Jakarta Pusat bertabur fasilitas dengan daya pikat kuat. Wajar saja, karena wilayah ini merupakan pusat pemerintahan provinsi DKI Jakarta yang juga sekaligus sebagai ibu kota negara. Jadi ‘penting’ untuk menjadikan Jakarta Pusat sebagai kota yang bertabur fasilitas lengkap dan modern mengingat wilayah ini merupakan ‘jendela’ Indonesia.

Dan sebagai wilayah yang berada di jantung ibukota negara, membuat kawasan ini dipadati bangunan-bangunan penting. Sebut saja seperti istana negara, balai kota, kantor-kantor pemerintahan dengan peran strategis, kantor perwakilan negara asing, hingga kawasan perekonomian dan bisnis.

Sebagai kota terkecil sekaligus terpadat di Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat ternyata juga merupakan salah satu kota dengan sejarah panjang di Indonesia. Oleh karena itu, di kota ini banyak berdiri tempat-tempat bersejarah. Baik peninggalan masa penjajahan Belanda, maupun yang sengaja dibangun pemerintah pascakemerdekaan yang kini jadi daya tarik tersendiri dari sisi pariwisata.

Sebut saja Monumen Nasional atau sering disebut dengan Monas. Monumen setinggi 132 meter ini pembangunannya dipelopori Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, pada tahun 1961 sebagai simbol kejayaan Indonesia. Dan pemandangan luasnya Jakarta bisa dinikmati dari atas puncaknya.

Kawasan Monas juga banyak dimanfaatkan warga untuk berolahraga, terutama di setiap akhir pekan. Dan bukan hanya itu, pengelolaan yang makin baik dengan perbaikan dan penambahan sejumlah fasilitas seperti pertunjukan Air Mancur Menari membuat kawasan ini menjadi lokasi favorit masyarakat untuk berekreasi.  

Tidak jauh dari kawasan ini juga terdapat Masjid Istiqlal, masjid terbesar se-Asia Tenggara yang mampu menampung hingga 200 ribu jamaah. Dan persis di seberangnya berdiri Gereja Katedral yang arsitekturnya bergaya neo-gotik dengan interior khas Eropa klasik.

Selain gedung-gedung atau monumen bersejarah, terdapat juga pusat grosir pakaian terbesar Pasar Tanah Abang yang berdiri sejak abad ke-18. Pusat grosir fashion terbesar se-Asia Tenggara ini juga merupakan salah satu pusat perdagangan terbesar yang ada di Indonesia.

fasilitas jakarta pusat

Untuk tempat perbelanjaan, Jakarta Pusat bertabur fasilitas. Selain terdapat pasar tradisional dan pasar-pasar yang dikelola PD. Pasar Jaya, bertebaran juga mall-mall berkelas premium seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia.

Harus diakui, Jakarta Pusat bertabur fasilitas yang komplit. Untuk tempat perbelanjaan, selain terdapat pasar tradisional dan pasar-pasar yang dikelola PD. Pasar Jaya, bertebaran juga mall-mall berkelas premium seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia. Dan di jalan MH Thamrin, jalan utama ibu kota, ada juga Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia.

Dan untuk ajang rekreasi dan berolahraga bagi warga ada Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, dan sejumlah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Dan yang baru selesai direvitalisasi adalah Lapangan Banteng.

Tertarik untuk tinggal di Jakarta Pusat yang lokasinya strategis dan punya banyak fasilitas? Temukan aneka pilihan huniannya di sini!

Revitalisasi tersebut dibagi menjadi 3 zona. Zona pertama adalah zona Monumen Pembebasan Irian Barat yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kesenian seperti konser musik, fashion show, dan kesenian lainnya.

Zona Kedua adalah perbaikan zona olahraga dengan fasilitas lapangan sepakbola, lapangan basket, lapangan serbaguna, dan juga area bermain anak. Zona ketiga adalah zona taman yang mempertegas taman ini sebagai ruang terbuka hijau dan daerah resapan air di ibukota.

Untuk urusan transportasi, Jakarta Pusat bisa dibilang sangat lengkap. Terdapat sejumlah stasiun kereta seperti Gambir, Pasar Senen, dan Tanah Abang KRL yang melayani rute ke kota-kota besar di Pulau Jawa, hingga Commuter Line Jakarta dengan rute loopline sehingga pengguna KRL dapat transit di titik-titik tertentu untuk berpindah jalur kereta.

Ada juga bis Transjakarta yang punya jalur khusus yang disebut Busway dengan rute dalam kota Jakarta. Dan untuk melengkapi layanan rute, disediakan pula APTB, TransJabodetabek, dan Feeder.

Untuk fasilitas kesehatan, Jakarta Pusat bertabur fasilitas lengkap bahkan didukung teknologi modern. Ada banyak rumah sakit besar yang dilengkapi peralatan pendukung yang lengkap dan modern seperti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, dan juga rumah sakit swasta berskala internasional.

Pada bidang pendidikan, sejak lama Jakarta Pusat bertabur fasilitas. Mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga tinggi semua lengkap tersedia. Bahkan ada banyak sekolah unggulan dan favorit di wilayah ini.   

Dan yang menarik fasilitas untuk industri kreatif juga mulai mendapat perhatian khusus lewat Jakarta Creative Hub (JCH) yaitu sebuah fasilitas untuk mendukung generasi milenial guna mengembangkan usahanya, khususnya di bidang kreatif.

Mengusung konsep Makerspace – CoOffice dan CoWorking space, fasilitas seluas 1500 meter persegi ini di desain minimalis dengan dominasi warna hitam, putih, dan abu-abu. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan seperti ruang pelatihan, bengkel kerja, perpustakaan, laboratorium komputer dan ruang belajar.

Ada 12 ruang kerja yang tarif sewanya disubsidi oleh Pemprov DKI Jakarta. Misalnya jika umumnya tarif sewa pasaran di CBD Jakarta dibanderol mulai Rp200.000 per meter persegi maka disini mulai dari Rp3 juta per ruangan per bulan.

Untuk fasilitas penunjang, JCH dilengkapi dengan 35 mesin berstandar pabrik. Mulai dari mesin jahit, mesin potong besar, mesin gerber, mesin untuk kulit, kayu, logam dan mesin cetak tiga dimensi.