Pandemi nyatanya tak menyurutkan minat para pencari hunian untuk berburu rumah idaman. Terbukti dari angka pencarian hunian yang semakin tinggi pada sejumlah lokasi. Meski demikian, wilayah Jakarta Selatan memang paling banyak diidolakan.

Pesatnya pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah dan semakin banyaknya kawasan hunian terpadu atau kota mandiri nyatanya tetap tak mampu menggoyahkan pesona Jakarta sebagai kawasan hunian idaman. Berdasarkan data, 4 wilayah di Jakarta tercatat mendominasi pencarian dibandingkan wilayah lainnya.

Menurut data tren pencarian berdasarkan lokasi, dari 10 daftar pencarian hunian yang dihimpun Rumah.com, 4 wilayah di Jakarta tercatat paling banyak dicari orang. Namun dari keempat wilayah tersebut tertinggi adalah pencarian hunian di Jakarta Selatan. Jakarta Selatan mendapat 12,6% kunjungan atau 635.605 pencarian.

Mau punya hunian sekaligus investasi dengan harga mulai dari Rp1 M di kawasan Jakarta Selatan? Cek aneka pilihan huniannya di sini!  

Selain Jakarta Selatan, juga ada Jakarta Timur di posisi kelima dengan 6,1% atau 310.550 pencarian. Lalu disusul Jakarta Barat di tempat keenam dengan 5,6% atau 282.945 pencarian, dan juga Jakarta Utara dengan 3,9% atau 194.915 pencarian.

Wilayah Jakarta Selatan Idaman Banyak Orang

Wilayah Jakarta Selatan Idaman Banyak Orang

Jakarta Selatan mendapat 12,6% kunjungan atau 635.605 pencarian.

Dari daftar 10 pencarian berdasarkan lokasi, hanya Jakarta Pusat saja yang tidak masuk daftar pencarian tertinggi. Khusus untuk wilayah Jakarta Selatan, memang ada banyak faktor yang membuat orang tetap menjadikannya sebagai kawasan hunian incaran, kawasan hunian idaman.

Mengamati perkembangannya sejak beberapa tahun silam, pasar properti di wilayah Jakarta Selatan memang terus berbenah diri dengan menawarkan sejuta pesonanya. Meski lahan sudah terbatas, nyatanya pembangunan hunian tapak maupun vertikal masih banyak dikembangkan di wilayah ini.

Baca juga: Masih Mau Tinggal di Jakarta? Jagakarsa Pilihannya

Pergerakan harga yang dinamis juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya kawasan ini. baik sebagai kawasan hunian maupun bisnis dan komersial, tengok saja koridor TB Simatupang yang menjadi kawasan bisnis dan komersial baru.

Terdapat jalur utama transportasi sepanjang rute KRL DepokManggarai menjadi urat nadi ekonomi harian. Jalur lain yaitu CinereLebak Bulus pun berkembang ke arah komersial. Tambah lagi kini terdapat infrastruktur transportasi seperti Tol Depok-Antasari (Desari) dan Jalur MRT Lebak Bulus-Bundaran HI.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Wilayah Jakarta Selatan yang mendapat 12,6% dari total pencarian di bulan September secara lebih spesifik lagi punya wilayah-wilayah favorit yang banyak dicari orang. Berdasarkan data internal Rumah.com, berikut adalah urutannya:

  1. Jagakarsa berada diperingkat pertama dengan 91.454 pencarian,
  2. Pondok Indah dengan 49.309 pencarian,
  3. Kemang dengan 31.645 pencarian,
  4. Cipete dengan 31.506 pencarian,
  5. Pejaten dengan 23.636 pencarian, dan
  6. Mampang Prapatan dengan 6.852 pencarian

Inilah Kawasan Hunian Favorit di Wilayah Jakarta Selatan

Inilah Kawasan Hunian Favorit di Wilayah Jakarta Selatan

Jakarta Selatan yang mendapat 12,6% dari total pencarian di bulan September secara lebih spesifik lagi punya wilayah-wilayah favorit yang banyak dicari orang.

Ada banyak faktor yang membuat keenam kawasan hunian di wilayah Jakarta Selatan ini difavoritkan banyak orang. Jagakarsa yang berada diperingkat pertama jelas punya banyak keunggulan. Kawasan yang berbatasan langsung dengan Depok ini memiliki keunggulan dari segi lokasi dan lingkungan yang masih asri.

Jagakarsa masih dikelilingi rimbun pepohonan yang sudah jarang ditemui di Jakarta, dan terpenting dari sisi harga juga relatif lebih murah karena berada dipinggiran kota. Sebaliknya, Pondok Indah yang merupakan kawasan paling premium di wilayah Jakarta Selatan juga banyak peminatnya.

Dan berikut adalah sejumlah hunian unggulan di wilayah Jakarta Selatan berdasarkan area yang paling banyak dicari:

1. Jagakarsa

1. Jagakarsa wilayah jakarta selatan

Tidak hanya lingkungan yang asri, Jagakarsa juga memiliki tiga stasiun KRL yakni, stasiun Lenteng Agung, Tanjung Barat dan Universitas Pancasila.

Bisa dibilang Jagakarsa merupakan salah satu kawasan di wilayah Jakarta Selatan yang masih asri dan paling minim polusi udaranya. Masih banyaknya pepohonan serta memiliki area paru-paru kota yang dikelola dengan baik.

Hal ini membuat banyak pengembang yang menawarkan konsep residensial bernuansa hijau. Dengan banderol harga yang beragam, perumahan cluster tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

Tidak hanya lingkungan yang asri, Jagakarsa juga memiliki tiga stasiun KRL yakni, stasiun Lenteng Agung, Tanjung Barat dan Universitas Pancasila. KRL rute JakartaBogor ini menjadi solusi warga Jagakarsa yang harus beraktivitas di pusat kota yang dapat mempersingkat waktu perjalanan dan bebas macet.

Tertarik punya hunian di area Jagakarsa yang masuk wilayah Jakarta Selatan, yang paling banyak dicari orang? Klik aneka pilihan huniannya dari berbagai rentang harga di sini!

2. Pondok Indah

2. Pondok Indah wilayah jakarta selatan

Faktor privasi dan kenyamanan Pondok Indah juga juara. Inilah salah satu kawasan yang mengusung aspek privasi dan lingkungan yang tenang.

Pondok Indah merupakan salah satu kawasan hunian paling elit yang ada di wilayah Jakarta Selatan. Ada banyak hal yang membuat harga hunian di kawasan ini jadi mahal seperti lokasinya yang strategis membuat para petinggi negeri ini, pebisnis, hingga selebritis Ibu Kota memilih tinggal di kawasan ini karena mudah ke mana-mana.

Saat awal didirikan, area ini memang hanya difungsikan sebagai kawasan perumahan biasa. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat banyak pusat bisnis yang dibangun di sekitarnya. Alhasil, karena dekat area bisnis, animo masyarakat untuk memiliki hunian di kawasan ini juga ikut meningkat.

Sebagai contoh adalah berdirinya Office Tower Pondok Indah yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan ternama Indonesia sebagai kantor. Tak sedikit petinggi-petinggi perusahaan yang membeli hunian di kawasan Pondok Indah agar tidak perlu menempuh perjalanan yang lama serta macet untuk bisa bekerja.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Faktor privasi dan kenyamanan Pondok Indah juga juara. Inilah salah satu kawasan yang mengusung aspek privasi dan lingkungan yang tenang. Jika pertimbangannya prestise, gengsi tinggal di kawasan ini jelas tak perlu diragukan.

Tertarik punya hunian di area Pondok Indah yang masuk wilayah Jakarta Selatan, yang dikenal elit ini? Klik aneka pilihan huniannya dari berbagai rentang harga di sini!

3. Kemang

3. Kemang wilayah jakarta selatan

Serupa seperti Pondok Indah, punya hunian di Kemang juga menaikkan gengsi pemiliknya.

Ada banyak kawasan elit di Jakarta seperti Menteng di Jakarta Pusat, Kelapa Gading di Jakarta Utara, lalu Pondok Indah dan Kemang yang masuk wilayah Jakarta Selatan. Khusus Kemang, lingkungannya nyaman, lokasinya juga strategis sehingga jadi kawasan hunian idaman, tidak hanya bagi WNI, tapi juga warga negara asing.

Kawasan hunian ini berkembang menjadi kawasan yang ramai, lengkap dengan pusat bisnis, aneka tempat kuliner seperti resto, juga sarana hiburan. Aneka macam jenis bangunan juga bertebaran, dari kafe, hotel, toko, serta rumah-rumah besar.

Serupa seperti Pondok Indah, punya hunian di Kemang juga menaikkan gengsi pemiliknya. Selain itu, potensi sewanya juga tinggi di mana penyewanya kebanyakan warga negara asing. Maklum, dengan segala pesona kawasannya Kemang memang memikat bagi ekspatriat.

Tertarik punya hunian di area Kemang yang masuk wilayah Jakarta Selatan, yang disukai ekspatriat ini? Klik aneka pilihan huniannya dari berbagai rentang harga di sini!

4. Cipete

4. Cipete wilayah jakarta selatan

Selain kawasannya yang lengkap dengan pusat perbelanjaan, restoran, dan kedai kopi, transportasi umum juga mudah. Mau enggak kena macet? Ada MRT Jakarta.

Cipete merupakan salah satu kawasan permukiman ternama di kawasan Kebayoran Baru, yang masuk wilayah Jakarta Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu Cipete Utara dan Cipete Selatan.

Kawasan ini juga sudah lama dikenal dengan daerahnya yang selalu ramai dengan kuliner dan juga tempat-tempat keren. Apalagi semenjak tren kopi mulai bangkit kembali di Jakarta. Hampir di setiap sudut kawasannya kini banyak bertebaran tempat ngopi. Selain itu, Cipete juga sangat strategis dan mudah diakses dari mana saja.

Cipete memang tidak memiliki mal megah seperti di kawasan lain. Namun, kawasan ini memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti ITC Fatmawati dan Lotte Mart Fatmawati. Selain kawasannya yang lengkap dengan pusat perbelanjaan, restoran, dan kedai kopi, transportasi umum juga mudah. Mau enggak kena macet? Ada MRT Jakarta.

Mau punya hunian di area Cipete yang masuk wilayah Jakarta Selatan, yang mudah ke mana-mana? Klik aneka pilihan huniannya dari berbagai rentang harga di sini!

5. Pejaten

Pejaten merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Pasar Minggu, yang masuk wilayah Jakarta Selatan. Kelurahan ini terbagi atas dua wilayah, yakni Kelurahan Pejaten Barat dan Kelurahan Pejaten Timur yang pada areanya terdapat perumahan, pasar tradisional, pertokoan, pusat perbelanjaan Pejaten Village dan sebagian perkantoran.

Secara lokasi juga sangat strategis, mudah di akses dan dilalui banyak sarana transportasi umum. Sebut saja mulai dari angkot, TransJakarta, dan dekat stasiun kereta Pasar Minggu. Fasilitas pun lengkap mulai dari pusat perbelanjaan hingga sarana kesehatan.

Mau punya hunian di area Pejaten yang masuk wilayah Jakarta Selatan, yang punya banyak sarana transportasi? Klik aneka pilihan huniannya dari berbagai rentang harga di sini!

6. Mampang Prapatan

6. Mampang Prapatan wilayah jakarta selatan

Berdasarkan lokasinya yang hanya selangkah ke pusat bisnis ibu kota, tentu saja kawasan ini banyak peminatnya.

Mampang Prapatan merupakan sebuah kawasan kecamatan yang masuk wilayah Jakarta Selatan yang di dalamnya terdapat 5 kelurahan. Adapun nama kelurahan itu adalah Kelurahan Kuningan Barat, Kelurahan Pela Mampang, Kelurahan Tegal Parang, Kelurahan Bangka, dan Kelurahan Mampang Prapatan.

Lokasi kawasan ini sangat strategis karena menjadi perlintasan kendaraan yang hendak menuju ke Pasar Minggu, ke Blok M, dan ke Kuningan. Berdasarkan lokasinya yang hanya selangkah ke pusat bisnis ibu kota, tentu saja kawasan ini banyak peminatnya. Soal kelengkapan fasilitas juga tak perlu disangsikan kelengkapannya.

Mau punya hunian di area Mampang Prapatan yang masuk wilayah Jakarta Selatan, yang selangkah ke kawasan pusat bisnis ibu kota? Klik aneka pilihan huniannya dari berbagai rentang harga di sini!

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah