Gresik

Ulasan wilayah ini mengupas pasar properti Gresik, sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki luas sekitar 1.191,25 km² di mana wilayahnya mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas Laut Jawa. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Lamongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto di sebelah selatan.

Lokasi Kabupaten ini berada di sebelah barat laut Kota Surabaya, ibukota Provinsi Jawa Timur. Pusat Pemerintahan Kabupatennya adalah Kecamatan Gresik yang berada 20 km sebelah utara Kota Surabaya. Adapun Kabupatennya terbagi atas 18 kecamatan yang terdiri dari 330 desa dan 26 kelurahan. Secara geografis, wilayah Kabupaten ini juga terletak antara 112° - 113° BT dan 7° - 8° LS dan merupakan dataran rendah dengan ketinggian 2 - 12 meter di atas permukaan air laut, kecuali Kecamatan Panceng yang mempunyai ketinggian 25 meter di atas permukaan laut.

Bersama dengan Sidoarjo, Gresik merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila. Kabupaten ini juga dikenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Beberapa industri di Kabupaten ini antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri Plywood, dan Maspion. Pabrik Peleburan dan Pemurnian Tambang (smelter) terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia juga akan berdiri di kawasan ini.

Selain itu terdapat juga sektor penghasil perikanan yang cukup signifikan, baik perikanan laut, tambak, maupun perikanan darat. Kabupaten Gresik juga terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap berkapasitas 2.200 MW. Pertumbuhan perekonomian kawasan ini memang menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi Jawa Timur yaitu mencapai 6,58% atau di atas rata-rata nasional provinsi.

Meskipun demikian, kemajuan pembangunan di Gresik tidak mengabaikan sektor pelayanan publik. Demikian juga sektor Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Sampai saat ini tahun 2020 sudah mencapai Rp 83 triliun. Tingginya angka PDRB tak lepas dari geliat sektor industri dan jasa yang begitu pesat. Tak heran jika pembangunan infrastrukturya sangat pesat dan akses menuju kawasan ini juga makin mudah.

Misalnya dari kawasan ini ke Surabaya bisa memanfaatkan Jalan Tol Surabaya-Gresik, yang terhubung dengan Jalan Tol Surabaya-Gempol dan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. Selain itu perekonomian masyarakat Kabupaten Gresik banyak ditopang dari sektor wiraswasta. Salah satunya yaitu Industri Songkok, Pengrajin Tas, Pengrajin Perhiasan Emas & Perak, Industri Garmen.

Baca Selengkapnya
1.191,25 km²
Luas Wilayah
18
Kecamatan
26
Kelurahan
330
Desa

Peta & Properti Sekitar

Apa saja yang ada di sekitar

Gresik, East Java, Indonesia

Baca lebih lanjut Gresik

Simak lebih lanjut wilayah Gresik

Properti dijual di Gresik

Properti disewakan di Gresik

Masukan