Hingga akhir tahun ini pandemi memang belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Namun pasar properti perlahan-lahan mulai memasuki masa pemulihan. Potensi apartemen di Jakarta Selatan juga tetap menjanjikan mengingat lokasinya yang jadi idaman banyak orang.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) kuartal keempat (Q4) 2020, setelah sempat melandai, RIPMI-Harga secara nasional menunjukkan peningkatan secara kuartalan pada provinsi-provinsi penyuplai hunian terbesar.

Hal ini terjadi seiring mulai pulihnya aktivitas ekonomi domestik sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada kuartal kedua 2020. Dan di kuartal ketiga 2020 tercatat ada sejumlah wilayah yang punya performa terbaik di masa pandemi ini.

Mau punya apartemen di Jakarta Selatan yang selain nyaman buat hunian juga bagus sebagai investasi? Cek aneka pilihan apartemennya dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

Sejumlah wilayah di Jabodetabek tercatat menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah pada kuartal sebelumnya mengalami koreksi. Pertumbuhan yang cukup signifikan ini disebabkan oleh peningkatan suplai dan harga untuk tipe rumah tapak.

Potensi apartemen di Jakarta Selatan di masa depan

Peluang apartemen di Jakarta Selatan di masa depan

Naiknya RIPMI-H Jakarta Selatan di Q3 2020 ini berasal dari segmen rumah tapak.

RIPMI-H Tangerang Selatan berada pada angka 114 pada kuartal ketiga tahun ini, mengalami kenaikan sebesar 2% (QoQ). Sementara itu, RIPMI-H Kota Tangerang yang berada pada angka 129,5 mengalami kenaikan sebesar 2,2% pada kuartal ketiga 2020 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Jakarta Pusat mengalami kenaikan sebesar 4,4% (QoQ) dengan RIPMI-H sebesar 115,7. Kenaikan tersebut terjadi baik di segmen apartemen maupun rumah tapak. Namun demikian, lain halnya dengan Jakarta Selatan.

RIPMI-H Jakarta Selatan tercatat memang naik sebanyak 3% (QoQ), dengan angka indeks Q3 di 114,8 dari 111,9 di Q2 2020. Secara tahunan, RIPMI-H Jakarta Selatan juga naik 4% (YoY) dibanding Q3 2019 yang indeksnya 109,9.

Namun naiknya RIPMI-H Jakarta Selatan di Q3 2020 ini berasal dari segmen rumah tapak yang secara kuartalan menyumbang kenaikan sebanyak 2% (QoQ), dan secara tahunan 3% (YoY). Sedang RIPMI-H Jakarta Selatan di Q3 2020 dari segmen apartemen secara kuartalan sama sekali tidak bergerak.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

Indeks harga apartemen di Jakarta Selatan di Q3 2020 berada di angka 100, sama seperti kuartal sebelumnya. Bahkan secara tahunan RIPMI-H apartemen di Jakarta Selatan malah turun sebanyak 2% (YoY) jika dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2019 yang indeksnya 101,9.

Turunnya indeks harga apartemen di Jakarta Selatan ini memang sebagai dampak dari terjadinya pandemi. Namun dengan segala keunggulan yang dimiliki Jakarta Selatan sebagai kawasan hunian favorit banyak orang, plus pasar yang mulai memasuki masa pemulihan, potensi pasar apartemen di Jakarta Selatan akan tetap menjanjikan.

Progres pembangunan apartemen di Jakarta Selatan di masa pemulihan

Progres pembangunan apartemen di Jakarta Selatan di masa pemulihan

Seluruh proses pembangunan apartemen ini juga dipastikan menerapkan protokol kesehatan secara ketat mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19.

Bahkan sebagai bentuk komitmen terhadap konsumen, pembangunan apartemen di Jakarta Selatan mulai menunjukan progres pengerjaan proyeknya. Misalnya proyek apartemen South Quarter Residence (SQ Res) yang berlokasi di koridor bisnis TB. Simatupang.

PT Intiland Development Tbk. menggandeng PT Total Bangun Persada Tbk untuk membangun proyek apartemen ini dengan target penyelesaian pembangunan dan serah terima pada kuartal pertama tahun 2023 mendatang.

Sebagai kontraktor utama, Total akan mengerjakan pekerjaan struktur, elektrikal, instalasi pipa (plumbing), hingga finishing. Seluruh proses pekerjaannya juga dipastikan menerapkan protokol kesehatan secara ketat mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19. Nilai kontrak untuk pekerjaan ini mencapai lebih dari Rp230 miliar.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Direktur Pengembangan Bisinis Intiland Permadi Indra Yoga mengatakan, kendati penjualan saat ini sulit karena pandemi, ada beberapa kelebihan dari proyek SQ Res terkait lokasi, konsep yang kuat, green-sustainable design, dan penerapan hal lainnya yang membuat proyek ini masih diminati.

Kemudian apartemen di Jakarta Selatan lainnya ada proyek apartemen Verde Two milik pengembang Farpoint. Apartemen premium yang berlokasi di kawasan bisnis Kuningan ini terus melengkapi fasilitasnya dengan fasilitas antisipatif terkait pandemi COVID-19. Pengembangan apartemen ini dilakukan bersama Asia Green Real Estate yang dilengkapi dengan 25 fasilitas indoor-outdoor.

Menurut Hellen Triutomo, Head of Marketing Farpoint, selama pandemi ini Verde Two mengaktifkan sistem AC dengan filtrasi ganda yang dapat menyaring 99 persen partikel halus dan polutan yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (micrometer) sehingga bisa menghasilkan udara di dalam ruangan yang lebih bersih dan sehat.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat AreaInsider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah