas (high school). Untuk lokasinya, berada di Jalan Boulevard Bukit Gading Raya.

Bahasa yang digunakan dalam proses belajar-mengajarnya adalah bahasa Inggris dengan maksimal 22 siswa satu kelasnya. Sedang pelajaran bahasa Mandarin diberikan dengan kelas yang diadakan dua kali sepekan.

Kurikulum yang diterapkan di sini memiliki basis Common Core State Standards yang diterapkan di Amerika Serikat. Di mana pelajaran bahasa Inggris dan matematika menjadi dasar yang harus dikuasai oleh siswa.

Untuk fasilitas, North Jakarta Intercultural School punya perpustakaan, lab komputer, ruang musik, ruang bermain, kafetaria, kolam renang, lapangan basket hingga ruangan teater.

BPK Penabur Kelapa Gading

BPK Penabur Kelapa Gading

Kurikulum yang diterapkan di BPK Penabur Kelapa Gading ini merupakan hasil kombinasi dari Cambridge International Examinations Curriculum dan Kurikulum Nasional Indonesia.

BPK Penabur yang menerapkan standar internasional ini membuka program pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas (secondary school).

Untuk tahap secondary school, kurikulum yang diterapkan di sekolah yang berlokasi di Jalan Boulevard Bukit Gading Raya A5-8 ini merupakan hasil kombinasi dari Cambridge International Examinations Curriculum dan Kurikulum Nasional Indonesia.

Dalam proses belajar-mengajar, para siswa dibiasakan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan mereka untuk melanjutkan studi di universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai lingua franca.

Fasilitas yang ada di sekolah ini juga lengkap, dari mulai kelas yang menggunakan pendingin ruangan demi memastikan kenyamanan proses belajar buah hati Anda hingga fasilitas penunjang lainnya sepert perpustakaan hingga berbagai lab.

Saint Monica Jakarta School dan Growing Mind Preschool

Selama masa pandemi COVID-19, Saint Monica Jakarta School dan Growing Mind Preschool mendukung serta memfasilitasi para siswanya untuk belajar di rumah dengan menyediakan sesi online learning.

Dalam sesi online learning ini, Saint Monica Jakarta School dan Growing Mind Preschool rnenyiapkan semua materi yang diperlukan. Adapun materi yang disiapkan bisa diambil di sekolah dan materi-materi yang telah disiapkan ini didukung dengan materi bahasan berupa video-video eksperimen.

Tidak hanya materi pembelajaran, tetapi Saint Monica Jakarta School dan Growing Mind Preschool juga menyediakan berbagai kegiatan menarik untuk dilakukan selama belajar di rumah. Salah satunya adalah kegiatan perlombaan, seperti Lomba Menghias Telur di hari raya Paskah, Lomba Mewarnai di hari raya ldulfitri, dan lomba membaca puisi di hari Kartini, serta masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya.

SMJS bahkan membuat program khusus yaitu Homeschooling, yang akan dimulai pada Tahun ajaran baru Juli 2020.

Program Homeschooling ini dapat menjadi program jembatan untuk nantinya melanjutkan ke sekolah reguler setelah masa pandemi berakhi. Ini karena semua murid akan mendapatkan rapot dan ijazah dengan pembelajaran online. Dengan kurikulum yang telah terbukti sejak tahun 1989, orang tua tak perlu khawatir dengan perkembangan anak-anak di program Homeschooling ini.

Itulah beberapa sekolah internasional yang ada di Kelapa Gading. Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah